CERDASBELANJA.ID – Pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir satu tahun memberi dampak signifikan pada Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) di Indonesia.
Padahal selama ini mereka merupakan salah satu pilar penting perekonomian nasional.
Untuk itu, Allianz Indonesia dukung UMKM agar bertahan menghadapi pandemi.
Baca Juga: Selama 2020, Ada Lebih dari 9 Juta UMKM yang Bergabung ke Tokopedia
Kondisi pandemi, di mana anjuran setiap orang agar di rumah saja memicu turunnya tingkat pembelian pada toko fisik pelaku UMKM.
Bahkan dampak terburuknya, memaksa usaha mereka gulung tikar.
Agar bisa bertahan, pelaku UMKM melakukan berbagai upaya, salah satunya mengubah strategi pemasaran yang dulunya offline menjadi online.
Terbukti akhir tahun 2020, Anton Hendranata, Ekonom Senior BRI menyatakan bahwa bisnis pelaku UMKM sudah semakin baik (Sumber: Kompas.com, 4 Desember 2020).
Namun, tidak dapat dimungkiri, belum semua pelaku UMKM memaksimalkan strategi online secara maksimal untuk menjalankan usahanya.
Sehingga dibutuhkan pembekalan keahlian untuk bidang tersebut.
Baca Juga: Digitalisasi, KoinWorks Ungkap 3 Tantangan UMKM dalam Bisnis Digital