Follow Us

Percepat Penyaluran Kredit, Kredivo Tingkatkan Inovasi Credit Scoring

Wulan - Rabu, 06 Januari 2021 | 15:00
Percepat Penyaluran Kredit, Kredivo Tingkatkan Inovasi Credit Scoring
instagram.com/kredivo/

Percepat Penyaluran Kredit, Kredivo Tingkatkan Inovasi Credit Scoring

CERDASBELANJA.ID – Selama 2020, penyaluran kredit di Indonesia mengalami perlambatan.

Selain karena adanya tekanan ekonomi akibat pandemi, kesenjangan (gap) antara kebutuhan kredit masyarakat dan penyaluran dana dari institusi keuangan, juga masih menjadi isu krusial.

Sebagai pelaku fintech lending, Kredivo berupaya untuk terus membantu pemerintah dalam mempercepat penyaluran kredit di tahun 2021.

Baca Juga: Berbeda dengan SPayLater, Kenali Apa Itu Fitur Shopee Pinjam

Salah satu caranya, adalah dengan fokus meningkatkan inovasi skor kredit yang mampu merangkul pengguna dengan histori kredit terbatas dan tidak terjamah institusi keuangan konvensional.

Pasalnya, salah satu kunci untuk mengurangi kredit gap dan mempercepat penyaluran kredit, adalah dengan mengembangkan penilaian skor kredit (credit scoring).

Hal ini, bisa dilakukan melalui inovasi dan peningkatan variasi data penilaian. Adapun salah satu teknologi yang bisa digunakan adalah melalui fintech lending.

Melalui teknologi, sistem skor kredit yang dimiliki fintech lending mampu menganalisa profil calon peminjam secara lebih cepat, efisien, komprehensif, dan mengurangi data yang bias.

Hasilnya, hal ini akan berdampak pada peningkatan kelayakan kredit, sehingga mampu memperluas akses kredit bagi masyarakat.

Selain itu, proses pengajuan kredit juga bisa dijalankan dengan lebih mudah dan cepat.

Baca Juga: Cara Nabung Emas di Tokopedia Setiap Rabu Biar Dapat Cashback

Chief Data Officer Kredivo Paramananda Setyawan mengatakan, dengan mengadopsi machine learning menggunakan kombinasi data tradisional dan data alternatif, dapat memungkinkan Kredivo dalam menganalisa skor kredit pengguna.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest