CERDASBELANJA.ID – Tren belanja online membawa dampak perubahan gaya hidup di masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.
Saat ini kita lebih memilih untuk belanja online untuk membeli baju, sandal, atau bahkan makanan.
Selain karena praktis, belanja online kadang menawarkan harga yang jauh lebih murah dibanding belanja di toko langsung.
Tapi ternyata tren belanja online ini justru tidak didominasi oleh perempuan lho, melainkan laki-laki.
Hal itu diungkap Kredivo berdasarkan data beberapa e-commerce terbesar di dunia seperti Walmart.com dan Amazon.
Pengeluaran belanja laki-laki meningkat hingga 32% di Walmart.com, dan 38% di Amazon pada tahun 2021.
Sedangkan pengeluaran belanja konsumen perempuan hanya 22% di Walmart.com, dan 22% di Amazon.
Nah selain fakta menarik ini, berikut ada beberapa temuan menarik lainnya terkait perilaku belanja online berdasarkan Konsumen E-commerce Indonesia 2022.
1. Perempuan membeli lebih banyak produk dalam sekali transaksi
Baca Juga: Cara Belanja di Shopee Pakai Kredivo, Check Out Sepuasnya Bayar Belakangan
Sepanjang 2021, konsumen perempuan membeli lebih banyak produk melalui e-commerce, dengan rata-rata pembelian 45 produk.
Jika dibandingkan, konsumen laki-lakihanya membeli rata-rata 42 produk per tahun.
2. Laki-laki mengeluarkan uang lebih banyak dalam setiap transaksi
Saat melakukan transaksi, konsumen laki-laki mengeluarkan uang dengan jumlah yang lebih besar daripada konsumen perempuan.
Rata-rata jumlah uang yang dikeluarkan oleh konsumen laki-laki berada pada Rp320.982 dan rata-rata konsumen perempuan di Rp289.163
3. Perempuan lebih loyal terhadap 1 platform e-commerce
Sebanyak 57% konsumen perempuan cenderung memilih untuk berbelanja melalui 1 platform e-commerce.
Sedangkan konsumen laki-laki cenderung berimbang atau lebih dari 1 dalam memilih platform e-commerce
4. Preferensi konsumen terhadap kategori produk yang dipengaruhi oleh gender
Baca Juga: Makin Diminati, Pembayaran Paylater Berpotensi Menjangkau Sektor Pendidikan
Berdasarkan preferensinya, konsumen laki-laki melakukan transaksi hampir dua kali lebih banyak untuk kategori otomotif dan elektronik.
Sementara perempuan lebih banyak untuk kebutuhan makanan, kesehatan dan kecantikan, serta fashion
5. Top 3 kategori produk favorit antara laki-laki vs perempuan
Untuk konsumen laki-laki kategori produk pulsa dan voucher menduduki posisi pertama, diikuti oleh fashion dan aksesorisnya, dilanjutkan oleh kesehatan dan kecantikan.
Sedangkan untuk konsumen perempuan, produk fashion dan aksesoris berada di posisi pertama, kemudian produk pulsa dan voucher, serta produk kesehatan dan kecantikan.
6. Perempuan mengeluarkan uang lebih banyak untuk kategori komputer dan gadget
Konsumen perempuan menghabiskan sekitar Rp2.892.039 untuk kategori produk komputer, gadget dan aksesorisnya.
Sedangkan konsumen laki-laki menghabiskan sekitar Rp2.108.342 untuk kategori produk yang sama.
Hal ini menunjukkan ahwa pandemi telah memicu adanya investasi dari konsumen perempuan akan produk-produk yang mendukung produktivitas di rumah.(*)
Baca Juga: Kredivo Hadirkan Infinite Card, Kini Belanja Online Bisa Dicicil dengan Bunga 0%