OYO Hadirkan Fitur 360 Bagi Calon Mitra Properti, Dijamin Menguntungkan

Selasa, 21 Juni 2022 | 22:00
Dok. OYO

Ilustrasi aplikasi OYO

CERDASBELANJA.ID – OYO sebagai travel-tech companyterus menghadirkan layanan yang inovatif yang tidak hanya fokus pada pelanggan, tetapi juga kepada mitra properti (Patron OYO).

Kali ini, OYO meluncurkan fitur terbarunya OYO 360, yaitu sistem onboard mandiri untuk para calon Patron.

Inovasi yang didesain dengan kemampuan artificial intelligence (AI) ini, memungkinkan pemilik properti untuk melakukan onboard mandiri yang serba digital dan hanya memerlukan waktu 30 menit untuk menyelesaikan proses onboard. Proses ini, jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan proses onboard konvensional yang memerlukan waktu hingga 15 hari.

Fitur terbaru OYO ini, juga merupakan respons terhadap pandemi yang menuntut akselerasi pemanfaatan teknologi di penginapan skala kecil dan menengah.

Country Head OYO Indonesia Agus Hartono Wijaya menjelaskan, adopsi teknologi menjadi tumpuan bagi para pelaku bisnis properti kecil dan menengah untuk dapat mengarungi tantangan selama Covid-19.

Menyadari hal tersebut, selama pandemi OYO pun konsisten terus menghadirkan inovasi teknologi yang membantu mitra penginapan untuk memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pelanggan, terutama dalam aspek contactless dan standardisasi higienitas.

Ke depannya, OYO akan terus memperkuat integrasi teknologi di seluruh layanan kami dari hulu ke hilir termasuk dalam proses onboard melalui fitur OYO 360.

“Kami berharap akan lebih banyak lagi pemilik properti, serta penginapan skala kecil dan menengah yang mampu mengembangkan bisnisnya dan menerapkan layanan pengelolaan akomodasi berbasis digital secara lebih efisien bersama OYO,” ujar Agus dalam keterangannya, dikutip Senin (20/6).

Sebelum menghadirkan OYO 360, OYO telah membuktikan kemampuan beradaptasi luar biasa dalam merespons kebutuhan mitra dan pelanggannya selama pandemi yang dimungkinkan karena kapabilitas teknologi perusahaan yang mumpuni.

Baca Juga: Semakin Digemari Wisatawan, OYO Bantu Digitalisasi Desa Wisata

Hanya dalam beberapa bulan setelah pandemi melanda di Indonesia, OYO meluncurkan inisiatif Sanitized Stay, yaitu komitmen jangka panjang OYO dalam memastikan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan dalam operasional secara komprehensif, mulai dari proses check-in hingga check-out.

Tidak lama kemudian, OYO pun memperkenalkan fitur check-in tanpa sentuhan di Indonesia guna merespons meningkatnya minat masyarakat akan layanan contactless.

Tidak hanya itu, mitra OYO juga akan memiliki layanan yang terstandardisasi dan layanan chatbot otomatis untuk menyelesaikan pertanyaan konsumen dengan cepat, program loyalitas, dan sistem pengembalian uang yang mudah jika diperlukan konsumen.

Berkat faktor-faktor ini, mayoritas konsumen OYO terus kembali menggunakan platform OYO dan lebih dari 80% konsumen baru menemukan tempat penginapan lokal melalui platform.

Kini dalam masa transisi pandemi menuju endemi, teknologi masih dan akan tetap terus memegang peran penting terhadap kebangkitan industri perhotelan di Indonesia.

Seiring juga dengan jumlah pengguna internet yang terus meningkat secara signifikan, berdasarkan data We Are Social 1 pada Januari 2022, terdapat 204,7 juta pengguna internet di Indonesia.

Melalui fitur OYO 360, para pelaku industri perhotelan, terutama bagi ekosistem bisnis akomodasi dan penginapan kecil-menengah dapat mengadopsi teknologi digital yang andal dan terbaik di kelasnya berbasis modern seperti Artificial Intelligence (AI), machine learning, dan data science guna menyederhanakan serta meningkatkan efisiensi operasionalnya.

Sejak OYO 360 diluncurkan secara global, fitur ini telah mendapatkan tanggapan dan hasil yang positif. Sejak diluncurkan, OYO 360 telah menarik lebih dari 57 ribu pengunjung situs dan 2.500 pemilik properti di seluruh Indonesia untuk bergabung bersama OYO.

Berdasarkan data internal OYO, rata-rata mitra properti dan penginapan OYO secara global berhasil mendapatkan 80% permintaan pesanan secara digital, jika dibandingkan permintaan sebelum bergabung bersama platform OYO yang hanya sekitar 10-20%.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Penginapan di OYO, Cocok Dipesan Saat Mudik Lebaran

“Melalui OYO 360, kami membuka kesempatan bagi pemilik dan pengusaha akomodasi yang ada di Indonesia untuk mendaftarkan diri secara langsung dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk bergabung dalam jaringan OYO,” lanjut Agus.

Untuk registrasi OYO 360, pemilik properti dan penginapan dapat langsung mengunjungi website OYO360 dan klik tombol “Join OYO.”

Selanjutnya, pemilik properti bisa melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti detail dasar properti (jumlah dan kategori kamar), gambar properti, fasilitas properti, dan satu ID Legal.

Selanjutnya, pemilik properti sudah terdaftar di aplikasi OYO akan dilanjutkan oleh verifikasi dan validasi lebih detail oleh tim internal OYO. Fitur OYO 360, melengkapi keunggulan teknologi yang OYO hadirkan bagi mitranya.

Sebelumnya, mitra properti yang bergabung bersama OYO telah menikmati OYO OS sebagai sistem manajemen akomodasi yang membantu mitra properti mengelola penginapannya dengan lebih efisien. Ada pula Co-OYO, yaitu aplikasi yang memudahkan mitra akomodasi dan penginapan OYO untuk mengelola performa bisnis secara digital.

Agus optimistis, OYO 360 merupakan strategi yang tepat untuk terus memperluas jaringan OYO, sekaligus menjawab tantangan adopsi layanan digital di industri perhotelan.

“Ke depannya, dengan inovasi layanan yang OYO hadirkan diharapkan dapat semakin membuka peluang yang besar bagi para pelaku bisnis properti dan penginapan kecil-menengah, untuk menjangkau konsumen lewat teknologi digital,” tutup Agus. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya