CERDASBELANJA.ID – Pada awal tahun ini, minat belanja online masyarakat masih tinggi seperti biasanya.
Hal ini, terlihat dari tren belanja yang dicatat Tokopedia pada awal tahun 2022.
“Tokopedia mencatat, kategori Rumah Tangga, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Elektronik, dan Fesyen menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat pada kuartal I 2022,” ujar Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangannya, Kamis (19/5).
Pada kategori Rumah Tangga, produk yang paling laris, antara lain bantal kepala, stop kontak dan benih/bibit tanaman.
Sementara itu, di kategori Kesehatan, produk seperti masker kesehatan, masker sekali pakai, serta obat herbal menjadi yang paling banyak dicari.
Di kategori Makanan dan Minuman, minyak goreng, mi instan, serta buah-buahan adalah beberapa produk paling laku.
Pada kategori Elektronik, produk earphone, bohlam lampu, serta speaker menjadi produk paling banyak dibeli.
Di sisi lain, produk kaos, sandal serta sneakers jadi yang terlaris dicari masyarakat pada kategori Fesyen Pria.
Untuk kategori Fesyen Wanita, sandal, tas selempang dan daster menjadi produk yang paling laris.
Baca Juga: Cara Kembalikan Pola Makan Sehat Usai Lebaran ala Tokopedia Bersama Ahli Gizi
Ekhel menjelaskan, pihaknya juga melihat temuan menarik lainnya dari perilaku belanja masyarakat. Tercatat pengiriman terjauh di Tokopedia, yaitu dari Pekanbaru ke Jayapura.
“Pengiriman antar pulau pun semakin meningkat di kuartal I 2022, dengan peningkatan paling tinggi sebesar hampir 65 kali lipat untuk pesanan dari Sulawesi ke Papua,” jelas Ekhel.
Tren belanja di Tokopedia ini turut didorong oleh deretan inisiatif, contohnya Home Living SALEbrations yang merupakan kampanye terbesar pada kategori Rumah Tangga, juga Tokopedia Peduli Sehat yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan.
Selain itu, Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi produk harian dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.
Ada pula Tokopedia Nyam! yang mana masyarakat bisa mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah, aman, dan efisien.
Berbagai macam produk teknologi, terkurasi dengan jaminan harga murah juga dihadirkan melalui Tokopedia Tekno, serta tidak ketinggalan juga berbagai produk fesyen pria dan wanita terbaru dihadirkan melalui Zona Ganteng, Women in Style dan Cantik Fest.
Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal di seluruh wilayah Indonesia, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal.
Inisiatif ini, mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misal lewat kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).
Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mencatat beberapa tren pada kuartal I 2022 dibandingkan periode yang sama di 2020, yaitu sebagai berikut.
Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Seru Bersama Keluarga ala Tokopedia, Cocok untuk Mengisi Liburan
- Wilayah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi: Tanjung Pinang, Pekalongan, Gowa, Gianyar, dan Lampung Selatan.
- Wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi: Asmat, Halmahera Utara, Probolinggo, Jepara, dan Kepulauan Selayar.
- Wilayah dengan kenaikan transaksi paling tinggi: Tanjung Balai, Serang, Banyuasin, Karangasem, dan Gorontalo.
“Tokopedia akan terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian, sekaligus mendukung pertumbuhan pelaku UMKM lokal agar bisa bangkit bersama dan turut mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ekhel. (*)