Tokopedia Bongkar 3 Strategi Bisnis UMKM Pipiltin Cocoa sebagai Kategori Makanan dan Minuman Manis Berbahan Cokelat

Minggu, 15 Mei 2022 | 22:00
DOK. Tokopedia

Produk UMKM Pipiltin Cocoa

CERDASBELANJA.ID – Ketika ingin menjalankan bisnis, kita dihadapkan dengan berbagai permasalahan-permasalahan dalam penjualan.

Nah permasalahan-permasalahan penjualan ini bisa diatasi ketika kita memiliki strategi bisnis.

Strategi bisnis menjadi hal penting untuk dimiliki oleh brand agar bisa mencapai pasar yang diinginkan.

Belum lama ini, Tokopedia membongkar strategi bisnis UMKM Pipiltin Cocoa dalam sebuah acara virtual.

Acara virtual tersebut diadakan pada Kamis (12/5) kemarin, yang bertajuk “Kategori Makanan dan Minuman Laris Manis, Tokopedia dan Ahli Gizi Bagi Tips Kembalikan Pola Makan Sehat Usai Lebaran”.

Nah, berikut strategi bisnis UMKM Pipiltin Cocoa sebagai kategori makanan dan minuman manis berbahan cokelat.

  1. It’s Not Just Another Chocolate
Sebagai UMKM, Pipiltin Cocoa memiliki cara berjualan dengan menerapkan It’s Not Just Another Chocolate yang menjadi strategi bisnis mereka.

“Kita berjualan dengan cara It’s Not Just Antoher Chocolate, itu message-nya Pipiltin,”kata Irvan Helmi, Pemilik Usaha Pipiltin Cocoa.

Baca Juga: Begini Cara Menentukan Harga Jual Produk untuk Bisnis Online dan Offline, Ada Strateginya Lho!

Maksudnya adalah produk-produk dari Pipiltin Cocoa bukan hanya sekedar cokelat, tapi juga menggambarkan Indonesia dengan keberagamannya.

Pipiltin Cocoa diproduksi dengan berbahan cokelat asli dari berbagai kota di Indonesia seperti Aceh, Jawa Timur, Bali, Flores, Kalimantan Timur, dan Papua Barat.

  1. Inovasi
DOK. Tokopedia

Beragam produk Pipiltin Cocoa

Dalam berbisnis makanan dan minuman, jangan mengkotak-kotakan bahwa cokelat hanya bisa dibuat untuk satu atau dua jenis makanan saja.

Kita bisa mengembangkan bisnis dengan menguraikan apa saja beragam jenis makanan dan minuman yang mengandung cokelat.

“Ternyata begitu ketika kita buat cokelat drink itu jauh lebih tinggi dari cokelat bar,” ujar Irvan lebih lanjut.

  1. MediaSosial
Di era serba digital saat ini memang menjadi tantangan tersendiri dalam berbisnis, tapi juga menjadi keuntungan.

“Kita tuh udah sangat-sangat banyak banget sosial media digital dan sebagainya, jadi seakan-akan kita tuh dikasih kesempatan untuk menjadi sebuah editorial,” ujar Irvan.

Baca Juga: Cara Promosi Melalui Konten Pemasaran di Kanal Digital, Ini Strateginya

Melalui media sosial, Pipiltin Cocoa menyebut bahwa membawa cerita apa di balik produk yang dibuat, dalam hal ini cokelat misalnya.

“Peran media luar biasa banget dalam membantu mereka (konsumen) membuat keputusan mau beli produk apa,” ujarnya.

  1. Kolaborasi
Strategi bisnis UMKM Pipiltin Cocoa yang terakhir yaitu dengan menjalin kolaborasi.

“Cara berpikir yang terbuka itu hanya bisa kita lakukan dengan cara kolaborasi-kolaborasi,” ujar Irvan.

Dengan sering menjalin kolaborasi, akan semakin banyak kreativitas yang didapat sebagai strategi bisnis untuk meningkatkan penjualan.

Nah itulah 4 strategi bisnis UMKM Pipiltin Cocoa yang dibongkar oleh Tokopedia dalam acara virtual belum lama ini.(*)

Editor : Presi

Baca Lainnya