5 Ide Liburan Seru dengan Anak Selama Lebaran, Tidak Harus Mahal

Jumat, 06 Mei 2022 | 10:00
Shutterstock

Ilustrasi liburan bersama keluarga

CERDASBELANJA.ID – Pada momen libur Lebaran ini, banyak masyarakat yang mudik ke kampung halaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan sanak saudara.

Tidak heran, jika banyak tempat wisata yang kembali ramai dan dipenuhi oleh orang-orang yang ingin liburan bersama.

Namun, ternyata liburan juga bisa dilakukan dengan sederhana, dengan tetap memprioritaskan hiburan bagi anak-anak.

Tidak jarang anak-anak akan mudah jenuh, jika perjalanan menuju tempat wisata sangat macet dan dipenuhi banyak orang.

Jika ingin suasana berbeda, kita bisa mempertimbangkan beberapa ide liburan seru dengan anak selama libur Lebaran.

Sebagai rekomendasi, berikut adalah beberapa ide liburan seru dengan anak selama Lebaran 2022 ala Pegipegi.

1. Bermain Outbound

Setelah jenuh belajar dan mengerjakan tugas di dalam ruangan, outbound dapat menjadi salah satu pilihan kegiatan yang seru bagi anak-anak.

Melalui berbagai kegiatan menantang seperti memanjat, melewati tali dari ketinggian, meluncur dari ketinggian dan sebagainya, outbound dapat menjadi kegiatan produktif yang dilakukan anak-anak.

Selain itu, banyak sekali manfaat bermain outbond. Seperti melatih keseimbangan, sikap pantang menyerah, kerja sama, bahkan dapat meningkatkan rasa semangat dalam belajar.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Kegiatan Saat Lebaran ala Nassar, Dijamin Anti Mati Gaya

2. Berkemah di Halaman Rumah

Jika kita ingin keluar dari rutinitas di dalam rumah, berkemah di halaman dapat menjadi kegiatan yang menarik untuk menghabiskan libur sekolah di masa pandemi Covid-19.

Cukup dengan menyiapkan tenda atau karpet, kita bersama keluarga dapat menghabiskan waktu sambil makan dan bercerita mengenai banyak hal.

Pastinya, kita memiliki waktu lebih banyak untuk semakin mengenal keluarga. Selain itu, kita juga bisa memainkan permainan keluarga agar suasana semakin hangat.

3. Memancing Ikan

Bagi sebagian orang, memancing adalah kegiatan membosankan. Namun, untuk kita yang belum pernah merasakan, memancing dapat menjadi kegiatan menarik yang dapat dilakukan selama libur sekolah.

Tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, kita bersama keluarga sudah mendapatkan quality time dengan memancing bersama.

Selain bisa mengajarkan kesabaran, kita pun bisa mengajarkan berbagai jenis ikan kepada anak-anak. Jadi lebih bermanfaat, bukan?

4. Pergi ke Museum

Kegiatan produktif lainnya yang dapat dilakukan selama libur Lebaran, adalah berkunjung ke museum. Biasanya, kota-kota besar memiliki museum-museum yang menarik.

Kita dan keluarga bisa bermain sambil belajar di sini. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk berkunjung ke museum.

Harga tiket masuk beberapa museum bahkan hanya dibanderol sekitar Rp10 ribu saja. Sebelum ke sini pastikan untuk mencari tahu jam operasional museumnya, ya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Penginapan di OYO, Cocok Dipesan Saat Mudik Lebaran

5. Staycation Dekat Rumah

Tidak melulu jalan-jalan ke tempat yang hijau, ternyata liburan juga dapat dilakukan di sekitar rumah.

Salah satunya dengan melakukan staycation. Supaya keuangan kita tetap terjaga, kita dapat menggunakan promo hotel promo yang ada di aplikasi transportasi.

Melalui staycation, kita bisa bersantai dengan keluarga di tengah suasana baru. Kita juga bisa bermain jika hotel menyediakan kolam renang atau sebagainya.

Itu dia beberapa ide liburan seru dengan anak selama Lebaran 2022. Semoga liburan kali ini dapat menjadi liburan yang berkesan untuk keluarga, ya! (*)

Editor : Yunus

Sumber : Pegipegi

Baca Lainnya