Melalui GoStore, Ini Tantangan Bisnis Konscio Studio Upayakan Fashion Ramah Lingkungan Lebih Terjangkau

Senin, 11 April 2022 | 12:00
DOK. GoTo Financial

GoStore dari GoTo Financial

CERDASBELANJA.ID – Seiring meningkatnya kesadaran menjaga lingkungan, minat masyarakat terhadap fashion ramah lingkungan semakin berkembang.

Fashion ramah lingkungan atau sustainable fashion adalah produk yang dibuat dengan bahan yang mudah terurai.

Sayangnya, harga produk yang cenderung tinggi hingga permintaan pasar yang masih rendah menjadi tantangan para penggelut bisnis ini.

Inilah cerita dari Konscio Studio, clothing brand yang berbasis di Jakarta dalam membuat atau fashion ramah lingkungan dengan harga terjangkau.

Dengan memberikan harga terjangkau, Konscio Studio berharap dapat lebih menggaet banyak pelanggan.

“Tantangan dalam bisnis sustainable clothing ini ada di edukasi ke pelanggan tentang nilai lebih yang ada di produk-produk ramah lingkungan” ujar Victor selaku Co-Founder Konscio Studio.

Victor menjelaskan, mengedukasi pelanggan menjadi tantangan apalagi jika harganya lebih mahal dibandingkan produk fast fashion.

Menurut Victor, Konscio Studio juga turut mendorong zero waste dari proses produksi pakaian.

Bahan sisa kain dan sisa materi yang tidak terpakai diolah kembali untuk dijual, sehingga mengurangi limbah kain yang dibuang.

Baca Juga: Sambut Ekonomi yang Membaik, Gojek dan GoTo Financial Bagikan Tren Bisnis Ramadhan untuk Tingkatkan Penjualan

DOK. GoTo Financial

Konscio Studio sebagai brand sustainable fashion

Sejak pandemi, Victor merasa masyarakat jadi lebih sadar tentang pentingnya mengurangi limbah untuk menjaga lingkungan sekitar, yang akhirnya menginspirasi Victor untuk mulai mendirikan Konscio Studio.

Ketika pandemi melanda, Victor dan tim fokus berjualan secara online agar lebih mudah menyasar target pasar.

Sebagian besar penjualan Konscio Studio dilakukan lewat GoStore, solusi bagi pelaku UMKM untuk berjualan lewat website toko online sendiri.

GoStore merupakan bagian dari GoTo Financial sebagai fasilitas pelaku UMKM dalam berbisnis.

“Awalnya ada di GoStore karena ingin punya website toko online sendiri yang bisa dihubungkan dengan Instagram Shopping, ternyata penjualannya juga bagus.” ujar Victor.

Sejak saat itu, GoStore menjadi tambahan kanal Konscio Studio untuk berjualan online dan menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Bahkan terbukti di akhir 2021, 70% dari total penjualan Konscio Studio didapatkan dari GoStore.

Selain terintegrasi dengan Instagram Shopping, GoStore juga terintegrasi dengan Facebook Shop dan Google Shopping.

Pelanggan juga bisa langsung membayar nontunai lewat GoPay, kartu debit, atau kredit, serta memilih opsi pengiriman instan GoSend atau lainnya.(*)

Baca Juga: Antusiasme Tinggi, GoTo Perpanjang Periode Penawaran Awal Saham

Editor : Yunus

Baca Lainnya