Cara Atur Keuangan untuk Anak Muda, Siapkan Tabungan dan Asuransi

Rabu, 06 April 2022 | 21:05
Dok. Allianz

Allianz bagikan cara atur keuangan untuk anak muda

CERDASBELANJA.ID – Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli baru-baru ini menggelar Global Money Week 2022.

Bertema “Build Your Future Be Smart About Money,” Allianz menghadirkan webinar bertajuk “Jago Mengatur Uang? It’s My Dream!”

Sejalan dengan agenda Indonesia sebagai presidensi G20, literasi dan inklusi keuangan khususnya di era digital, menjadi penting untuk diprioritaskan dalam membangun sektor keuangan yang kuat, serta mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Global Money Weekadalah sebuah kampanye global yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan pemahaman, serta literasi keuangan generasi muda.

Allianz Indonesia mengajak para anak muda untuk membenahi pengelolaan keuangan sedini mungkin mulai dari penghitungan arus kas, pengelolaan pos pengeluaran, memilih proteksi serta cara berinvestasi yang baik demi tujuan finansial di masa depan.

“Kami dari OJK sangat mendukung acara ini dan mengapresiasi para institusi keuangan, termasuk Allianz Indonesia yang terus menjalankan komitmennya dalam mendukung literasi keuangan,” ujar Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Horas Tarihoran dalam keterangannya, dikutip Rabu (6/4).

Generasi muda, menjadi target utama dari edukasi dan literasi keuangan, mengingat generasi milenial dan generasi Z merupakan kelompok yang mendominasi pasar Indonesia, serta akan menjadi pengambil keputusan terhadap produk finansial yang berpengaruh di masa depan.

Selain itu, survei bank dunia memprediksi bahwa pada tahun 2070 indeks inklusi keuangan akan mencapai 68,52%, sedangkan untuk Indonesia ada pada angka 48,86%.

Dengan demikian, kebutuhan untuk mempercepat inklusi keuangan melalui literasi keuangan pun penting menjadi sorotan.

Baca Juga: Waspada Jebakan Healing, Pahami Manfaat Self-Love untuk Jaga Kesehatan Mental

HR Professional & Content Creator Samuel Ray, membagikan beberapa tips finansial bagi keluarga muda.

“Saya ingin mengajak teman-teman semua, untuk menyadari pentingnya mengatur keuangan sejak dini karena uang memang bisa dicari lagi, tapi waktu yang dipakai untuk mencari uang tersebut yang tidak dapat kembali lagi,” ungkap Samuel.

Perencanaan keuangan yang matang, masih menjadi tantangan bagi generasi muda yang sering terjebak dalam fenomena “Gaji Numpang Lewat.”

Gaji atau pemasukan, kerap habis begitu saja digunakan untuk berbagai pengeluaran yang sebenarnya tidak dibutuhkan, dengan kata lain memiliki manajemen keuangan yang buruk.

Kebiasaan jajan, atau membeli barang-barang yang tidak diperlukan menjadi salah satu faktor utama penyebab sulitnya mengelola keuangan.

Hal ini turut dialami oleh Content Creator Halda Rianta yang berbagi pengalamannya saat mencoba memulai mengelola keuangan.

Meskipun sulit, Halda Rianta mengakui pentingnya anak muda untuk menyisihkan pemasukan untuk menabung sedari dini.

Selain menabung, kemampuan melindungi diri dari risiko finansial merupakan faktor penting lainnya yang perlu dipahami oleh anak muda.

Perlindungan akan risiko finansial apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dapat dilakukan dengan memiliki asuransi sebagai proteksi.

Baca Juga: Global Money Week Allianz Indonesia 2022, Belajar Pentingnya Cerdas Atur Keuangan untuk Masa Depan

Di sisi lain, perwakilan Allianz Life Changer Rendy Firnanda mengungkapkan, risiko dalam hidup akan selalu ada. Misalnya, risiko sakit kritis yang akan mempengaruhi kondisi finansialmu dengan biaya yang tidak sedikit.

“Di sinilah pentingnya memiliki proteksi asuransi untuk anak muda seperti kita, sebagai jaminan untuk keamanan finansial di masa depan,” jelas Rendy.

Di dalam mengelola keuangan, generasi muda perlu memahami pentingnya mengelola pemasukan dan pengeluaran, mempersiapkan dana darurat, memiliki proteksi asuransi, sebelum memulai berinvestasi sesuai dengan profil risiko yang dimiliki.

Berbagai topik terkait literasi keuangan, juga turut dibahas pada rangkaian acara Global Money Week 2022.

“Sejalan dengan pilar pendidikan pada Corporate Social Responsibility Allianz Indonesia, kami menghadirkan rangkaian acara Global Money Week setiap tahun untuk mengedukasi anak muda dan meningkatkan literasi keuangan mereka. Tema tahun ini, yaitu Build Your Future, Be Smart About Money dipilih untuk mendorong anak muda memenuhi potensi dalam cerdas mengelola keuangan sedari dini,” tutup Fitri Estiwardani, Perwakilan Yayasan Allianz Peduli. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya