CERDASBELANJA.ID – Menjelang Ramadan 2022, tentu kebutuhan untuk belanja online semakin meningkat.
Hal ini, juga terlihat dari adanya peningkatan transaksi belanja di beberapa kategori di Tokopedia.
AVP of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia Trian Nugroho menjelaskan, kategori Makanan dan Minuman, Kecantikan, Fesyen, Perawatan Diri, Ibu dan Anak, serta Fesyen Anak menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Tokopedia.
Untuk itu, para pemilik usaha online di Tokopedia perlu mempersiapkan berbagai hal untuk mengantisipasi banyaknya pembelian selama Ramadan.
Tokopedia pun membagikan tips bagi para pegiat usaha, terutama UMKM lokal, agar bisa melakukan persiapan dengan lebih baik dalam menghadapi lonjakan permintaan menjelang Ramadan.
Secara terperinci, berikut adalah beberapa cara menghadapi lonjakan pesanan menjelang Ramadan ala Tokopedia.
1. Gunakan ‘Dilayani Tokopedia’
Jaringan gudang pintar dari Dilayani Tokopedia, dapat membantu penjual menjawab tantangan logistik antar pulau dengan lebih efisien.
Layanan ini, memungkinkan penjual menitipkan stok produk di wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi. Jadi, pengiriman barang bisa semakin mudah dan murah.
“Melalui Dilayani Tokopedia, penjual bisa memberikan ongkos kirim Rp0 se-Indonesia, serta garansi barang tiba maksimal 4 jam untuk pengiriman dalam kota dan 48 jam di berbagai kota lainnya setelah pembayaran,” ujar Trian dalam keterangannya, Selasa (29/3).
Baca Juga: Sambut Bulan Suci, Intip Tren Belanja Ramadhan 2022 di Tokopedia
2. Aktifkan Opsi Pengiriman Khusus Makanan
Menjelang Ramadan, Tokopedia mencatat peningkatan transaksi hampers hampir dua kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.
Selain itu, hampers makanan menjadi kategori pemesanan yang paling populer. Untuk itu, Jangan lupa mengaktifkan pilihan pengiriman khusus untuk makanan ke luar kota.
Pastikan juga pengemasan produk makanan kedap udara, agar makanan tetap aman ketika sampai di pembeli.
3. Manfaatkan Modal Toko
Lewat Modal Toko, penjual yang memenuhi persyaratan, bisa mendapatkan modal usaha tambahan untuk menunjang biaya operasional.
Tidak hanya itu, terdapat juga berbagai promo tertentu di Modal Toko yang berlaku selama Ramadan. Jadi, jangan lewatkan promonya agar modal usaha bisa digunakan sebaik mungkin.
“Fasilitas pinjaman modal usaha ini, menyediakan limit kredit yang fleksibel, serta bisa ditarik kapan pun dan berapa pun sesuai kebutuhan. Selain itu, bunga pinjaman yang ditawarkan sangat terjangkau dan flat. Proses persetujuan pinjaman juga hanya dalam hitungan menit,” kata Trian.
4. Tambah Wawasan
“Kami mengimbau para penjual, untuk bergabung di komunitas penjual Keluarga Tokopedia agar bisa mendapatkan wawasan dari penjual lainnya,” saran Trian.
Pasalnya, Tokopedia juga menghadirkan beragam materi edukasi di Pusat Edukasi Seller, termasuk kurikulum #SIAPRAMADAN 2022.
Program ini, menyediakan materi dengan berbagai tingkatan sesuai kebutuhan penjual, mulai dari tingkat beginner, intermediate, hingga advanced.
Baca Juga: Banyak Dibutuhkan, Produk Rumah Tangga Jadi Kategori Favorit di Tokopedia Selama 2021
5. Cermat Gunakan Kata Kunci
Cara menghadapi lonjakan pesanan menjelang Ramadan yang terakhir, adalah cermat dalam menggunakan kata kunci agar produk lebih mudah dijangkau.
Penjual dapat menggunakan fitur Wawasan Pasar, untuk melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi kategori, hingga inspirasi tren produk.
“Wawasan ini dapat membantu penjual berinovasi dari segi produk, misalnya dengan membuat paket bundling, agar dapat semakin mendongkrak penjualan menjelang dan selama Ramadan,” tutup Trian. (*)