5 Aplikasi Bisnis Tanpa Modal untuk UMKM, Bisa Memudahkan Usaha

Sabtu, 19 Maret 2022 | 20:05
Dok. Youtap

Ilustrasi aplikasi untuk pelaku usaha

CERDASBELANJA.ID – Keberadaan teknologi, telah menawarkan banyak peluang menarik bagi mereka yang memiliki usaha agar dapat meraih keuntungan lebih banyak.

Pasalnya, hanya bermodalkan ponsel, UMKM dapat memaksimalkan usahanya lewat aplikasi bisnis, baik itu masih di tahap awal merintis maupun saat kita mulai menjual produk.

Beberapa kemudahan yang bisa didapat dari aplikasi bisnis, yaitu lebih mudah dan rapi mengoperasikan bisnis sehari-hari, tidak menghabiskan uang banyak karena beberapa fitur yang tersedia sudah gratis, serta mampu memberi pelayanan optimal bagi pelanggan.

Aplikasi seperti inilah yang cocok digunakan karena bisa mempermudah bisnis UMKM. Tidak hanya pelaku usaha yang masih di fase awal merintis usaha, aplikasi ini juga cocok digunakan pemilik UMKM yang sudah menjalani bisnis, tetapi ingin mengembangkan usaha lebih baik lagi.

Jangan khawatir, aplikasi bisnis ini bisa digunakan secara gratis. Jadi, pelaku UMKM bisa membuat usahanya lebih produktif, dengan modal minim.

Jika ingin mencoba, berikut adalah beberapa aplikasi binis yang bisa digunakan bagi para pelaku usaha.

1. Aplikasi Catatan dan Analitik

Menangkap ide saat inspirasi datang, sangat penting agar bisnis kita bisa semakin maju. Untuk menjadi pebisnis yang terorganisasi, Evernote dan OneNote bisa menjadi solusi utama.

Melalui fitur yang cukup kaya, kedua aplikasi ini bisa membantu kita ataupun tim dalam berbagai kebutuhan. Mulai dari mulai menyatukan catatan, checklist, hingga membuat jadwal.

Tidak hanya itu, menemukan ide bisnis juga perlu riset mendalam. Oleh karena itu, tools seperti Google Analytics dan Ahrefs juga dapat dimanfaatkan agar kita dapat mengikuti perkembangan terkini, hingga mengenal peta persaingan bisnis agar mampu mengambil strategi yang tepat.

Baca Juga: Titipku dan Agung Sedayu Group Kerja Sama, Fasilitasi Pedagang di Pasar Jualan Online

2. Aplikasi Pengelolaan Usaha All in One

Saat menjalankan usaha, banyak hal yang perlu diperhatikan oleh UMKM agar usaha yang dikelolanya menjadi lebih produktif dan tidak memakan waktu.

Oleh karena itu, memiliki asisten dalam bentuk aplikasi bisnis all-in-one seperti POS yang terdiri atas pencatatan digital, penerimaan pembayaran, pengelolaan produk, hingga analisis penjualan menjadi sebuah kebutuhan agar bisnis bisa semakin maju.

Untuk menjawab itu semua, aplikasi usaha Youtap bisa dimanfaatkan UMKM. Hanya tinggal mengunduh di PlayStore atau AppStore, pelaku usaha bisa mendapatkan fitur-fitur produktif secara gratis.

Selain itu, hal lain yang sering kali dialami UMKM saat berjualan adalah cara mendapatkan stok barang secara mudah dan cepat.

Saat kita dan tim tidak ada waktu untuk membeli langsung, maka kita bisa memanfaatkan aplikasi stok barang yang dimiliki Youtap lewat fitur Belanja Stok.

Melalui aplikasi stok barang, pelaku usaha dapat menghemat waktu belanja dan menyederhanakan proses pengelolaan usahanya secara efisien.

3. Aplikasi Desain agar Tampilan Bisnis Lebih Menarik

Untuk meningkatkan value added di toko online, desain unik dan menarik menjadi sangat krusial saat ini.

Jika pemilik usaha pemula masih belum bisa untuk merekrut jasa desain grafis khusus, maka aplikasi Canva bisa dimanfaatkan untuk membantu kita membuat grafis-grafis cantik. Melalui ratusan template yang disediakan, pelaku usaha yang tidak memiliki skill desain sekalipun akan mampu mendesain tampilan bisnisnya dengan cepat dan memuaskan.

Untuk membuat foto produk semakin baik, aplikasi Clip Drop juga bisa dimanfaatkan pelaku usaha. Pebisnis bisa dimudahkan dalam mengedit foto produk mereka, untuk kebutuhan konten di sosial media maupun website tanpa perlu foto studio.

Baca Juga: Bank DBS Kerja Sama dengan CARInih, Hadirkan Layanan Perbankan Digital

4. Tingkatkan Visibilitas dengan Aplikasi Khusus

Untuk memperluas potensi pelanggan agar mampu menjangkau usaha kita, maka kita perlu membangun keberadaan di ranah digital.

Selain lewat sosial media, untuk menampilkan informasi mengenai usaha kita lebih teknis seperti jam operasi, kategori usaha, hingga alamat usaha, maka Google My Business menjadi tools khusus yang wajib dimiliki.

Menariknya, pelanggan juga bisa memberi rating di tools ini. Selain itu, komunikasi kepada pelanggan pun perlu dilakukan agar semakin lancar.

WhatsApp for Business, juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan quick reply, menampilkan katalog, maupun menampilkan profil usaha.

Di sosial media, kita juga bisa meletakkan tautan di deskripsi menggunakan aplikasi Linktree, agar konsumen bisa semakin mudah menghubungi kita.

5. Kelola Konten dengan Tools Digital Marketing

Manajemen konten, sudah bukan menjadi hal asing bagi tiap pelaku usaha. Untuk mempermudah usaha, Hootsuite bisa dimanfaatkan agar sosial media kita dapat dikelola secara bersamaan, hanya dari satu aplikasi.

Saat ingin menyampaikan pesan kepada pelanggan, penting juga untuk menjangkau mereka secara digital.

Lewat aplikasi seperti Mailchimp, kita bisa menyebarkan promosi yang telah dibuat dalam bentuk newsletter secara serempak, kepada daftar alamat e-mail yang sudah disusun.

Hal ini, tentu jadi kesempatan yang baik untuk meningkatkan penjualan, membuat pelanggan kembali, hingga menemukan subscriber baru. (*)

Baca Juga: Bisa Pesan Barang dari UMKM, Klikdaily dan NNA Kolaborasi Hadirkan TokoNiaga

Editor : Yunus

Baca Lainnya