3 Cara Membuka Usaha di Rumah, Hanya Butuh Modal Rp100 Ribuan

Selasa, 15 Maret 2022 | 21:00
Dok. Shopee

Mitra Shopee Istiyana

CERDASBELANJA.ID – Banyak orang berpendapat jika ingin memulai sebuah bisnis, maka harus menyiapkan modal besar dan konsep yang matang.

Namun, tidak begitu kenyataannya bagi Istiyana. Mitra Shopee asal Jepara, Jawa Tengah ini tidak menyangka usaha yang dirintis pada 2005 dengan modal hanya Rp100.000, justru kini menjadi bisnis yang menjanjikan.

Bisnis ini, bahkan telah menjadi sumber penghasilan utamanya bersama sang suami untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Semua dapat terwujud berkat semangat, ketekunan, serta keberanian untuk berinovasi dalam era yang serba digital saat ini dengan menggunakan aplikasi Mitra Shopee.

Mitra Shopee adalah sebuah aplikasi digital yang menawarkan berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, layanan pembayaran berbagai tagihan hingga isi saldo Shopeepay.

Istiyana bercerita, ia merupakan seorang lulusan D1 Ilmu Keperawatan, tetapi profesi yang ia geluti justru berbanding terbalik dengan gelar yang dimiliki, mengingat sulitnya lapangan pekerjaan di bidang kesehatan saat itu.

Setelah lulus kuliah, Istiyana pun mengambil beberapa kali pelatihan dan membuka salon potong rambut di rumahnya yang pada saat itu cukup ramai pelanggan.

Melihat banyaknya pelanggan yang datang dan mengantre, ia memutar otak dan menggunakan uang Rp100.000 yang dimiliki, untuk memulai warung kecil menjual berbagai minuman dan jajanan untuk pelanggannya.

Istiyana menjelaskan, sejak awal ia yakin rezeki bisa datang dari mana saja asalkan ada keberanian untuk mulai, berinovasi, dan pintar cari peluang.

Baca Juga: Terdampak Pandemi, Mitra Shopee Ubah Tantangan Jadi Kesempatan Baru

Bermodal ketekunan, Istiyana mengumpulkan sedikit demi sedikit modal untuk menambah produk di warung kecil-kecilan yang berdampak pada pembeli makin ramai, serta ia mendapatkan pelanggan tetap dari para tetangga. Namun, semakin berkembangnya era digital, ternyata membuat kebutuhan pelanggan berubah.

“Tidak hanya sembako, mereka sering bertanya apakah saya menjual pulsa dan paket data, atau bisa membayar tagihan internet atau listrik tidak di warung. Tidak ingin tertinggal, pada akhir 2019 saya bergegas mencari referensi dari teman dan direkomendasikan layanan Mitra Shopee. Saya langsung mengunduh aplikasinya dan langsung mendaftar jadi Mitra,” ujar Istiyana.

Kini, usahanya sudah tumbuh semakin besar. Sejak bergabung menjadi Mitra Shopee, Istiyana bercerita bahwa omzetnya dalam seminggu bisa mencapai jutaan rupiah, dari penjualan produk digital melalui Mitra Shopee.

Istiyana percaya, jika tidak ada kemauan untuk berinovasi atau beradaptasi dengan teknologi seperti Mitra Shopee, pasti akan tertinggal.

Istiyana pun berbagi beberapa cara membuka usaha di rumah dengan modal minim, bagi para pemula.

1. Amati Sekitar, Cari Peluang Usaha

Ide dari usaha warung kecil-kecilan yang dirintis Istiyana, awalnya muncul saat melihat banyak pelanggan yang mengantre lama di salon, serta tidak membawa makanan atau minuman.

Walaupun dengan modal yang kecil, tapi usaha tersebut tepat sasaran. Untuk itu, mari kita amati sekitar kita dan lihat apa yang dibutuhkan tetangga, atau orang sekitar yang bisa dijadikan peluang usaha dari rumah.

Seperti halnya Mitra Shopee yang teknologinya terbilang sangat mudah digunakan oleh anak muda, hingga ibu rumah tangga. Di dalam situasi saat ini yang mana banyak orang masih bekerja hingga bersekolah dari rumah, kebutuhan akan pulsa atau paket data pun meningkat.

Hanya dengan bermodalkan smartphone dan aplikasi Mitra Shopee, kita sudah bisa memulai bisnis kecil-kecilan sambil beraktivitas di rumah.

Baca Juga: Mulai dari Jual Jamu Keliling, Mitra Shopee Sukses Tambah Penghasilan dengan Jual Pulsa

2. Fokus dalam Mengembangkan Usaha

Seperti yang disebutkan Istiyana sebelumnya, walaupun sudah memiliki bisnis atau usaha, kita tidak boleh lengah. Setiap tahunnya, harus ada target baru yang dicapai dengan tujuan mengembangkan usaha yang kita miliki.

Misalnya saja, memperluas jangkauan produk dan menambah varian produk. Seperti halnya Istiyana, di tahun 2019 setelah bergabung menjadi Mitra Shopee, ia semakin bersemangat untuk menambah varian produk dan layanan di warungnya.

Di tahun ini, ia senang bisa menawarkan layanan isi saldo Shopeepay dari warungnya supaya para tetangga lebih mudah berbelanja di aplikasi Shopee, atau bertransaksi dengan Shopeepay.

3. Perbanyak Strategi Promosi

Tidak hanya menambah produk, untuk bisa dikenal banyak pelanggan atau konsumen, kita harus aktif mempromosikan produk yang kita jual.

Hal itu pun dilakukan Istiyana, ia tak segan mempromosikan produk jualannya ke tetangga sekitar, baik secara langsung saat berpapasan di jalan atau bertemu maupun melalui WhatsApp.

Dengan demikian, saat tetangga ingin membeli pulsa, paket data, produk digital lainnya, hingga isi saldo Shopeepay, mereka langsung teringat warung Istiyana. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya