CERDASBELANJA.ID – Startup asal Indonesia yang bergerak di bidang makanan dan minuman (F&B), Haus! bertekad untuk menjangkau aspiring middle class Indonesia lewat sejumlah inovasi dan kolaborasi.
Hal ini dilakukan Haus! guna mencapai target bisnis USD50 juta atau setara dengan Rp719 miliar.
Selain rencana ekspansi yang agresif untuk menambah sekitar 338 gerai baru di tahun 2022, Haus! juga mengeluarkan produk camilan Pedes Cyin.
Kehadiran camilan ini, melengkapi deretan produk Haus! Sebelumnya, yaitu minuman kekinian dan lini produk Ganjel Roti dan Es Krim.
CEO & Co-Founder Haus! Gufron Syarif mengatakan, lewat inovasi yang akan terus dihadirkan di tahun ini, Haus! optimistis untuk terus bersaing dan mencapai target bisnis Haus!
“Sebagai bagian dari rencana strategis dalam memperkuat posisi kepemimpinan di pasar, kami melihat peluang yang begitu besar di segmen kalangan aspiring middle class dan middle class ini,” ujar Gufron dalam keterangannya, dikutip Sabtu (19/2).
Berdasarkan Laporan World Bank, masyarakat kelas menengah (middle-class) telah menjadi motor utama pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan jumlahnya yang bertambah secara konsisten sebesar 12% setiap tahunnya sejak 2002.
Di dalam kurun waktu 20 tahun, sekitar 115 juta masyarakat Indonesia yang tadinya tergolong miskin, telah berhasil meningkatkan taraf hidupnya dan memasuki kategori baru yang disebut aspiring middle class.
Lebih jauh, Gufron menekankan pentingnya sebuah jenama (brand) seperti Haus! untuk tetap relevan dengan target market-nya.
Baca Juga: Meningkat Tajam, Startup Haus! Catatkan Pendapatan Rp250 Miliar Sepanjang 2021
Hal itu membuat Haus! terus berupaya menghadirkan inovasi produk yang relevan bagi market, disukai konsumen, serta menyesuaikan perkembangan tren F&B yang sangat dinamis, tetapi tetap menawarkan harga yang terjangkau.
Pedes Cyin merupakan lini produk camilan khas Indonesia berupa makaroni, keripik tempe, baso goreng (basreng), dan usus goreng yang diusung Haus!
Melalui penawaran harga di kisaran Rp12 ribu-Rp15 ribu, camilan populer tersebut diharapkan dapat menjadi pendamping jajaran minuman kekinian yang ditawarkan Haus!.
Gufron menjelaskan, pemilihan empat varian yang ditawarkan lewat Pedes Cyin hanyalah langkah awal, ke depannya Haus! akan menghadirkan varian camilan yang lebih banyak lagi.
“Saat ini, camilan Pedes Cyin kini sudah bisa didapatkan di lebih dari 100 gerai Haus!,” kata Gufron.
Menurut Gufron, beberapa faktor penting yang menjadi pertimbangan Haus! dalam menghasilkan inovasi produk, adalah pemilihan bahan baku berkualitas, kemasan yang baik, serta desain yang menarik.
Setelah mempertahankan relevansi produk lewat inovasi, Haus! juga tengah menggarap sejumlah kolaborasi yang bertujuan untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi.
“Kami menyadari bahwa sekarang kami sudah memasuki era collaborations over competition. Melalui pemahaman akan perbedaan target pasar, serta keunikan yang dimiliki oleh setiap jenama, kami melihat besarnya peluang untuk berkolaborasi,” kata Gufron.
Salah satu kolaborasi yang dilakukan Haus! adalah menjadi sponsor untuk salah satu tim E-sports terbesar di Indonesia, RRQ (Rex Regum Qeon).
Baca Juga: Banyak Inovasi, Intip Resep Bisnis Ray’s Bottle of Joe Bertahan di Tengah Pandemi
Langkah ini dilakukan untuk menjangkau komunitas E-sports yang mayoritasnya dipenuhi oleh generasi Z.
“Harapannya, Haus! bisa mengenal serta memahami karakter dan preferensi generasi Z dengan lebih dalam, sehingga dapat dijadikan sebagai masukan untuk pengambilan keputusan bisnis selanjutnya,” tutup Gufron.
Kerja sama dengan RRQ bersifat mutualisme dengan cakupan kemitraan seperti dukungan Haus! terhadap RRQ dalam melakukan berbagai aktivitas Esports.
Termasuk untuk penyelenggaraan acara, turnamen, sampai ke kegiatan latihan tim RRQ. Selain itu, kedua pihak juga akan menggelar berbagai aktivitas mulai dari mabar (main game bareng), peluncuran produk, dan atau pembuatan barang koleksi edisi spesial Haus! X RRQ.
Haus! tetap terbuka dan akan menjajaki berbagai peluang kolaborasi, demi menggaet beragam komunitas.
Misalnya seperti pencinta sneakers, penggemar musik, dan berbagai komunitas luas lainnya.
Berbagai kolaborasi Haus! dengan sejumlah komunitas, serta aktivitas yang dilakukan dapat dipantau melalui akun Instagram Haus! di www.instagram.com/haus.indonesia. (*)