3 Tips untuk Kurangi Limbah ala Sociolla, Yuk Mulai Jadi Konsumen Cerdas!

Selasa, 15 Februari 2022 | 14:00
Dok. Sociolla

Kemasan baru Sociolla

CERDASBELANJA.ID – Pada beberapa tahun terakhir, penerapan prinsip kecantikan yang sustainable semakin digalakkan dalam kehidupan sehari-hari, dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Melanjutkan komitmen besar perusahaan untuk mendorong perilaku kecantikan yang sustainable, Sociolla kembali mengajak jutaan penggunanya untuk terlibat secara aktif dalam inisiatif gerakan Waste Down Beauty Up (WDBU).

Kondisi saat ini yang mana sebagian besar masyarakat kembali beraktivitas di rumah, tidak menjadi halangan bagi pencinta kecantikan untuk terus melanjutkan komitmen prinsip sustainability.

Tentunya, dengan tetap meminimalkan limbah produk kecantikan sambil tetap mendapatkan layanan terbaik, dalam memenuhi kebutuhan akan produk kecantikan dan perawatan diri di rumah.

Sejalan dengan gerakan Waste Down Beauty Up, sekaligus berkontribusi dalam mendorong penciptaan lingkungan yang lebih baik, Sociolla membagikan sejumlah tips sederhana.

Tips ini, bisa menjadi rujukan ataupun rekomendasi bagi para pecinta kecantikan di rumah.

Cara sederhana ini, merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam mengadvokasi, mempromosikan, serta membantu pelanggan melakukan pembelian produk kecantikan secara bijak.

Langkah ini, diyakini oleh perusahaan sebagai titik awal penerapan prinsip sustainability dalam industri kecantikan.

Co-Founder & CMO Social Bella Chrisanti Indiana mengatakan, sebagai perusahaan e-commerce besar pertama di Indonesia yang berkomitmen pada kebijakan zero bubble wrap, Sociolla ingin upaya penerapan prinsip sustainability ini terus berlanjut dan dilakukan secara konsisten.

Baca Juga: Atasi Isu Limbah Kecantikan, Sociolla Hadirkan Inisiatif Waste Down Beauty Up

Sejumlah tips yang dirangkum Sociolla, diharapkan bisa menjadi pengingat yang baik dan semakin menguatkan komitmen kita bersama, untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik di masa depan.

“Semakin banyaknya pelanggan dan masyarakat yang ikut terlibat dan menyadari gerakan ini, makan semakin besar dampak positif yang dihasilkan,” ujar Santi dalam keterangannya, Selasa (15/2).

Secara terperinci, berikut adalah sejumlah tips sederhana yang bisa dilakukan oleh pecinta kecantikan, dalam menerapkan prinsip kecantikan yang sustainable selama berkegiatan di rumah.

1. Jadi Smart Shopper

Banyaknya waktu di rumah, membuat masyarakat banyak memanfaatkan layanan online untuk memenuhi kebutuhan harian, termasuk produk kecantikan.

Untuk itu, Sociolla menyarankan untuk mencoba menggunakan lebih banyak waktu untuk eksplorasi review, atau ulasan produk sebelum memutuskan pembelian.

Kini kita sudah bisa mengeksplorasi review di platform terpercaya seperti SOCO, platform review produk terkemuka untuk kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia, dengan lebih dari 90.000 produk dengan >2,5 juta ulasan.

Ulasan pelanggan lainnya, akan sangat membantu memberikan gambaran lebih luas mengenai produk, kandungan, serta manfaat yang diberikan bagi tiap karakteristik kulit dan kebutuhan pelanggan.

Menjadi smart shopper juga bisa dilakukan dengan memilih pembelian produk di platform terpercaya dengan garansi utama standarisasi BPOM, serta mengakomodasi pembelian berbagai brand dalam satu kali shipping.

Dengan demikian, kita sudah bisa meminimalkan sampah pengiriman. Let’s be smart shoppers!

Baca Juga: 4 Tren Perubahan Perilaku Pelanggan Kecantikan dari Social Bella, Jadi Lebih Selektif

2. Beli Produk Sesuai Kebutuhan

Momen spesial seperti valentine bukan alasan untuk mendorong perilaku mindless consumerism, atau biasa disebut dengan perilaku konsumerisme yang mudah terbawa arus, dan mendorong lebih banyak pembelian tanpa pemikiran panjang.

Untuk itu, kita perlu membudayakan untuk menjadi smart shopper yang membeli produk sesuai kebutuhan.

Pelanggan tetap bisa memberikan kado spesial bagi orang tersayang di momen Valentine ini.

Salah satunya, seperti mengirimkan kado berupa e-gift card dari Sociolla agar produk yang dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Khusus di hari Valentine pada 14 Februari 2022, Sociolla juga memberikan diskon hingga 50%, serta voucher Pink Valentine Monday untuk mendapatkan diskon 10% dengan potongan harga hingga Rp 50.000 ketika melakukan pembelian sebesar Rp 350.000.

Keuntungan lainnya, adalah selama periode 14 hingga 16 Februari 2022 Sociolla juga memberikan promo gratis ongkir tanpa syarat baik melalui website maupun aplikasi.

Di momen hari kasih sayang ini, Sociolla mengajak pelanggan untuk semakin menyadari akan pentingnya mengurangi limbah plastik, serta memperhatikan kebersihan lingkungan melalui kampanye Love Letter to the Earth.

Terhitung sejak 10 hingga 28 Februari 2022, Sociolla akan mengajak pelanggan untuk berpartisipasi pada social media challenge yang akan dihadirkan melalui akun Instagram.

Untuk setiap partisipasi dari tiap pelanggan, Sociolla akan mendonasikan senilai Rp10.000 ke Greeneration Foundation, untuk membersihkan 5 titik di sepanjang sungai Cikapundung di area Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Punya Kekuatan Penting, CMO Sociolla Ungkap Bagaimana Peran Perempuan Jadi Pemimpin di Bisnis Kecantikan

3. Pisahkan Sampah Produk Kecantikan

Mulai terapkan kebiasaan untuk memisahkan sampah produk kecantikan, dari jenis sampah lainnya di rumah.

Melalui kebiasaan memisahkan sampah produk kecantikan, secara langsung kita dapat mengetahui jumlah sampah yang dihasilkan dalam periode tertentu. Dengan demikian, hal ini dapat mendorong kesadaran diri untuk lebih bijak, khususnya dalam melakukan belanja produk kecantikan ke depan.

Meski terlihat mudah, tetapi ini tetap membutuhkan komitmen agar tiga langkah mudah ini menjadi hal rutin dan kebiasaan baik bagi pecinta kecantikan. Bagaimanapun, suatu perubahan besar selalu berawal dari hal kecil dan sederhana.

Santi melanjutkan, misi Sociolla untuk menciptakan industri kecantikan yang sustainable tidak dapat dicapai tanpa dukungan dari jutaan pengguna setia Sociolla.

Komitmen ini, akan terus diperkuat melalui berbagai inisiatif yang akan diluncurkan secara bertahap dalam waktu dekat.

“Kami sangat terbuka terhadap peluang kolaborasi, dengan berbagai pihak yang memiliki kesamaan misi untuk membangun masa depan yang lebih baik dengan prinsip keberlanjutan,” tutup Santi.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kampanye Sociolla Waste Down Beauty Up, pelanggan dapat langsung mengunjungi laman website https://www.sociolla.com/promotion/waste-down-beauty-up.

Bersama, langkah sederhana ini akan menciptakan dampak yang besar jika dilakukan oleh lebih banyak pecinta kecantikan. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya