Ekspansi Pengiriman e-Groceries, Astro Dapat Pendanaan Seri A USD27 Juta

Selasa, 01 Februari 2022 | 20:00
Dok. Astro

Ilustrasi Astro

CERDASBELANJA.ID – Startup quick-commerce khusus e-groceries Astro, telah mengumpulkan USD27 juta melalui pendanaan Seri A yang dipimpin oleh Accel dan Sequoia Capital India.

Investor yang terlibat sebelumnya seperti AC Ventures, Global Founders Capital, Lightspeed, Goodwater Capital, termasuk para founder dan senior executives yang merupakan angel investor dari Traveloka, Ajaib, Meesho, OYO, Swiggy, dan Udaan juga turut serta dalam putaran ini.

Nantinya, dana yang terkumpul akan digunakan untuk memperluas jangkauan, serta melayani lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia.

Selain itu, Astro juga akan menggunakan dana tersebut untuk membuka lapangan kerja baru, dan memperbesar jumlah pekerja hingga tiga kali lipat di tahun 2022.

Saat ini di Indonesia, sektor retail untuk bahan makanan merupakan salah satu fokus utama. Meskipun penetrasi digital di Indonesia cenderung rendah, yaitu - ~0,4% dibandingkan dengan penetrasi 10% dari e-commerce, tetapi sektor ini tetap layak diperhitungkan.

Kondisi pandemi yang masih berlangsung, kian mendorong akselerasi adopsi digital yang menjadikan sektor e-groceries sebuah peluang besar di Indonesia dan siap bertumbuh menjadi setidaknya USD6 miliar di tahun 2025.

Menyadari hal ini dan peluang untuk menciptakan kenyamanan lebih bagi jutaan orang Indonesia, pada bulan September tahun 2021, Vincent Tjendra mendirikan Astro

Tujuan utamanya, adalah agar konsumen dapat berbelanja kebutuhan sembako dan bahan makanan sehari-hari yang dikirimkan dalam waktu 15 menit setelah pemesanan melalui aplikasi.

Co-Founder & CEO Astro Vincent Tjendra menjelaskan, Astro berpegang pada misi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Indonesia, dengan memberikan kenyamanan berbelanja terbaik untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Start Up Quick Commerce Astro Resmi Hadir, Belanjaan Sampai 15 Menit!

Dok. Astro
Dok. Astro

Ilustrasi pengiriman Astro

Astronauts siap mengirimkan bahan makanan dan kebutuhan pokok kepada pelanggan dalam waktu 15 menit, sehingga pelanggan dapat menghabiskan waktu, energi, dan uang untuk menjalani hal-hal bermakna lainnya dalam hidup.

“Fokus utama kami selalu sama, yaitu untuk terus memberikan servis yang terbaik dan membangun perusahaan terbaik dengan talenta-talenta hebat di Indonesia. Kami sangat senang, dapat bermitra dengan Accel dan Sequoia Capital India dan juga semua investor kami sejak awal untuk mempercepat terwujudnya misi kami,” ungkap Vincent dalam keterangannya, Selasa (1/2).

Hal utama yang berusaha untuk dijawab melalui kehadiran aplikasi quick-commerce seperti Astro, adalah kemudahan dalam kehidupan konsumen di era modern.

Mulai dari makanan ringan dan minuman untuk mengadakan pesta bersama teman, bahan-bahan yang dibutuhkan keluarga untuk memasak sehari-hari, hingga memenuhi kebutuhan pokok seperti susu dan roti, Astro dapat mengantarkannya kepada konsumen dalam waktu 15 menit saja.

Ada banyak situasi yang mana kenyamanan quick-commerce, dapat mengurangi stres dalam keseharian.

Pelanggan yang telah menggunakan aplikasi Astro, dalam membeli bahan pokok umumnya menyatakan hal tersebut.

Mulai dari pengiriman super cepat hingga berbagai merek lokal yang unik seperti Oma Elly, Heirloom Yogurt, dan BeleafVeggies, semuanya tersedia dalam jangkauan melalui aplikasi Astro.

Selain menjanjikan pengiriman barang dalam waktu 15 menit, Astro menawarkan 1.500+ SKU dengan harga bersaing yang tersedia 24/7 melalui aplikasi.

Aplikasi Astro, dibuat dengan mempertimbangkan aksesibilitas bagi pelanggan berapa pun umur mereka, dengan memastikan bahwa penggunaannya cukup sederhana dan mudah.

Baca Juga: Lebih Praktis Saat Belanja, Astro Hadirkan Paket Makanan Siap Masak

Tidak hanya untuk milenial, bahkan bagi mereka yang belum pernah menggunakan aplikasi e-groceries sebelumnya.

Secara terperinci, beberapa fitur utama di aplikasi Astro, adalah sebagai berikut.

- Checkout dalam 3 langkah: memilih barang, memasukkan barang ke keranjang dan membayar.

- Pengalaman berbelanja yang dipersonalisasi, guna memfasilitasi kemudahan dalam menemukan produk.

- Jaminan kepuasan pelanggan yang mencakupi mengganti barang yang rusak/salah dalam waktu 15 menit.

Partner di Accel Abhinav Chaturvedi mengatakan, pihaknya sangat mendukung misi Vincent dan tim Astro dalam membangun platform quick-commerce pertama dan terbesar di Indonesia.

Secara global, konsumen di mana pun di era modern seperti sekarang tentunya mendambakan kenyamanan dan pengiriman yang cepat dan efisien. Astro melalui servis yang ditawarkan, memenuhi janji tersebut terhadap konsumen.

“Kemitraan ini, merupakan langkah penting untuk membuka potensi yang dibawa oleh inovasi digital ke sektor retail grocery di Indonesia, dan kami bangga dapat menyaksikan dan menjadi bagian dari proses pertumbuhan itu,” tuturnya.

Ada beberapa hal yang tak terbantahkan dalam e-commerce, salah satunya adalah bahwa konsumen akan selalu menginginkan pengiriman yang lebih cepat, pilihan yang lebih beragam, dan penetapan harga yang sesuai.

Baca Juga: Kurangi Sampah Plastik, PT KAI Gunakan Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

Model quick-commerce pun menjawab semua kebutuhan tersebut. Melalui pesatnya pertumbuhan pasar di Indonesia, terutama di kategori e-groceries dan banyak kategori konsumen lainnya, hal ini tentunya membuka peluang pasar yang besar dan layak dieksplorasi.

“Saat ini, kami meyakini bahwa tim di Astro berada di posisi yang tepat untuk menangkap pasar yang mulai terbentuk. Kami senang bisa menjadi bagian dari perjalanan mereka, untuk membangun platform quick-commerce yang pertama dan terbesar di Indonesia," kata VP Sequoia India Aakash Kapoor.

Sejak diluncurkan, Astro telah mendirikan 15+ hub di seluruh Jakarta dan bertujuan untuk memperluas jaringan ini dengan cepat untuk melayani jutaan orang di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Astro dan untuk mengunduh aplikasi, silakan kunjungi https://astronauts.id/. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya