Meningkat Pesat, Tokopedia NOW! Targetkan Ada 5.000 Produk Baru Tahun Ini

Senin, 31 Januari 2022 | 16:00
Dok. Tokopedia

Tokopedia NOW!

CERDASBELANJA.ID – Tokopedia menghadirkan beberapa inisiatif untuk bisa memenuhi kebutuhan harian masyarakat, terutama yang terkait dengan makanan minuman, sembako, dan sebagainya.

Adapun salah satu inisiatif yang dihadirkan Tokopedia adalah layanan Tokopedia NOW! Ini adalah layanan dengan teknologi geo-tagging yang membantu masyarakat mendapatkan produk kebutuhan harian, dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.

Head of Strategy and Operations Tokopedia NOW! Pranidhana Mahardhika menjelaskan, beberapa produk yang bisa didapatkan pengguna, adalah sembako seperti daging, sayuran, buah-buahan, makanan ringan, sabun, sampo dan masih banyak lagi.

Lewat Tokopedia NOW!, kini masyarakat semakin dipermudah untuk berbelanja ribuan pilihan produk dari pegiat usaha, termasuk UMKM lokal, dengan lebih cepat dan efisien tanpa harus keluar rumah.

Setiap pesanan Tokopedia NOW!, juga akan dilayani dan dikirim langsung oleh pihak Tokopedia dalam waktu maksimal dua jam.

Selain waktu pengiriman yang sangat cepat dan gratis ongkir dengan minimal belanja Rp30 ribu, kita juga bisa mendapatkan keuntungan lain seperti flash sale, diskon, dan cashback belanja. Untuk saat ini, Tokopedia NOW! baru hadir di seluruh wilayah Jakarta saja.

“Kami melakukan grand launching pada tanggal 12 November 2021 lalu, Tokopedia NOW! Juga dilengkapi dengan fitur geo-tagging dan express check out,” ujar Dhika di Jakarta, dikutip Sabtu (29/1).

Dhika menjelaskan, sejak periode peluncuran, yaitu November-Desember 2021, Tokopedia NOW! mengalami peningkatan transaksi sampai dua kali lipat (month-to-month/mtm).

Beberapa faktor yang mendorong peningkatan transaksi ini, adalah momen hari belanja online nasional (harbolnas), sampai Nataru.

Baca Juga: 5 Tips Masak Makanan Sehat ala Chef Norman, Sambut Hari Gizi dan Makanan Nasional

Tentunya peningkatan transaksi ini, tidak lepas dari peran UMKM yang senantiasa mendukung Tokopedia NOW! dengan menyuplai produk secara konsisten.

Menurut Dhika, seluruh produk yang teredia di Tokopedia NOW! memang berasal dari UMKM. Untuk itu, peran UMKM sangat penting bagi kelangsungan Tokopedia NOW!

“Tokopedia NOW! mengambil produk dari berbagai pengusaha rumahan. Beberapa produk seperti telur dan daging, bahkan kami mengambil sendiri ke tempatnya,” kata Dhika.

Meskipun suplai barang berasal dari UMKM, tetapi Tokopedia NOW! juga memperhatikan beberapa hal sebelum menjalin kerja sama.

“Hal pertama yang kami jaga, adalah dari segi kualitasnya jadi walaupun dia (UMKM) punya usaha rumahan, tetapi kami memastikan mereka punya sertifikasi. Kedua, dari sisi komitmen mereka untuk bisa terus menyuplai dan mengestok produk ke Tokopedia NOW!”

Dengan demikian, kata Dhika, UMKM punya kesempatan yang lebih baik untuk memperluas cakupan panjualannya.

Ke depannya, Dhika menjelaskan Tokopedia NOW! punya beberapa inovasi yang akan dilakukan.

Pertama, kecepatan waktu pengiriman. Menurut Dhika, Tokopedia NOW! akan terus memaksimalkan waktu pengiriman agar bisa lebih cepat saat melakukan pengantaran.

“Kami terus berusaha merancang strategi, terkait bagaimana cara agar pengiriman selanjutnya bisa lebih cepat lagi dari sebelumnya,” tutur Dhika.

Baca Juga: Tokopedia Hadirkan Tokopedia NOW! di Jakarta, Belanja Cerdas Pesanan Sampai dalam 2 Jam

Kedua, kelengkapan dari segi produk yang dijual. Dhika berharap, tahun 2022 ini Tokopedia NOW! bisa menambah lebih banyak variasi produk yang dijual.

“Saat ini, pelanggan bisa melihat sekitar 2.000 produk. Kami berharap, tahun ini kami bisa menambah jumlah produk sampai di atas 3.000, bahkan sampai 5.000 produk yang bisa dilihat di Tokopedia NOW!” tutup Dhika. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya