Ruangguru Gelar Program Pelatnas UTBK untuk Persiapkan Pelajar untuk Sukses Hadapi UTBK

Sabtu, 15 Januari 2022 | 13:00
DOK. Ruangguru

program Pelatnas UTBK

CERDASBELANJA.ID – Pendidikan tinggi merupakan salah satu faktor penting yang dapat menjadi penentu masa depan seseorang.

Kesadaran ini mendorong banyak pelajar Indonesia untuk berjuang semaksimal mungkin agar dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) impian.

Namun, berhasil diterima di PTN impian tidaklah mudah dan cenderung sangat kompetitif.

Pelajar Indonesia harus terlebih dahulu berjuang melewati proses seleksi masuk dengan memilih salah satu dari tiga jalur seleksi masuk PTN, yaitu SNMPTN, UTBK- SBMPTN, dan Ujian Mandiri.

Di antara ketiga jalur tersebut, jalur UTBK masih menjadi jalur favorit pelajar Indonesia karena memiliki kuota yang besar dan terbuka bagi semua pelajar.

Tingginya harapan banyak pelajar Indonesia untuk berhasil memasuki PTN, mendorong Ruangguru untuk menciptakan program Pelatnas UTBK.

Program Pelatnas UTBK terinspirasi dari atlet nasional Greysia Polii, yang dinilai memahami makna perjuangan menuju keberhasilan sebagai proses panjang.

Maka dari itu, Ruangguru menghadirkan program PelatnasUTBK terdiri dari dua pendekatan.

Program pendekatan pertama dari Pelatnas UTBK adalah program pengasahan kemampuan teknis pelajar dalam mengerjakan soal UTBK., yang terdiri dari.

Baca Juga: Dimulai Hari Ini, Menkes Pastikan Stok Vaksin Booster Covid-19 Cukup

1. UTBK Center: Satu tempat dalam aplikasi Ruangguru untuk semua persiapan terkait UTBK 2022, mulai dari countdown, materi belajar khusus UTBK, banksoal, tryout UTBK, tes minat bakat, serta berbagai info terkini seputar UTBK dan PTN.

2. UTBK Experts: Rangkaian acara live streaming melalui Brain Academy Online yang mengupas dan membahas soal UTBK bersama Star Master Teacher.

3. Kitab UTBK: Modul e-book berisi panduan lengkap menghadapi UTBK yang dapat diunduh secara gratis. Modul ini berisi materi UTBK yang sering muncul, strategi menghadapi UTBK, rencana belajar UTBK, dan masih banyak lagi.

4. Latihan Soal Harian: Setiap hari, pelajar akan menerima latihan soal sekaligus pembahasan melalui grup Telegram.

Program pendekatan kedua Pelatnas UTBK adalah program kesiapan mental untuk membangun dan menjaga motivasi serta konsistensi belajar, yang terdiri dari.

1. UTBK Experts-Special Series: Rangkaian acara online yang akan membahas tentang cara menjaga motivasi belajar tetap tinggi, strategi belajar yang lebih efektif, dan berbagai topik relevan lainnya.

2. Sesi tanya jawab bersama Pendiri Ruangguru: Sesi eksklusif bersama Iman Usman dan Belva Devara untuk berdiskusi seputar persiapan, pengalaman, strategi, serta tips untuk meraih kampus impian.

3. Webinar bersama Psikolog: Sesi webinar bersama psikolog profesional terkait kesiapan mental dan konsistensi dalam menghadapi UTBK. Untuk paket berbayar, pelajar terpilih juga akan mendapat kesempatan mengikuti sesi pelatihan eksklusif.

4. Festival Cita-Cita: Rangkaian sesi webinar yang diisi oleh para profesional di bidangnya, mencakup beragam jenis pekerjaan untuk membuka pandangan dan memberi pengetahuan bagi pelajar dalam menentukan jurusan dan karir mereka di masa depan.

Baca Juga: Ruangguru Luncurkan Kampanye #IniBaruJuara, Ajak Ubah Persepsi Terhadap Prestasi Siswa

5. Sesi motivasi mingguan: Pembahasan mengenai motivasi untuk bisa membangun dan menjaga mental yang kuat untuk menghadapi UTBK.

6. Pelatihan Habit-forming: Sesi pelatihan yang dirancang untuk membentuk kebiasaan belajar yang konsisten dan efektif.

7. Weekly Challenge: Berbagai challenge dengan hadiah menarik yang akan diadakan tiap periode tertentu untuk meningkatkan semangat belajar pelajar.(*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya