Ini Daftar Inovasi yang Dihadirkan Tokopedia, Hadirkan Pengalaman Belanja yang Mulus

Kamis, 16 Desember 2021 | 22:00
Dok. Tokopedia

Catat deretan inovasi Tokopedia untuk para pengguna iOS dan Android

CERDASBELANJA.ID – Tokopedia terus menghadirkan sederet inovasi digital bagi lebih dari 11 juta UMKM lokal dan lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan.

Termasuk pengguna sistem operasi seluler Android dan iOS untuk mengembangkan bisnis dan memenuhi kebutuhan harian di tengah pandemi.

Inovasi digital yang dihasilkan tidak lepas dari peran talenta digital muda Indonesia.

Contohnya, Rico Harisin dan Tonito selaku Head of Engineering Tokopedia, dua Nakama yang terlibat dalam proses pengembangan aplikasi Tokopedia dari nol.

1. Berbagai Inovasi untuk Pengguna Android

Rico yang bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi Android Tokopedia mengatakan, pihaknya melihat perilaku pengguna dalam berbelanja.

“Di antaranya dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI), machine learning, serta teknologi manajemen data untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi agar relevan dengan kebutuhan masing-masing pengguna,” ujar Rico, Kamis (16/12).

Berkat kolaborasi dari Rico dan tim, pengguna Android dapat memanfaatkan berbagai fitur menarik.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Asuransi Barang Belanja Online, Persiapan Saat Harbolnas Promo 12.12 di Tokopedia

Misalnya seperti Dark Mode, Chromecast Support, Voice Assistant, hingga NFC yang memungkinkan pengguna bisa membeli dan update saldo kartu uang elektronik, dengan lebih mudah dan cepat di Tokopedia.

Untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih nyaman, Rico dan tim juga menghadirkan teknologi Picture in Picture.

Teknologi Picture in Picture ini bisa memungkinkan pengguna untuk menonton konten di kanal video streaming Tokopedia PLAY, sambil berbelanja di platform Tokopedia di saat yang bersamaan.

“Ada juga Dynamic Features yang mana aplikasi Tokopedia akan hanya mengunduh fitur yang benar-benar digunakan pengguna. Fitur ini, bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat Android, mengurangi rata-rata ukuran aplikasi sebesar 27%, dari 49,9MB menjadi 36MB,” tambah Rico.

2. Platform yang Relevan dan Inklusif untuk Pengguna iOS

Di sisi lain, Tonito yang bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi iOS Tokopedia dari nol mengatakan, Tokopedia terus meningkatkan personalisasi dan rekomendasi.

“Metode pembayaran digital dan sistem pengiriman, juga disesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan konsumen Indonesia yang terus berubah terutama di tengah pandemi,” papar Tonito.

Baca Juga: 5 Cara Pilih Ring Light ala Tokopedia, Dijamin Viral Saat Ikutan Ring Light Challenge di TikTok

Ia melanjutkan, salah satu inovasi terbarunya yang baru saja dikembangkan, adalah fitur Voice Over.

“Fitur Voice Over ini, mempermudah tunanetra pengguna Tokopedia dalam menggunakan aplikasi Tokopedia, baik dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menciptakan peluang bisnis online, khususnya di tengah pandemi,” tambah Tonito.

Melalui Widget Tokopedia di iOS 14 yang dihadirkan oleh Tonito dan tim, pengguna dapat merasakan kemudahan mengakses halaman utama Tokopedia tanpa harus membuka aplikasi. Kini, pengguna pun dapat mengakses aplikasi Tokopedia langsung dari Apple Watch mereka.

Selain itu, ada juga berbagai fitur seperti In App Events iPad Layout Optimization, NFC, hingga Shared Shopping yang memberikan pengalaman berbelanja melalui FaceTime, sembari berbagi penggunaan aplikasi dengan teman. (*)

Baca Juga: 5 Ide Resolusi 2022 Ramah Keluarga dan Anak ala Tokopedia, Wajib Catat

Editor : Presi

Baca Lainnya