Wajib Tahu, 5 Tips Atasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan ala Carsome

Sabtu, 04 Desember 2021 | 13:00
Dok. Carsome

Ilustrasi Carsome

CERDASBELANJA.ID – Saat musim hujan, terdapat beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika berkendara.

Selain berhati-hati karena jalanan yang licin, kita juga perlu memperhatikan jarak pandang saat berkendara.

Salah satu hal yang sering kali mengganggu pengendara, adalah kaca mobil yang menjadi berembun ketika berkendara saat turun hujan.

Penyebab kaca mobil yang berembun beragam, tetapi yang paling sering terjadi adalah terdapat masalah suhu di dalam kabin yang juga mengindikasikan adanya masalah pada AC mobil.

Embun pada kaca mobil, terjadi akibat tingkat kelembapan di luar yang sangat tinggi, serta adanya perbedaan suhu di luar dan dalam kabin mobil.

Tentunya kaca mobil yang berembun, dapat mengganggu jarak pandang ketika berkendara terlebih saat sedang hujan. Untuk mengatasi hal ini, Carsome memberikan tips mengatasi kaca mobil yang berembun.

Baca Juga: Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu Pakai DANA, Cuma Butuh Modal Ponsel

1. Turunkan Temperatur di dalam Kabin Mobil

Tips mengatasi kaca mobil berembun pertama, adalah menurunkan temperatur di dalam kabin mobil.

Seperti diketahui, embun pada kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan suhu yang ada di luar dan di dalam kabin.

Untuk itu, kita dapat menurunkan temperatur di dalam kabin mobil, sehingga pengembunan (kondensasi) berkurang.

2. Memanfaatkan Fitur Defrost/Defogger di Mobil

Tips mengatasi kaca mobil berembun kedua, adalah memanfaatkan fitur defrost atau defogger yang tersedia dalam mobil.

Jika mobil kita dilengkapi dengan fitur defrost atau defogger, kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghilangkan embun pada kaca mobil.

Ventilasi defrost, biasanya terletak pada kedua sisi paling ujung pada dashboard. Jika embun terjadi pada kaca bagian belakang mobil, kita dapat menggunakan fitur defogger.

Baca Juga: 5 Tips Berkarier di Industri Teknologi untuk Perempuan ala Tokopedia

3. Resirkulasi Udara dalam Mobil

Tips mengatasi kaca mobil berembun ketiga, adalah melakukan resirkulasi udara di dalam mobil.

Salah satu cara mengatasi embun pada kaca mobil adalah dengan menggunakan tombol resirkulasi. Ketika fungsi ini diaktifkan, mobil akan memasukkan udara dari luar mobil, lalu mengembuskan udara dari dalam tanpa mengubah temperatur.

Dengan demikian, tidak akan ada perbedaan temperatur yang menyebabkan terbentuknya embun. Fungsi resirkulasi udara ini, tidak perlu digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika embun sudah menghilang, kita bisa menonaktifkan fitur ini.

4. Menyalakan AC dan Wiper

Tips mengatasi kaca mobil berembun keempat, adalah menyalakan AC dan wiper dalam mobil. Embun tidak hanya terbentuk karena temperatur udara di luar dingin, tetapi bisa berlaku sebaliknya.

Udara di luar yang panas dan temperatur di dalam mobil yang dingin, juga memungkinkan spot embun untuk terbentuk pada kaca. Jangan khawatir, kita bisa mengatasinya dengan mengurangi temperatur AC, dengan begitu dapat mengurangi embun yang terbentuk pada kaca.

Kita juga bisa menggunakan wiper dalam, untuk menyeka embun yang terbentuk pada kaca mobil. Namun, pastikan wiper dalam pengaturan yang paling pelan, agar tidak mengganggu penglihatan kita saat berkendara.

Baca Juga: Allianz Indonesia Bagi Tips Rawat Kendaraan, Ternyata Ini Pentingnya Asuransi Kendaraan Saat Pandemi

5. Membuka Jendela

Tips mengatasi kaca mobil berembun kelima, adalah membuka jendela mobil. Cara yang paling cepat dan mudah untuk menghilangkan embun yang terbentuk pada kaca mobil, adalah dengan membuka jendela mobil.

Kita dapat membuka jendela mobil sampai embun menghilang, lalu tutup kembali agar udara dingin dari AC mobil dapat kembali terasa.

Itu adalah beberapa tips yang dapat dibagikan oleh Carsome, untuk mengatasi embun yang terbentuk pada kaca mobil ketika berkendara saat hujan.

Setelah tahu tentang tips mengatasi kaca mobil berembun, mungkin ada di antara kita yang jadi ingin beli mobil, terutama di musim hujan ini.

Jika berminat untuk beli mobil, coba cari mobil yang kita inginkan di Carsome. Carsome adalah platform e-commerce mobil terintegrasi terbesar di Asia Tenggara yang hadir di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Singapura.

Carsome berkomitmen untuk melakukan digitalisasi industri jual-beli mobil bekas regional, dengan merombak dan meningkatkan pengalaman jual-beli mobil bekas.

Baca Juga: 5 Cara Riset Tampilan Produk ala Tokopedia, Hadirkan Pengalaman Ramah Pengguna

Carsome menawarkan solusi menyeluruh bagi semua penjual dan dealer mobil bekas. Mulai dari inspeksi, transfer kepemilikan hingga financing, melalui layanan yang tepercaya, nyaman dan cepat.

Carsome juga menawarkan mobil-mobil Carsome Certified yang dilengkapi oleh Carsome Promise, agar konsumen merasakan pengalaman transparan dan aman dalam membeli mobil bekas di Carsome.

Berikut adalah empat elemen yang ditawarkan dari Carsome Promise.

- Seluruh mobil yang ditawarkan oleh Carsome adalah mobil-mobil yang sudah melewati 175 titik inspeksi profesional.

- Carsome menyediakan garansi 1 tahun.

- Seluruh harga yang diberikan Carsome adalah harga pasti tanpa ada biaya tersembunyi.

- Jaminan 5 hari uang kembali. (*)

Baca Juga: Tips Jaga Keamanan Akun Digital ala Google, Buat Password yang Sulit!

Editor : Yunus

Baca Lainnya