Penghasilan UMKM Meningkat, GoFood Fokus Kembangkan Edukasi Usaha

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:00
Dok. GoFood

GoFood tingkatkan wadah edukasi

CERDASBELANJA.ID – UMKM kuliner, menjadi salah satu bidang usaha yang terdampak di masa pandemi.

Untuk dapat terus bertahan, sebanyak 42% UMKM menggunakan platform digital dan media sosial sebagai antisipasi kebijakan PPKM.

Di GoFood, 43% UMKM yang bergabung menjadi mitra usaha merupakan pengusaha pemula, serta sebanyak 250 ribu kuliner baru go online di GoFood pada masa pandemi 2020.

Ini menjadi perhatian tersendiri bagi GoFood untuk dapat berperan aktif mendorong UMKM go online dan bertahan di tengah masa pandemi.

Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, walaupun sudah berhasil pivot ke platform online. UMKM kuliner masih menghadapi tantangan dalam memastikan keberlanjutan bisnis.

“Kami mempelajari bahwa dukungan edukasi dan pengembangan kapasitas melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) penting dilakukan. Tentunya, agar UMKM dapat meningkatkan keterampilan dan mampu bersaing di tengah kompetisi bisnis kuliner yang semakin ketat,” ujar Catherine dikutip dalam keterangannya, Senin (18/10).

Baca Juga: Gojek Kolaborasi dengan Xiaomi, Beli Ponsel Gratis Voucher Gojek

KOMPAG yang merupakan pionir wadah komunitas UMKM kuliner di industri digital, kini bertumbuh menjadi wadah terbesar. KOMPAG diikuti oleh lebih dari 107 ribu UMKM kuliner, dari 70 kota di Indonesia untuk menambah ilmu, berkolaborasi, dan berjejaring.

Berkat serangkaian program pelatihan dan kesempatan berjejaring KOMPAG, ratusan ribu UMKM kuliner berhasil meningkatkan keterampilan bisnis.

Melanjutkan kesuksesannya, KOMPAG akan semakin fokus pada dua hal di tahun 2022 mendatang.

Pertama, Mentorship dan Pelatihan Tersegmentasi. Melalui hal ini, anggota KOMPAG yang dibagi berdasarkan kategori keaktifan, bisa mengikuti sesi workshop rutin mingguan di Live NGOPI (Ngobrol Pintar) Workshop, bersama Mentor GoFood dan mendapatkan program mentorship eksklusif.

Kedua, KOMPAG terus konsisten mendukung Peningkatan Skala Bisnis UMKM GoFood. Selain mengikuti pelatihan yang dipandu oleh mentor, para mitra UMKM kuliner juga bisa mendapatkan tips sukses mengelola bisnis secara mandiri lewat aplikasi GoBiz dan mengakses menu BizTips.

Berkat kegigihan mitra UMKM serta dukungan GoFood, rata-rata pendapatan bulanan mitra UMKM kuliner yang bergabung di masa pandemi hingga kini (Q2 2020 - Q3 2021) meningkat hingga 7x lipat.

Baca Juga: Utamakan Kebersihan Makanan, GoFood Bagikan Tas Pengantaran Gratis

Dok. Gojek
Dok. Gojek

Wadah edukasi KOMPAG

“Inilah yang terus memotivasi kami untuk berinovasi dan memperkuat wadah edukasi serta berjejaring, KOMPAG,” imbuh Catherine.

Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nia Niscaya mengatakan, dukungan bagi UMKM tidak bisa berhenti pada digitalisasi saja.

Namun juga, mendukung keberlanjutan usaha UMKM di tengah perubahan kebutuhan dan daya beli masyarakat yang kian dinamis.

“Salah satunya dilakukan melalui pembinaan melalui KOMPAG,” katanya.

Nia melanjutkan, pihakna melihat keseriusan GoFood menggarap sektor ini, sehingga ia percaya inovasi yang dihadirkan akan mampu menciptakan lebih banyak lapangan kerja di industri ekonomi kreatif.

“Kami sangat berharap, dukungan KOMPAG dapat terus diperluas dan menjadi sebuah wadah positif untuk menyediakan berbagai kebutuhan dan informasi positif bagi pelaku usaha. Salah satunya protokol kesehatan CHSE, sehingga dapat terus bermanfaat bagi pelaku usaha kuliner se-Indonesia,” tutup Nia.

KOMPAG terbuka luas bagi seluruh mitra usaha GoFood. Untuk bergabung, mitra bisa mengisi form registrasi di Facebook Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) yang dapat diakses melalui tautan bit.ly/KOMPAGFB. (*)

Baca Juga: Gojek Hadirkan GoCorp, Bantu Atur Tunjangan Transportasi Karyawan

Editor : Presi

Baca Lainnya