Allianz Indonesia Konsisten Terapkan Transformasi Digital dan Dukung Perkembangan Industri Syariah Dunia

Kamis, 14 Oktober 2021 | 09:30
DOK. Allianz

Allianz berikan dukungan industri syariah dunia

CERDASBELANJA.ID – PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) terus mendukung perkembangan dan pertumbuhan industri keuangan.

Baru-baru ini, Allianz Life mewujudkan dukungan tersebut dengan berpartisipasi dalam Online Executive.

Online Executive adalah program yang diselenggarakan oleh Islamic Financial Services Board (IFSB).

Baca Juga: Gandeng TaniFund, NOVA dan Allianz Indonesia Gelar Kulwap agar Mitra Petani Pintar Mengatur Keuangan

Program ini mengusung tema “Managing Digital Transformation Risks for Islamic Finance Institutions (IFIs)” yang diikuti oleh para anggota IFSB dari berbagai negara.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang risiko operasional, peraturan, pengawasan, pemantauan, termasuk penilaian dan mitigasi risiko komprehensif.

Serta implementasi terkait percepatan transformasi digital untuk perbankan, pasar modal dan lembaga keuangan syariah lainnya.

Seperti yang disampaikan oleh Bianto Surodjo selaku Direktur & Chief of Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia.

Bianto menjelaskan mengenai transformasi digital yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengembangkan bisnis syariah pada kanal distribusi bancassurance.

“Dengan jumlah penduduk 270 juta jiwa dan 87% penduduk muslim, Indonesia menawarkan peluang besar bagi bisnis keuangan syariah, karena besarnya populasi dan peningkatan kelas menengah.” ujarnya.

Baca Juga: Allianz Tawarkan Asuransi Kesehatan Kumpulan Perlindungan Karyawan

Transformasi digital diawali dengan berkembangnya sistem pembayaran digital, dimana ekosistem yang terbentuk dan keterhubungan telah meningkatkan kemudahan bagi para pengguna.

Industri asuransi akan mengalami perjalanan yang mirip dengan sistem pembayaran digital.

Dengan dimulai dari pembentukan ekosistem, dan pengguna akan menentukan model operasi tersebut diterima dengan baik atau tidak.

Bisnis digital juga saat ini didominasi oleh e-commerce, sedangkan perbankan mengejar solusi disrupsi yang dilakukan perusahaan digital.

Kombinasi dari semuanya menjadi jangkar dalam bisnis digital, karena mereka dapat mencapai lebih dari 100 juta orang secara bersamaan.

Pertumbuhan bisnis dapat terjadi dengan memanfaatkan ekosistem tersebut secara efektif.

Baca Juga: Pandemi, Allianz Ungkap Pentingnya Investasi Properti Bagi Milenial

Bekerja sama dengan pihak lain yang telah memiliki ekosistem digital akan menjangkau masyarakat yang belum tersentuh produk asuransi sebelumnya.

Memberikan customer journey yang sederhana, termasuk di dalamnya pembayaran, menjadi sangat penting untuk mencapai tujuan peningkatan angka penetrasi asuransi di Indonesia.(*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya