Utamakan Kebersihan Makanan, GoFood Bagikan Tas Pengantaran Gratis

Kamis, 30 September 2021 | 19:00
Dok. GoFood

GoFood bagikan tas makanan gratis untuk para driver

CERDASBELANJA.ID – Platform pencarian (discovery) dan pesan-antar makanan andalan, GoFood terus memberikan pengalaman kuliner terbaik bagi pelanggan.

Hal ini, dilakukan melalui pendistribusian lebih dari 8.000 tas pengantaran GoFood kepada mitra driver di sejumlah kota di Indonesia.

Inisiatif tersebut, merupakan upaya GoFood dalam menjaga kualitas makanan agar tetap prima dan higienis sampai ke tangan pelanggan.

Baca Juga: Terbaru, Fitur PeduliLindungi Akan Hadir di Gojek, Tokopedia, dan JAKI

Tak hanya itu, program ini juga merupakan salah satu langkah konkret dari inisiatif GoGreener Gojek untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, dalam kegiatan sehari-hari.

Hingga September 2021, sebanyak lebih dari 75.000 tas pengantaran dan tas belanja ramah lingkungan telah didistribusikan baik kepada mitra driver maupun mitra usaha.

Global Head Marketing GoFood Ichmeralda Rahman mengatakan, fokusnya di GoFood adalah untuk memberikan pengalaman kuliner terbaik bagi pelanggan.

Di tengah pandemi seperti saat ini, GoFood memahami bagaimana kebersihan menjadi prioritas pelanggan, mitra usaha maupun mitra driver.

“Oleh karena itu, selain menghadirkan sejumlah promo menarik, GoFood terus mendorong #ProteksiEkstra bagi seluruh ekosistemnya. Termasuk dalam menjaga kualitas makanan yang kami lakukan, melalui distribusi ribuan tas pengantaran GoFood kepada mitra driver,” ujar Ichmeralda dalam keterangannya, Selasa (28/9).

Ichmeralda menambahkan, bagaimana tas pengantaran GoFood dirancang agar nyaman dan aman untuk digunakan para mitra driver.

Baca Juga: Gojek Tawarkan Layanan GopayLater, Bisa Langsung Pakai Tanpa Daftar

Terbuat dari material tas yang tahan air (waterproof), tas pengantaran GoFood mampu melindungi makanan dan minuman dari debu dan kotor.

Tas pengantaran GoFood juga menggunakan lapisan insulasi, untuk menjaga makanan dan minuman yang diantar tetap berada pada suhu optimal, membuat makanan/minuman tidak mudah tumpah, praktis dan bisa dilipat, serta lebih ramah lingkungan.

Beragam inisiatif, telah diluncurkan GoFood sejak awal pandemi Covid-19 untuk mendukung penerapan protokol kebersihan dan kesehatan terdepan.

Misalnya seperti mendistribusikan paket #ProteksiEkstra yang terdiri atas kartu suhu tubuh, safety seal berlogo GoFood, masker kain, hand sanitizer, poster panduan protokol kesehatan, dan box #ProteksiEkstra kepada mitra usaha.

Hal ini, sejalan dengan langkah proaktif GoFood dalam menerapkan minimal 3 dari 6 protokol kebersihan makanan sesuai arahan BPOM.

Di antaranya adalah penggunaan masker, penyemprotan desinfektan secara berkala, pengecekan suhu tubuh driver, penggunaan segel makanan, stiker penjaga jarak kasir dan antrean, dan menyediakan tempat cuci tangan.

Baca Juga: Ini Keuntungan GoAds, Cara Beriklan di Gofood Agar Tepat Sasaran

Pembagian tas pengantaran ini, juga sekaligus menggarisbawahi kelanjutan komitmen GoFood dalam berperan aktif mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Hal ini sejalan dengan komitmen The Three Zeros Gojek, khususnya Zero Waste (Nol Sampah). Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya perusahaan, untuk mencegah masuknya penggunaan plastik sekali pakai dalam ekosistem GoFood.

Selain pembagian gratis ribuan tas pengantaran kepada mitra driver, GoFood juga menginisiasi uji coba penggunaan kemasan makanan mudah terurai yang terbuat dari serat tebu, sehingga dapat terurai hanya dalam 90-180 hari.

Dok. GoFood
Dok. GoFood

Tas pengantaran makanan

Program ini sementara telah diterapkan di sejumlah mitra usaha di Tebet, Jakarta Selatan, seperti Circle K Tebet, I am Geprek Bensu, Doner Kebab, dan Fried Chicken Master.

Sejumlah inisiatif GoGreener lainnya yang telah dilakukan di dalam layanan GoFood, antara lain penggunaan paper bag untuk mitra usaha GoFood yang bisa didapatkan dari layanan GoFresh.

Kemudian, GoFood juga menghadirkan opsi bagi pelanggan untuk tidak menggunakan alat makan sekali pakai, edukasi pelanggan melalui kolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan Dinas Lingkungan Hidup di tingkat daerah serta organisasi lingkungan.

Baca Juga: Perjalanan Makin Higienis, Gojek Hadirkan GoRide dan GoCar Protect+

Edukasi ini dilakukan melalui Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP), dan meningkatkan visibilitas mitra GoGreener di aplikasi.

Selain itu, GoFood juga telah bekerja sama dengan Plastik Detox, untuk memberikan pelatihan bisnis ramah lingkungan kepada para mitra usaha.

Pelatihan bisnis tersebut, dilakukan melalui program Gojek Wirausaha. GoFood juga bekerja sama dengan World Wildlife Fund (WWF) Indonesia, untuk memberikan pelatihan kepada mitra driver melalui program Bengkel Belajar Mitra (BBM).

Pelatihan dengan WWF ini, mengusung tema mengenai pentingnya pelayanan ramah lingkungan, dengan menggunakan tas pengantaran agar mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. (*)

Tag

Editor : Yunus