Makin Berkembang, DANA Bisnis Digitalisasi Lebih dari 1.000 Desa

Rabu, 22 September 2021 | 19:00
Dok. DANA

Semakin berkembang, layanan DANA Bisnis digitalisasi 1.100 desa

CERDASBELANJA.ID – DANA berkomitmen terus mendorong pelaku usaha, khususnya UMKM untuk mengadopsi teknologi digital.

Komitmen ini diwujudkan melalui fitur DANA Bisnis yang terus dikembangkan dan diperbarui, guna membantu UMKM mengembangkan usahanya dalam berbagai kondisi.

DANA Bisnis yang diluncurkan pada 2019 merupakan fitur yang ditujukan untuk pemilik usaha yang memiliki bisnis online maupun offline.

Baca Juga: 5 Keuntungan Pakai DANA Bisnis, Bisa Bantu Usaha UMKM Berkembang

Melalui DANA Bisnis, pelaku usaha dapat menerima pembayaran lewat berbagai jenis dompet digital yang memiliki QRIS tanpa biaya transaksi, sehingga juga memudahkan konsumen.

Integrasi ini ikut menandakan terhubungnya DANA dengan lebih dari 8 juta merchant QRIS di seluruh Indonesia.

Keunggulan lainnya adalah mitra DANA Bisnis dapat menerima pembayaran maupun melakukan penarikan dana secara langsung (real time), maupun memperoleh laporan transaksi terkini.

Selain itu, visibilitas UMKM kian dimudahkan dengan hadirnya fitur ‘Nearby’ di aplikasi DANA. Jika mengaktifkan fitur Nearby, pengguna dapat mencari tahu langsung mitra DANA Bisnis yang berada di sekitar lokasinya.

Sejak diluncurkan, jumlah pengguna DANA Bisnis terus bertumbuh dan kini sudah melampaui 300.000 mitra yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Jumlah ini, meningkat dibandingkan tahun lalu yang berkisar 200.000 mitra.

Secara umum, para mitra usaha juga mencatatkan peningkatan transaksi sejak memanfaatkan DANA Bisnis. Bahkan, selama penerapan PPKM, pemanfaatan DANA Bisnis mampu mendorong transaksi para pelaku usaha.

Transaksi menggunakan DANA Bisnis selama Januari – Juni 2021, tercatat naik lebih dari 35% dibandingkan periode Juli – Desember 2020. Sementara itu, jumlah mitra aktif pada Agustus 2021 naik 133% (year-on-year) dibandingkan Agustus tahun lalu.

Baca Juga: Pilihan Baru, DANA Jadi Mitra Program Kartu Prakerja Gelombang 19

Peta penyebaran DANA Bisnis terpantau ikut meluas. Mitra DANA Bisnis tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja, tetapi ikut merambah ke area baru seperti Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Berdasarkan catatan DANA, hingga September 2021, sudah bertambah lebih dari 1.100 desa baru yang telah melakukan digitalisasi lewat DANA melalui fitur DANA Bisnis.

Pertumbuhan ini, tidak lepas dari besarnya komitmen DANA dalam menghadirkan proses merchant onboarding yang mudah dan nyaman.

DANA juga menggunakan teknologi terdepan dalam Risk Mitigation System, sehingga memberikan keamanan bertransaksi yang optimal bagi para merchant, serta dalam memeratakan akses keuangan digital khususnya bagi UMKM.

Guna mendorong kemajuan bisnis para mitranya di tengah kompetisi bisnis digital yang makin sengit, fitur DANA Bisnis kini semakin terintegrasi.

Saat ini, DANA Bisnis memungkinkan pengguna yang merupakan pelaku usaha untuk membuat katalog produknya di aplikasi DANA, layaknya di marketplace.

Mitra DANA Bisnis, bisa menampilkan hingga 15 produk dalam katalognya dan mengirimkannya dalam bentuk tautan kepada calon pembeli, untuk memudahkan pembeli dalam memilih produk yang sesuai.

Tautan juga bisa dimanfaatkan pula oleh para pelaku usaha dengan menaruhnya dalam akun profil bisnisnya di media sosial guna meningkatkan presensinya di dunia digital, serta memperluas potensi pasar baru dengan mudah.

Baca Juga: Makin Mudah, Kini Bisa Bayar Pajak dan Penerimaan Negara di DANA

Kemudahan berpromosi ini telah tersedia untuk seluruh mitra DANA Bisnis dan bisa dimanfaatkan oleh merchant atau mitra DANA Bisnis baik online maupun offline.

CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara mengatakan, transformasi digital adalah solusi bagi pelaku usaha termasuk UMKM untuk bisa beradaptasi dengan dinamika yang terjadi.

Melalui DANA Bisnis, DANA berkomitmen dan terus mendorong UMKM untuk mengadopsi teknologi digital, bukan hanya dalam hal proses digital onboarding yang mudah, aman dan nyaman.

Namun juga, dengan mendampingi lewat edukasi dan pelatihan serta mempromosikan mereka. Di masa pandemi, pendampingan dan pelatihan tetap kami lakukan secara virtual agar penyerapan literasi keuangan digital berjalan optimal.

“Hasilnya, jumlah mitra UMKM DANA Bisnis yang telah terdigitalisasi kian tumbuh dan literasi keuangan digital mereka ikut menguat,” tutup Vince. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya