Manfaatkan Platform Lokal Tokopedia, VIVI ZUBEDI Temukan Market Baru

Rabu, 01 September 2021 | 21:00
instagram.com/vivizubedi

Brand fashion lokal VIVIZubedi

CERDASBELANJA.ID – Merek fashion lokal VIVIZUBEDI telah sukses melebarkan sayapnya ke kancah internasional.

Namun saat pandemi melanda, operasional toko VIVIZUBEDI di beberapa negara pun ikut terhambat dan tertunda.

Pemilik Usaha VIVIZUBEDI Vivi Mar’i Zubedi mengatakan, akhirnya ia mencoba untuk melakukan digitalisasi dengan memasarkan produknya secara online lewat Tokopedia.

Baca Juga: Jajaki Bisnis Online Saat Pandemi, Penjualan Krakakoa Meningkat 1.000%

Vivi menjelaskan, awalnya brand VIVIZUBEDI lahir tahun 2011 dan masih dalam tahap mempelajari target pasar.

Barulah pada tahun 2014 merek VIVIZUBEDI memantapkan bisnisnya untuk masuk ke dunia runway.

Siapa sangka, pada tahun 2017 merek VIVIZUBEDI menerima berbagai penawaran, lalu melakukan debut secara global dengan tampil di New York Fashion Week (NYFW).

Merek VIVIZUBEDI pun diundang berturut-turut pada ajang fashion NYFW, sampai saat sebelum pandemi.

Setelah pandemi melanda dan membuat event NYFW berhenti sementara, merek VIVIZUBEDI pun mulai memfokuskan bisnisnya di platform online.

“Seharusnya saya masih melakukan aktivitas offline di luar negeri, terkait branding ataupun promo VIVIZUBEDI. Namun, pada saat terjadi pandemi kami benar-benar terkejut, sedangkan pada saat itu VIVIZUBEDI baru saja mengembangkan sayap dengan buka toko offline di beberapa negara,” ujar Vivi dalam diskusi virtual, dikutip Rabu (1/9).

Baca Juga: 5 Cara Mengembangkan Bisnis Online ala Tokopedia, UMKM Wajib Tahu!

Pada saat yang bersamaan, Vivi mencoba memanfaatkan platform Tokopedia untuk memperkenalkan produknya secara online.

Saat awal bergabung, Vivi mengaku khawatir dengan pengalaman belanja para pelanggannya. Apalagi, bagi mereka yang tidak bisa mencoba dan merasakan kualitas pakaian secara langsung.

“Ternyata pada saat kami bergabung di Tokopedia, merek VIVIZUBEDI mempunyai market lebih luas yang awalnya saya pikir bukan termasuk market saya,” kata Vivi.

instagram.com/vivizubedi
instagram.com/vivizubedi

Brand fashion lokal VIVIZubedi

Melalui penjualan online di Tokopedia, Vivi bisa mencapai market yang tidak terduga. Selain itu, melalui Tokopedia Vivi juga bisa menjangkau pelanggan di luar pulau dengan mudah.

“Ternyata kita memang membutuhkan peran platform digital, terlebih di masa pandemi sekarang ini,” lanjut Vivi.

Di sisi lain, Vivi mengungkapkan ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam strategi penjualan online.

Baca Juga: Tingkatkan Bisnis UMKM Ritel, GoTo Financial Luncurkan KONTAG

Menurut Vivi, kita harus pintar-pintar membaca kemauan ataupun kebutuhan target pasar. Apalagi, usaha yang kit jalankan memang disajikan untuk pasar atau untuk pelanggan.

Untuk itu, sudah sewajarnya kita memahami apa yang sedang dibutuhkan konsumen saat ini.

“Kita harus pandai membaca karena saat ini, terus terang dibanding pemain offline, pemain online itu jauh lebih dinamis,” lanjut Vivi.

Selain mengikuti kemauan pasar, Vivi juga menjelaskan sangat penting untuk membangun kepercayaan dan kebanggaan pelanggan saat memakai produk kita. Hal ini, akan menumbuhkan kesetiaan pada pelanggan.

Tidak hanya itu, Vivi mengimbau para pebisnis online untuk memanfaatkan segala promosi dan kampanye yang diadakan oleh platform penjualannya.

Baca Juga: Wajib Catat, 5 Cara Sukses Membangun Bisnis ala Founder Dapur Solo

Dengan demikian, akan ada semakin banyak pelanggan yang tertarik untuk belanja karena disuguhi harga yang murah.

“Beberapa hal seperti itu perlu dipertimbangkan dalam berjualan online,” tutup Vivi. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya