5 Cara Mengembangkan Bisnis Online ala Tokopedia, UMKM Wajib Tahu!

Senin, 30 Agustus 2021 | 22:00
Dok. Tokopedia

Tokopedia membagikan beberapa tips untuk mengembangkan bisnis online.

CERDASBELANJA.ID – Di era digital dan masa pandemi ini, sudah banyak UMKM lokal yang melakukan digitalisasi dengan berjualan online di marketplace seperti Tokopedia.

Namun, meski telah berjualan online tentu penjualan toko tidak bisa langsung meningkat.

Pasalnya, kita butuh strategi atau tips khusus dalam mengembangkan bisnis online. Tidak hanya itu, kita juga akan bersaing dengan banyak UMKM lokal lain yang menjual produk serupa.

Baca Juga: Bawa Pulang J-Hope Hari Ini, Catat Cara Dapat Photocard BTS Tokopedia

Head of Category Development (Fashion) Tokopedia Falah Fakhriyah mengatakan, ada beberapa tips mengembangkan bisnis online bagi para UMKM di Tokopedia.

Melalui beberapa tips ini, penjual bisa memaksimalkan performa toko, sehingga produk mereka bisa banyak dilirik oleh pembeli.

Secara terperinci, berikut adalah sejumlah tips mengembangkan bisnis online ala Tokopedia.

1. Gunakan Fitur Tokopedia

Tips mengembangkan bisnis online yang pertama, adalah menggunakan seluruh fitur penjualan yang ada di Tokopedia. Falah menjelaskan, Tokopedia menyediakan berbagai fitur menarik yang bisa digunakan penjual.

Misalnya fitur Voucher Toko, melalui fitur ini para penjual bisa membuat promo khusus menggunakan voucher tersebut. Kemudian, ada fitur “Broadcast Chat” fitur ini mirip dengan fitur SMS.

Jadi, penjual bisa kirim promo, informasi produk, atau informasi terkait exclusive launch di Tokopedia melalui fitur chat. Ada pula fitur “Bebas Ongkir” yang bisa menarik minat pembeli.

Baca Juga: Masih Tahap Uji Coba, Tokopedia akan Hadirkan Metode Pembayaran Baru

Menurut Falah, fitur bebas ongkir ini justru cenderung berdampak positif bagi penjual. Pasalnya, pembeli luar kota atau di luar pulau, bisa belanja lebih hemat tanpa perlu memikirkan biaya ongkos kirim.

Terakhir, salah satu fitur yang memberikan banyak dampak bagi penjual adalah fitur “Top Ads.” Ini merupakan fitur iklan berbayar di Tokopedia, melalui fitur ini produk penjual bisa menduduki peringkat atas dari hasil pencarian.

“Itu adalah beberapa fitur yang bisa dipakai penjual di Tokopedia,” ungkap Falah, dikutip Senin (30/8).

2. Ikut Kampanye Tokopedia

Tips mengembangkan bisnis online yang kedua, adalah mengikuti seluruh kampanye di Tokopedia. Apalagi, Tokopedia punya banyak program dan kampanye yang hadir setiap bulannya.

Beberapa di antaranya adalah kampanye Ramadan in Style, Jakarta Sneakers Day, JakCloth, Market Museum at Home, Semasa, Inisiatif Hyperlocal, Waktu Indonesia Belanja (WIB), serta Muslim Fash Forward yang sedang berlangsung saat ini.

“Jika mendaftar ke kampanye ini, para penjual bisa mendapatkan eksposur yang maksimal dari produk-produknya,” ungkap Falah.

Baca Juga: Fashion Muslim Banyak Digemari, Tokopedia Hadirkan Muslim Fash Forward

3. Manfaatkan Statistik Toko

Tips mengembangkan bisnis online yang ketiga, adalah manfaatkan data dari Statistik Toko. Tokopedia menyediakan berbagai data pada fitur Statistik Toko.

Fitur yang tersedia di dashboard seller ini, memungkinkan penjual untuk melihat produk mana yang paling banyak dilihat, atau menjadi favorit pembeli. Selain itu, penjual juga bisa Menyusun strategi penjualan produk apabila statistik penjualan tidak terlalu baik.

Data dalam fitur Statistik Toko bisa menjadi acuan dalam menyusun strategi penjualan, menurunkan harga jual, mengembangkan promosi, memperbarui desain produk/foto, atau mengikuti tren terbaru. Dengan demikian, penjual bisa terbantu dan penjualan bisa meningkat. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya