Asuransi Astra Life Raih Sertifikasi ISO 27001:2013, Jamin Data Aman

Rabu, 09 Juni 2021 | 12:00
Dok. Astra Life

Sertifikat ISO 27001:2013 Astra Life

CERDASBELANJA.ID – Di tengah maraknya isu kebocoran data pribadi, membuat berbagai lembaga memperkuat keamanan data nasabah, termasuk juga asuransi Astra Life.

Sebagai salah satu upaya untuk melindungi aset informasi nasabah, Astra Life berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 27001:2013.

Sertifikasi ini, merupakan standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi.

Baca Juga: 4 Cara Menarik Calon Pembeli ala Tokopedia, Cukup Lewat Chat Aplikasi

Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi mengatakan, seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis digital Astra Life, baik melalui e-commerce ilovelife.co.id dan aplikasi Buddies, maka sangat penting untuk memperhatikan keamanan data nasabah.

Melalui perolehan sertifikasi ISO 27001:2013, maka ini menjadi bukti nyata komitmen Astra Life untuk menjamin keamanan data nasabah.

“Dengan demikian, nasabah bisa tenang dan nyaman dalam bertransaksi asuransi secara online,” ujar Windawati dikutip dalam keterangannya, Senin (7/6).

ISO 27001:2013 merupakan suatu standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi, atau lebih dikenal dengan Information Security Management System (ISMS).

Untuk mendapatkan sertifikasi ini tidaklah mudah, karena perusahaan perlu melalui proses audit keamanan informasi yang ketat oleh pihak auditor yang tersertifikasi.

Keberhasilan Astra Life untuk mendapatkan sertifikasi ISO 27001:2013 di bulan Mei 2021 ini, juga merupakan bentuk kepatuhan perusahaan terhadap regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Resmi! Twitter Mulai Terapkan Layanan Berbayar di Kanada dan Australia

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi.

Kemudian dalam Peraturan POJK No. 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan, Peraturan SEOJK no. 14/SEOJK.07/2014 tentang Kerahasiaan dan Keamanan Data dan/atau Informasi Pribadi Konsumen.

Terakhir, dalam Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 8 Tahun 2020 tentang Sistem Pengamanan dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik.

“Melalui sertifikasi ini, Astra Life turut menjadi perusahaan yang taat mengikuti regulasi yang ditetapkan pemerintah, sehingga diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap Astra Life juga meningkat,” tutup Windawati.

Pada tahun 2021 ini, Astra Life tetap fokus dan berkomitmen dalam melakukan akselerasi pertumbuhan bisnis melalui digitalisasi di seluruh lini.

Baca Juga: Kenali Tokopedia NYAM! Festival Makanan Online Terbesar di Tokopedia

Digitalisasi ini, dilakukan untuk memberikan akses dan jangkauan yang luas dan mudah.

Tujuannya, tentu agar semakin banyak masyarakat Indonesia mendapatkan perlindungan jiwa dan kesehatan. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya