Resmi! Twitter Mulai Terapkan Layanan Berbayar di Kanada dan Australia

Senin, 07 Juni 2021 | 17:00
twitter.com/JonErlichman

fitur Twitter Blue

CERDASBELANJA.ID – Media sosial Twitter kini mulai meluncurkan layanan berlangganannya. Jadi kini main media sosial Twitter mulai tidak gratis lagi.

Setelah sebelumnya diisukan akan mengenakan biaya langganan kepada para pengguna, kini layanan berlangganan tersebut mulai diluncurkan ke publik.

Adapun layanan berlangganan oleh Twitter ini, baru dimulai di Kanada dan Australia. Fasilitas yang ditawarkan oleh Twitter berbayar ini adalah tombol undo.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Tokopedia Display Network dan Keuntungannya Bagi Bisnis

Mengutip dari Fox Business, layanan berlangganan bernama “Twitter Blue” ini, akan menawarkan fitur yang telah lama diminta oleh para pengguna Twitter.

Di antaranya adalah “Bookmark Folders” atau folder pada bagian bookmark, untuk mengatur konten yang tersimpan agar mudah dicari.

Ada pula fitur “Undo Tweet” yang memberikan waktu 30 detik kepada pengguna, untuk membatalkan pengiriman tweet sebelum muncul di beranda.

twitter.com/JonErlichman
twitter.com/JonErlichman

fitur Twitter Blue

Kemudian, fitur “Reader Mode” yang bisa membuat pengguna lebih mudah membaca utas tweet, serta ikon aplikasi dan tema berwarna yang bisa dikustomisasi oleh pengguna.

Tidak hanya itu, pelanggan Twitter Blue juga akan mendapatkan dukungan pelanggan khusus.

Artinya, masalah yang mereka laporkan bisa mendapatkan prioritas atau perhatian lebih cepat dari Twitter, daripada pengguna lain yang tidak berlangganan.

Baca Juga: Go Digital! Gubernur Ridwan Kamil Gandeng Shopee Bangun Shopee Center

Adapun biaya langganan Twitter Blue ini adalah sebesar CAD3,50 (sekitar Rp41 ribu) per bulan dan AUD4,50 (sekitar Rp49 ribu) per bulan.

Meski demikian, belum ada jadwal pasti untuk peluncuran Twitter Blue di negara lain, karenaharga Twitter Blue yang dikenakan pun pasti akan berbeda.

“Kami berharap, melalui fase awal ini bisa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam, terkait apa yang bisa membuat pengalaman Twitter Anda lebih terkustomisasi, lebih ekspresif, serta memberikan pengalaman lebih,” ujar Twitter dikutip dalam keterangan di situsnya, Senin (7/6).

Untuk saat ini, Twitter juga sedang melakukan uji coba terhadap fitur “Tip Jar”. Melalui fitur ini, pengguna bisa memberi dan menerima uang di Twitter.

Namun demikian, informasi lengkap terkait “Tip Jar” ini masih belum tersedia.

Baca Juga: Intip 7 Rahasia Bisnis Ayam Keprabon, Dulang Sukses Secara Perlahan

Sebagai informasi, Twitter punya hampir 200 juta pengguna aktif setiap harinya. Jumlah ini, lebih sedikit dari media sosial lainnya.

Misalnya seperti Facebook yang punya 1,88 miliar pengguna harian pada Maret 2021. Di sisi lain, Snapchat punya rata-rata 280 juta pengguna aktif harian selama kuartal I-2021. (*)

Editor : Yunus

Sumber : Fox Business

Baca Lainnya