5 Cara Mendapatkan Modal Usaha ala Tokopedia, Bisa Kembangkan Bisnis

Rabu, 02 Juni 2021 | 14:00
seller.tokopedia.com

Simak cara mudah untuk mendapat pinjaman modal

CERDASBELANJA.ID – Untuk mengembangkan bisnis, kita memerlukan modal usaha yang cukup banyak.

Namun jika belum punya modal yang cukup banyak kita bisa mengajukan pinjaman.

Ada banyak cara mendapatkan modal usaha yang bisa dicoba. Untuk membantu kita, Tokopedia menyajikan banyak cara mendapatkan modal usaha.

Baca Juga: Kampanye Bangga Buatan Indonesia, Transaksi Tokopedia Meningkat

Cara mendapatkan modal usaha ini, bisa mempermudah kita dalam mengembangkan usaha.

Jangan khawatir, cara mendapatkan modal usaha ini terbilang cukup mudah. Jadi, kita tidak perlu banyak cara rumit untuk mendapatkan modal.

Berikut adalah beberapa cara mendapatkan modal ala Tokopedia yang bisa kita terapkan.

1. Menggunakan Finansial Pribadi

Cara mendapatkan modal ala Tokopedia yang pertama, adalah menggunakan finansial pribadi.

Misalnya menggunakan uang tabungan, kartu kredit, atau dari investasi. Ini merupakan cara yang paling mudah untuk mendapatkan modal usaha, karena uangnya berasal dari tabungan sendiri.

Menggunakan finansial pribadi sebagai modal usaha, adalah pendekatan yang baik dalam membangun sebuah bisnis karena tidak akan menyulitkan kita di masa depan. Selain itu, kita juga tidak perlu memikirkan adanya utang.

Baca Juga: Ini Dana Impian Tokopedia, Cara Investasi Reksa Dana Online Otomatis

2. Menggunakan Bantuan Keluarga

Cara mendapatkan modal ala Tokopedia yang kedua, adalah menggunakan bantuan keluarga. Misalnya melalui keluarga ini atau kerabat terdekat.

Namun sebelum meminta modal usaha dari orang terdekat, kita harus menyiapkan business plan yang lengkap, agar mereka mengerti dengan bisnis yang ingin kita jalankan.

Selain itu, mereka juga akan lebih mudah dalam memberikan keputusan, karena sudah tahu apa yang bisa didapatkan dari bisnis kita.

3. Menggunakan Modal Usaha dari Bank

Cara mendapatkan modal ala Tokopedia yang ketiga, adalah dengan menggunakan modal usaha dari bank. Setelah bisnis mulai membesar, modal yang dibutuhkan pun akan semakin besar dan bank dapat dijadikan pilihan sebagai modal usaha.

Program pinjaman di bank salah satunya, adalah kredit multi guna (KMG). KMG adalah sebuah jaminan seperti properti yang dapat kita tawarkan ke bank. Bunga yang ditawarkan berkisar antara 9%-12% dengan tenor antara 5-20 tahun, tergantung jumlah pinjaman.

Selain itu, kita juga dapat meminjam dari bank tanpa agunan dengan menggunakan fasilitas KTA (Kredit Tanpa Agunan). Kita bisa mendapatkan modal tanpa memberikan jaminan apa pun. Namun, bunganya lebih besar dari KMG atau di antara 10-23%.

Baca Juga: Perbandingan Fitur Modal Toko dan Pinjaman Modal Tokopedia, Pilih Satu

4. Menjual Aset

Cara mendapatkan modal ala Tokopedia yang keempat, adalah dengan menjual aset. Jika kita memiliki aset atau investasi properti, emas, atau investasi lainnya,

Kita bisa jual aset yang dimiliki dan uangnya digunakan untuk modal usaha. Jika kita tidak rela menjualnya, maka kita juga bisa menggadaikan aset tersebut.

Namun, kita harus selalu perhatikan dan jangan lupa untuk menebusnya kembali aset tersebut. Jika tidak, maka aset tersebut akan disita oleh tempat penggadaian dan merugikan kita.

5. Melalui Joint Venture

Cara mendapatkan modal ala Tokopedia yang kelima, adalah melalui joint venture (JV).

Joint venture adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan, saat membangun bisnis dan memiliki kekurangan modal.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Joint Venture, Perjanjian Bisnis yang Menguntungkan

Melalui JV bersama keluarga atau kerabat dekat, kita bisa melakukan patungan modal.

Jangan lupa juga untuk melakukan perjanjian resmi tertulis tentang pembagian hasil, untuk menghindari konflik keuangan nantinya. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya