4 Alasan Pentingnya Asuransi untuk Milenial, Waspada Risiko Keuangan

Rabu, 19 Mei 2021 | 18:00
Dok. Qoala

Tidak hanya bagi orang tua, tetapi asuransi juga tidak kalah penting untuk milenial

CERDASBELANJA.ID – Pada kondisi pandemi ini, sangat penting bagi kita untuk memiliki perlindungan, misalnya melalui asuransi.

Meski demikian, masih banyak orang yang kurang familier terkait seberapa pentingnya asuransi, apalagi kalangan milenial.

VP of Direct to Consumer Qoala Theresia Ateng menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 penetrasi asuransi di Indonesia masih rendah, yaitu sekitar 3%.

Baca Juga: Cara Cerdas Pakai Uang THR, Alokasikan untuk Beli Asuransi Syariah

Untuk menjawab hal ini, startup Qoala yang bergerak di bidang insurance technology (insurtech), menghadirkan menghadirkan pembelian produk asuransi melalui website www.qoala.app.

Melalui situs Qoala, kita bisa memahami pentingnya asuransi dan mengakses asuransi dengan mudah lewat online. Layanan ini, sangat cocok untuk para milenial untuk mewaspadai risiko keuangan.

Di sisi lain, Theresia juga membagikan alasan lain terkait pentingnya asuransi bagi milenial. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya asuransi untuk milenial.

1. Meminimalkan Risiko

Alasan pentingnya asuransi untuk milenial yang pertama, adalah bisa meminimalkan risiko. Pasalnya, asuransi merupakan aspek penting dalam manajemen risiko dan keuangan keluarga.

Beberapa contoh risiko yang bisa diminimalkan, adalah biaya pengobatan yang mahal, risiko kehilangan tulang punggung keluarga, biaya rawat inap dan sebagainya.

Berbagai risiko tersebut bisa diminimalkan dengan produk asuransi yang tepat. Dengan demikian, kita tidak perlu bingung dalam menghadapi kemungkinan di masa depan.

Baca Juga: 4 Mitos dan Salah Paham Tentang Asuransi, Jangan Termakan Isu!

2. Melindungi Aset

Alasan pentingnya asuransi untuk milenial yang kedua, adalah bisa melindungi aset berharga milik kita.

Mulai dari kendaraan, properti, ponsel, bahkan sampai sepeda bisa dilindungi dengan produk asuransi. Kerusakan pada berbagai aset tersebut pasti akan berdampak pada aspek kehidupan kita.

Melalui asuransi, kita tidak perlu khawatir dengan biaya perbaikan atau penggantian atas kerusakan yang terjadi pada aset kita.

3. Tidak Rumit

Alasan pentingnya asuransi untuk milenial yang ketiga, adalah tidak rumit. Melalui digitalisasi, kini kita bisa mengakses produk asuransi dengan mudah secara online.

Dengan demikian, kita bisa membandingkan dan mempelajari dengan saksama produk asuransi yang dibutuhkan. Melalui proses yang transparan dalam berasuransi, maka potensi konflik di masa depan (misalnya pada saat mengeklaim produk) dapat diminimalkan.

Selain itu, proses digitalisasi ini memungkinkan kita mempelajari produk asuransi dengan lebih mudah, cepat, tepat, serta tidak rumit.

Baca Juga: Manfaat Asuransi Hospital Cash Plan, Tawarkan Produk Premi Murah

4. Bisa Pakai Promo

Alasan pentingnya asuransi untuk milenial yang keempat, adalah bisa menggunakan promo. Sebagaimana diketahui, ada banyak produk asuransi digital yang bekerja sama dengan lembaga lain.

Melalui kerja sama tersebut, biasanya pihak asuransi akan memberikan promo khusus untuk para nasabah barunya.

Kita bisa memanfaatkan promo tersebut agar pembelian asuransi bisa lebih menguntungkan.

Sebagai contoh, kini Qoala.app bergabung dalam program ShopeePay Super Online Deals. Melalui program ini, kita bisa mendapatkan cashback sampai 100%.

Untuk mendapatkan cashback ini, kita hanya perlu memilih metode pembayaran ShopeePay saat akan melakukan pembayaran di www.qoala.app selama periode promo berlangsung.

Adapun program Super Online Deals ini berlangsung pada periode 17-21 Mei 2021. Promo kolaborasi ini, juga masih bisa digabungkan dengan promo lain di Qoala.app.

Baca Juga: Apa Itu Asuransi Hospital Cash Plan? Solusi Produk Asuransi Murah

Nantinya, cashback akan secara langsung didapatkan secara instan setelah pembayaran berhasil dilakukan.

"Melalui adanya kerja sama ini, Qoala berharap agar kenyamanan dalam bertransaksi dan melakukan pembayaran asuransi dapat semakin dirasakan oleh lebih banyak nasabah," tutup Theresia. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya