CERDASBELANJA.ID – Saat ini, skincare lokal semakin merajai industri kecantikan di Indonesia.
Hal ini, terbukti dari nilai transaksi yang berhasil dicatat oleh Tokopedia selama kuartal I-2021 ini.
“Transaksi kategori Beauty di Tokopedia meningkat hampir 2x lipat selama Q1 2021 dibanding periode yang sama pada 2020,” ungkap AVP of Category Development for FMCG & Long Tail Categories Tokopedia Jessica Stephanie Jap dikutip dalam keterangannya, Kamis (15/4).
Baca Juga: Inspirasi Ngabuburit Online ala Tokopedia, Dijamin Seru dan Aman
Adapun beberapa produk terlaris di Tokopedia adalah pembersih wajah, serum, masker dan krim wajah.
Untuk terus memajukan potensi skincare lokal di nusantara, Tokopedia pun merekomendasikan produk kecantikan halal lokal berbahan natural yang wajib dicoba.
Berikut adalah tiga produk skincare lokal yang wajib dicoba untuk merawat kulit sehari-hari.
1. The Bath Box
Produk skincare lokal yang wajib dicoba pertama, adalah Brassica with Niacinamide Body Lotion buatan pegiat usaha lokal The Bath Box. Produk ini, mengandung niacinamide dan rapeseed extract yang dapat mencerahkan, melembapkan, hingga mengurangi jerawat.
“Melalui pemakaian teratur, produk ini dapat mencerahkan semua jenis kulit, termasuk yang sensitif maupun berjerawat dalam 28 hari,” ungkap Pemilik The Bath Box Angelinda Fransisca.
Pandemi mendorong Angelinda menggencarkan pemasaran digital, “Sejak bergabung dengan Tokopedia, penjualan meningkat hingga 60% selama pandemi dan telah menjangkau masyarakat hingga di Papua.”
Baca Juga: Cara Pilih Nama Toko Online ala Tokopedia, Seller Wajib Tahu
2. True to Skin
Produk skincare lokal yang wajib dicoba kedua, adalah Serum Bakuchiol True To Skin. Produk ini, lebih mudah menyerap ke kulit karena berbasis air dan mendorong produksi kolagen. Di sisi lain, serum Niacinamide ini bisa memperkuat skin barrier dan meminimalkan jerawat.
Pemilik True To Skin Riska Elastria mengatakan, setiap produknya dikembangkan dan diuji klinis selama dua tahun. “Kami pakai bahan natural, tanpa paraben dan pewarna, sehingga aman digunakan semua kalangan, termasuk ibu hamil dan menyusui.”
Riska pun memaksimalkan penjualan di kanal digital, “Kami aktif mengikuti beragam kampanye Tokopedia, seperti Beauty Flash Friday yang turut mendorong peningkatan omzet hingga 2x lipat,” terangnya.
3. Upmost Beaute
Produk skincare lokal yang wajib dicoba ketiga, adalah Lash and Brow Serum, buatan pegiat usaha lokal Upmost Beaute. Produk ini, dilengkapi dengan dual applicator yang bisa menjangkau hingga ke batang bulu mata dan alis secara mudah.
“Produk ini mengandung formula kaya vitamin, seperti althea rosea flower extract dan keratin yang dapat memperkuat serta menyehatkan bulu mata dan alis,” jelas Pemilik Upmost Beaute, Faleri Susanto.
Selama Q4-2020, transaksi toko Upmost Beaute di Tokopedia meningkat lebih dari 2x lipat dibanding Q3-2020.
Baca Juga: Cara Buka Toko Online di Tokopedia, Dijamin Gratis dan Anti Ribet
“Bahkan produk kami bisa menjangkau lebih banyak masyarakat bahkan hingga Papua,” ungkapnya.
Itu adalah beberapa skincare lokal yang wajib dicoba di rumah. Semoga cocok! (*)