Tiga Tahun Hadir, Jumlah Pengguna Aplikasi DANA Tembus 60 juta

Kamis, 25 Maret 2021 | 12:00
Dok. DANA

Tiga Tahun Hadir, Jumlah Pengguna Aplikasi DANA Tembus 60 juta

CERDASBELANJA.ID – Sudah tiga tahun dompet digital DANA hadir sejak kemunculan pertamanya saat masih beroperasi di Blackberry Messengger (BBM).

DANA yang mengusung teknologi open platform, di dalam perjalanannya terus berkembang dengan indikasi jumlah pengguna yang meningkat mencapai 60 juta.

Pencapaian besar ini, mencerminkan semakin luas dan tinggi kepercayaan masyarakat terhadap keunggulan teknologi DANA.

Baca Juga: Setahun Hadapi Pandemi, DANA Catat Tren Bisnis yang Melonjak

CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara mengatakan, pencapaian tersebut juga mengindikasikan budaya digital semakin luas, serta menjangkau hampir semua lini kehidupan.

Lekatnya teknologi digital dalam keseharian masyarakat, ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi, perluasan jaringan komunikasi data, serta tuntutan untuk beradaptasi di masa pandemi.

Sebelum pandemi, DANA mencatat jumlah pengguna masih berkisar di angka 40 juta.

Kemudian pada Desember 2020, jumlah pengguna naik menjadi 50 juta, sampai dengan Maret 2021 pengguna DANA melonjak menjadi 60 juta.

Artinya, dalam satu tahun terakhir atau year-on-year (yoy) terjadi pertumbuhan jumlah pengguna sebesar 50%.

“Peningkatan pengguna dalam waktu singkat ini, merupakan wujud tingginya kepercayaan masyarakat terhadap aplikasi DANA yang menghadirkan keunggulan teknologi mudah, aman, nyaman, serta menjadi solusi bagi kebutuhan masyarakat sehari-hari,” ujar Vince dikutip dalam keterangannya, Rabu (24/3).

Baca Juga: Cara Cairkan Dana Bansos Rp300 Ribu dari Kemensos, KPM Wajib Tahu

DANA pertama kali hadir dengan mengusung tiga kapabiltas mendasar, yaitu ‘Kirim Uang’, ‘Isi Ulang Pulsa’, serta ‘Kode Referral’.

Namun dalam tiga tahun, DANA telah berhasil mengembangkan banyak fitur yang dapat berfungsi memudahkan penggunanya bertransaksi nontunai secara digital. Tentunya dengan mudah, aman, dan nyaman.

Tidak hanya pengguna individu, DANA juga mengembangkan kapabilitas DANA Bisnis yang mampu menjadi akselerator bagi ekosistemnya, termasuk UMKM, untuk go digital dengan mudah.

Berdasarkan seluruh fitur yang dikembangkan hingga saat ini, DANA mencatat ada lima fitur unggulan yang paling sering digunakan pengguna.

Di antaranya adalah fitur QRIS, pembayaran untuk online merchants, kirim uang, pembayaran tagihan, serta DANA Bisnis.

Baca Juga: Promo DANA, Beli Emas Pertama Kali Bisa Dapat Cashback Rp30 Ribu

Ke depannya, DANA akan terus bersinergi dengan ekosistem ekonomi lainnya seperti pemerintah, pelaku industri dan komunitas untuk meningkatkan inklusi keuangan, serta mendorong digitalisasi UMKM.

“DANA bersinergi dengan ekosistem perekonomian digital, demi meningkatkan kontribusi terhadap masyarakat dan perekonomian Indonesia. DANA juga mengembangkan teknologi yang ramah, mudah, serta tepecaya agar dapat digunakan dan diakses oleh siapa pun,” ujar Vince. (*)

Tag

Editor : Yunus