Cara Tingkatkan Omzet Bisnis Online, Lakukan dengan 4 Langkah Saja

Kamis, 18 Februari 2021 | 19:00
Kompas

Cara Meningkatkan Omzet Bisnis Online, Cuma dengan 4 Langkah Saja

CERDASBELANJA.ID – Pandemi Covid-19 memberikan tantangan tersendiri bagi para pelaku UMKM untuk menjalankan bisnis, serta meningkatkan omzet bisnisnya.

Untuk bisa tetap bertahan dan meningkatkan omzet, kita perlu melakukan berbagai inovasi dan terus beradaptasi.

Kita juga harus tetap bergerak dan produktif, untuk memaksimalkan omzet bisnis di tengah pandemi ini.

Baca Juga: Cara Jaga Kelangsungan Bisnis di Tengah Pandemi, Wajib Tahu!

Meskipun sulit, ternyata ada beberapa cara mudah yang bisa membantu kita meningkatkan omzet bisnis online di tengah pandemi.

Salah satunya adalah beradaptasi dengan teknologi dan mulai mengimplementasikan digitalisasi.

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan omzet bisnis di tengah pandemi, dengan memanfaatkan digitalisasi.

1. Melakukan Riset Tren Terkini

Sebelum memasarkan produk, kita bisa melakukan riset tren terlebih dahulu. Cari tahu produk seperti apa yang sedang tren dan disukai masyarakat, berapa harga jual yang sesuai, siapa target market kita, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kita juga perlu menyesuaikan desain foto dan caption dengan gaya bahasa dan visual yang unik.

Pasalnya, seluruh hal ini akan membantu dan mempermudah kita dalam memasarkan produk. Selain itu, kita juga berpotensi bisa menyasar target yang lebih sesuai dengan produk yang dijual.

Baca Juga: Jangan Ragu, Ini 6 Keuntungan Promosikan Bisnis Kita di Instagram

2. Maksimalkan Penggunaan Marketplace

Sudah bukan rahasia umum lagi jika saat ini, kita wajib memasarkan produk secara online, salah satunya menggunakan marketplace.

Namun itu saja tidak cukup, kita juga harus memaksimalkan penjualan menggunakan berbagai marketplace yang ada demi menyasar lebih banyak pelanggan.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, kita perlu memilih judul yang pas, menampilkan foto produk yang menarik, memasang iklan, serta memberikan banyak promo untuk meningkatkan awareness produk kita.

3. Optimalkan Media Sosial

Saat ini, melakukan promosi via media sosial sudah hal yang wajib dilakukan.

Tidak hanya promosi, kita juga bisa berjualan langsung di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Berjualan di media sosial bisa membantu kita lebih dekat dengan calon konsumen. Kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menjaring saran dan kritik sebanyak mungkin.

Baca Juga: Catat, Ini 4 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Kuliner

Gunakan saran atau kritik terbanyak, untuk memperbaiki kinerja toko kita. Semakin relevan dan diterima produk kita, maka akan semakin mudah untuk meningkatkan omzet.

Pastikan kita membuat konten media sosial dengan baik dan menarik. Ini karena, konten yang menarik dan unik bisa meningkatkan jumlah impression, engagement, dan followers akun kita.

Hasilnya, toko kita pun semakin terkenal dan bisa meningkatkan omzet penjualan. Untuk memastikan postingan tetap konsisten dan mudah dicari, gunakan juga hashtag atau kata kunci yang sesuai dengan produk yang dijual.

4. Menerima Pembayaran Digital

Di masa sekarang ini, fleksibilitas dalam bertransaksi sangat penting. Artinya, bisnis kita harus bisa menerima pembayaran secara fleksibel dan mengikuti perkembangan zaman.

Tidak hanya melalui perbankan, kita juga perlu menyediakan pembayaran menggunakan dompet digital atau fintech.

Beberapa metode pembayaran yang kerap kali digunakan adalah dengan menggunakan OVO, LinkAja, Gopay, DANA, ShopeePay dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Bikin Bisnis Lebih Untung di Era Pandemi, Lakukan 3 Hal Ini

Semakin banyak opsi pembayaran yang tersedia, maka akan semakin banyak pembeli yang tertarik bertransaksi di toko kita.

Intinya, selalu ikuti perkembangan zaman untuk memaksimalkan kinerja toko dan meningkatkan omzet penjualan. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya