Punya Harga Fantastis, Ini 5 Jenis Makanan Termahal di Dunia

Jumat, 05 Februari 2021 | 11:00
Photo by Alexy Almond from Pexels

Seharga Rumah Mewah, Simak 5 Jenis Makanan Termahal di Dunia

CERDASBELANJA.ID – Ada banyak orang yang memburu makanan termahal di dunia. Ada yang memang sengaja mencari, atau hanya penasaran akan rasanya.

Namun sesuai namanya, berbagai makanan termahal di dunia ini tidak mudah ditemukan dan hanya bisa dibeli di tempat-tempat tertentu saja.

Selain aman, hal ini juga memastikan agar berbagai makanan termahal di dunia ini terjaga keasliannya.

Tidak heran jika ada orang yang rela bepergian hanya untuk merasakan keautentikan bahan-bahan tersebut. Melansir dari Brightside, berikut adalah beberapa makanan termahal di dunia.

Baca Juga: Terlengkap, Ini Daftar 10 Rekomendasi Toko Makanan Korea di Shopee

1. Kopi Luwak

brightside.me
brightside.me

ilustrasi kopi luwak

Kopi luwak sebagian besar diproduksi di Indonesia, Filipina, serta bagian selatan India. Sebagaimana banyak diketahui, Kopi luwak merupakan salah satu kopi termahal di dunia.

Harga kopi luwak pun bervariasi, mulai dari US$250 sampai US$1.200 atau sekitar Rp3,5 juta sampai Rp16,9 juta per kilogram (asumsi kurs Rp14.082).

Adapun salah satu hal yang membuat kopi ini sangat mahal adalah pemrosesannya yang sangat terspesialisasi. Beberapa orang bahkan percaya bahwa bagian pencernaan dan fermentasi dari asam lambung luwak dapat meningkatkan rasa kopi.

2. Kaviar Albino

brightside.me
brightside.me

ilustrasi kaviar putih

Berbeda dengan kaviar biasanya, kaviar albino ini sering kali dijuluki sebagai mutiara putih. Kaviar albino ini dihasilkan dari ikan sturgeon jenis albino yang tergolong langka. Biasanya, ikan besar ini hidup di laut Kaspia.

Adapun kaviar albino ini dibanderol dengan harga US$9.100 atau sekitar Rp128 juta per kilogram.

Harga kaviar ini sangat tinggi karena telur dari sturgeon albino sangat jarang didapat, bahkan dipercaya telurnya hanya bisa didapat ketika ikan ini berusia sekitar 100 tahun.

Baca Juga: Ini 4 Cara Mudah agar Cepat Kaya, Hanya Perlu Hapus Aplikasi

3. Saffron

brightside.me
brightside.me

ilustrasi saffron

Saffron mulai populer belakangan ini. Terkenal dengan harganya yang mahal, saffron dibanderol dengan harga US$400 sampai US$1.000 atau sekitar Rp5,6 juta sampai Rp14 juta per kilogram.

Harganya yang mahal ini dilatarbelakangi karena saffron hanya tumbuh tujuh hari dalam setahun di musim gugur. Saat tumbuh, saffron dikumpulkan dan diproses dengan tangan.

Selain itu, untuk mengumpulkan 1kg saffron, ada sekitar 300.000 bunga yang harus dipetik. Namun demikian, manfaat yang didapat dari mengonsumsi saffron ini akan sepadan dengan harganya.

4. Ayam Cemani

brightside.me
brightside.me

ilustrasi ayam cemani

Siapa tidak kenal ayam cemani? Ayam berwarna hitam legam yang dibesarkan di Indonesia. Ayam ini tidak diekspor ke berbagai negara, karena dikhawatirkan dapat menyebarkan flu burung.

Ayam ini terkenal karena sangat langka dan sulit ditemukan, tidak heran harganya pun beragam. Ayam ini juga dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Mulai dari Rp3 juta sampai dengan ratusan juta. Bahkan di luar negeri harga ayam cemani bisa mencapai ribuan dolar.

Baca Juga: Perencana Keuangan: Ini 3 Kesalahan yang Selalu Dilakukan Orang Kaya

5. Truffle Putih

brightside.me
brightside.me

ilustrasi truffle putih

Ditemukan di wilayah Piedmont di Italia Utara, truffle putih ini hanya akan tumbuh di antara akar pohon tertentu. Inilah yang membuat truffle putih jauh lebih langka daripada jenis truffle lainnya, serta memiliki rasa dan aroma yang sangat kuat.

Truffle ini tidak dapat dibudidayakan dan hanya bisa diperoleh dari alam liar. Satu kilogram truffle putih ini memiliki harga yang sangat bervariasi, yaitu sekitar US$2.100 atau Rp29,6 juta di Eropa.

Tingginya harga truffle ini dikarenakan kondisi spesifik yang dibutuhkan truffle untuk tumbuh, serta metode khusus untuk mengumpulkan dan mengawetkannya. (*)

Editor : Yunus

Sumber : brightside.me

Baca Lainnya