Waspada Fluktuasi, Ini 5 Tips Berinvestasi di Cryptocurrency

Senin, 01 Februari 2021 | 12:00
pexels.com/@worldspectrum

Waspada Fluktuasi, Simak Tips Berinvestasi di Cryptocurrency

CERDASBELANJA.ID - Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dipakai untuk bertransaksi virtual di dalam jaringan internet.

Untuk melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini, terdapat sandi-sandi rahasia yang cukup rumit.

Crypto juga merupakan aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran dengan menggunakan cryptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol penciptaan unit tambahan, serta memverifikasi transfer aset.

Baca Juga: Banyak Diminati, Kenali Apa Itu Cryptocurrency dan Blockchain

Saat ini revolusi cryptocurrency telah tiba. Cryptocurrency menghadirkan peluang besar untuk berinvestasi dan mendapatkan return yang akan mengubah hidup kita.

Apalagi, belakangan ini kinerja cryptocurrency menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

Sebelum berinvestasi, gunakan beberapa tips berikut untuk memasuki pasar, melindungi aset, serta membangun keuangan melalui cryptocurrency.

1. Mulai dari Sekarang

Ada banyak cara untuk mengumpulkan pundi-pundi dari uang saku kita. Siapa bilang investasi harus menunggu kita kaya dulu, apalagi menunggu hari tua.

Berinvestasilah sedini mungkin. Pada akhirnya, peluang tidak datang dengan sendirinya, tetapi kita menciptakannya.

Apa pun kondisi yang ada di sekitar kita, akan menjadi tidak ada artinya jika kita tidak memanfaatkannya dan mengubahnya menjadi sebuah peluang yang dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan di masa yang akan datang.

Baca Juga: Punya Banyak Jenis, Kenali 10 Jenis Mata Uang Cryptocurrency

2. Ketahui Spesifikasinya

Jika ingin membeli suatu produk tentunya membutuhkan spesifikasi barang yang akan dibeli.

Hal ini dilakukan untuk mengukur apakah nilai uang yang akan dikeluarkan sebanding dengan fitur yang ada atau tidak.

Begitu juga dalam hal berinvestasi, jika tidak mengetahui kebutuhan akan sesuatu yang diinginkan di kemudian hari tentunya akan menyebabkan kesalahan dalam penempatan dana yang mungkin saja tidak sesuai dengan fungsinya.

3. Pahami Pasar Aset Crypto

Pelajari pasar atau pasar aset crypto. Temukan informasi sebanyak mungkin agar kita tidak salah langkah. Tidak ada salahnya juga untuk bertanya pada ahli yang mengerti aset crypto.

Ada banyak hal yang bisa kita eksplorasi dari mempelajari pasar Crypto Asset, seperti sentimen yang membuat aset crypto naik atau turun, prediksi harga dan lain-lain.

Selama pandemi ini banyak dibuka kelas online, termasuk membahas investasi online dan bermain crypto. Manfaatkanlah kelas tersebut untuk mempelajari lebih dalam mengenai crypto.

Baca Juga: Sebelum Berinvestasi, Kenali Bagaimana Cara Kerja Cryptocurrency

4. Pelajari Blockchain

Blockchain tidak kalah pentingnya untuk dipahami selain pasar aset kripto. Blockchain adalah database dengan sistem terdesentralisasi.

Di sektor keuangan, sistem blockchain ibarat pencatatan keuangan digital yang dapat diakses oleh semua pengguna.

Hal yang membuatnya berbeda adalah pengguna blockchain tidak memerlukan persetujuan pusat atau pusat atau pihak ketiga.

5. Evaluasi Pencapaian

Setelah berjalan beberapa lama, lakukan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan kita dalam berinvestasi secara realistis dan sesuai dengan kemampuan kita.

Apabila ada hasil yang masih belum sesuai rencana, maka kita bisa mengubah hal tersebut agar hasil ke depannya menjadi semakin baik. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya