Allianz Indonesia Dukung Inisiatif Agar UMKM Bertahan Hadapi Pandemi

Minggu, 31 Januari 2021 | 09:00
DOK. ALLIANZ INDONESIA

Allianz Indonesia bersama Gofood dukung inisiatif Habitat for Humanity untuk UMKM

CERDASBELANJA.ID – Pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir satu tahun memberi dampak signifikan pada Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) di Indonesia.

Padahal selama ini mereka merupakan salah satu pilar penting perekonomian nasional.

Untuk itu, Allianz Indonesia dukung UMKM agar bertahan menghadapi pandemi.

Baca Juga: Selama 2020, Ada Lebih dari 9 Juta UMKM yang Bergabung ke Tokopedia

Kondisi pandemi, di mana anjuran setiap orang agar di rumah saja memicu turunnya tingkat pembelian pada toko fisik pelaku UMKM.

Bahkan dampak terburuknya, memaksa usaha mereka gulung tikar.

Agar bisa bertahan, pelaku UMKM melakukan berbagai upaya, salah satunya mengubah strategi pemasaran yang dulunya offline menjadi online.

Terbukti akhir tahun 2020, Anton Hendranata, Ekonom Senior BRI menyatakan bahwa bisnis pelaku UMKM sudah semakin baik (Sumber: Kompas.com, 4 Desember 2020).

Namun, tidak dapat dimungkiri, belum semua pelaku UMKM memaksimalkan strategi online secara maksimal untuk menjalankan usahanya.

Sehingga dibutuhkan pembekalan keahlian untuk bidang tersebut.

Baca Juga: Digitalisasi, KoinWorks Ungkap 3 Tantangan UMKM dalam Bisnis Digital

Habitat for Humanity Indonesia, organisasi kemanusiaan yang terus menyuarakan bahwa setiap keluarga berhak atas kehidupan yang layak, kembali melakukan terobosan untuk UMKM.

Habitat mengadakan Pelatihan Online Digital Marketing kepada keluarga pelaku UMKM terdampak pandemi, terutama yang belum fasih menggunakan strategi digital.

Anjuran untuk tetap di rumah saja dapat dilihat sebagai kesempatan untuk berinovasi, mengembangkan usaha dan tetap melindungi keluarga,” kata Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia

Allianz Indonesia, melalui Yayasan Allianz Peduli, bersama Gofood ikut mendukung inisiatif yang dilakukan Habitat for Humanity Indonesia.

Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli menyebut, “Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen besar Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli dalam mendukung pemberdayaan ekonomi ke masyarakat luas.”

Inisiatif yang dilakukan melalui serangkaian pelatihan, yang ditujukan kepada kelompok pengusaha agar mampu bertahan menghadapi pandemi Covid-19 dengan menggunakan strategi pemasaran digital.

Baca Juga: Pelaku UMKM Wajib Tahu, Ini Bisnis yang Akan Bergeliat Tahun 2021

“Hal ini tentu sejalan dengan tujuan Allianz Indonesia, untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan, khususnya meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia,” tambah Ni Made Daryanti.

Pelatihan Digital marketing tersebut diikuti sebanyak 100 peserta yang berasal dari DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogya, dan Jawa Timur.

Pendaftaran dan seleksi peserta dilakukan secara online sejak tanggal 1 Desember 2020, dan pelatihan diadakan selama 2 tahap.

Tahap pertama telah dilaksanakan tanggal 26 Januari 2021 kemarin, berupa pelatihan online digital marketing.

Kemudian tanggal 28 Januari 2021 dilanjutkan dengan pembelajaran teknik pemasaran makanan dan minuman melalui mitra GoFood.

Hal ini dilakukan untuk mendukung para peserta mempraktikkan langsung usaha mereka secara online.

Baca Juga: PPKM Jawa-Bali Berlaku, KoinWorks Fokus Mitigasi Risiko Bisnis UMKM

Allianz Indonesia berharap, dukungannya ini bisa membuat UMKM terus bertahan hadapi pandemi. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya