Mau Bisnis Online Laris Manis dan Ramai Konsumen? Terapkan 5 Cara Ini

Senin, 11 Januari 2021 | 09:00
E+

5 Pilihan Bisnis yang Bisa Bikin Kaya Raya, Tekuni dari Sekarang!

CERDASBELANJA.ID - Bisnis online kini kian digandrungi masyarakat terutama di masa pandemi covid-19 ini.

Akibatnya, persaingan dalam bisnis online pun semakin ketat.

Kita pun bertanya-tanya, bagaimana sih caranya supaya bisnis online kita tetap ramai pembeli?

Ternyata, ada tips yang bisa kita lakukanagar bisnis online laris manis dan ramai konsumen. Dilansir dari Kompas.com, simak 5 tips berikut ini, ya!

Baca Juga: Catat, Ini 5 Cara Agar Bisnis Online Berkembang Pesat Saat Pandemi

1. Pelajari target pasar bisnis

Kita harus menentukan target pasar utama atau pembeli produk yang kita jual.

Yang perlu diingat adalah jika kita ingin sukses di dunia bisnis online, maka kita harus memahami dengan baik siapa yang paling tepat menjadi konsumen kita.

Cara ini akan mempermudah kita mencapai target penjualan yang diinginkan.

Pastikan kita mempelajari calon konsumen bisnis dengan baik. Pahami bagaimana perilaku dan kebutuhan konsumsi mereka terhadap produkkita.

2. Bangun reputasi melalui ulasan

Biasanya calon konsumen memiliki kebiasaan membaca ulasan dari pembeli sebelumnya.

Nah, hal itu bisa kita jadikan strategi kita untuk meningkatkan penjualan.

Ulasan konsumen bisa berupa level tingkat kepuasan dengan tanda bintang pada foto/video produk yangkita unggah.

Pastikan kita memberikan kesempatan bagi konsumen untuk memberikan ulasan mereka setelah membeli produk kita.

bisnis onlineBaca Juga: 3 Cara Menghadapi Pelanggan Bisnis Online yang Mudah Dilakukan

3. Permudah sistem pembelian

Konsumen akan jadi malas dan kesal saat berbelanja jika sistem pembelian kita rumit.

Oleh karena itu, pastikan kita menggunakan sistem yang mudah diakses oleh pembeli, mulai dari akses detail informasi, foto, harga produk hingga pilihan pembayaran.

Sebagai contoh, apabila kita berjualan online melalui platform sosial media seperti Facebook dan Instagram, pastikan calon pembeli bisa dengan mudah mendapatkan informasi detail produk, harga, cara pembelian, pembayaran, pilihan kurir pengiriman paket hingga layanan customer service untuk bertanya-tanya.

4. Beri kenyamanan dan garansi

Kepercayaan konsumen merupakan suatu hal yang penting.

Sebagai penjual, kita harus bisa meyakinkan calon pembeli untuk melakukan pembelian produk lagi dan lagi.

Pastikankita menyampaikan keunggulan produk dengan baik, menjaga kualitas atau rasa produk serta berikan layanan maksimal.

Biar lebih maksimal dalam meyakinkan pelanggan, kita bisa memberikan layanan garansi uang kembali atau ganti produk baru.

Baca Juga: Cara Melayani Pelanggan Bisnis Online, Pantang Emosi dan Marah

5. Kreatif dalam promosi

Promosi dalam bisnis online itu sangat penting. Oleh karena itu, cobalah untuk sekreatif mungkin saat promosi produk jualan.

Misalnya, kita bisa menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk kita. Itu karena influencer bisa menjangkau pasar konsumen yang baru dan lebih luas dalam sekejap.

Selain menggunakan jasa influencer, kita juga bisa membuat konten yang menarik sekaligus memberikan informasi tentang produk jualan kita.

Yang perlu diingat adalah lreatif tidak harus mahal, cukup sesuaikan saja dengan bujet promosikita dan lakukan yang terbaik. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya