Pasti Cuan! Coba Investasi Reksa Dana Cuma Rp10 Ribu di Marketplace

Selasa, 05 Januari 2021 | 10:08
pexels.com/@weekendplayer

Pasti Cuan! Coba Investasi Reksa Dana Mulai Rp10 ribu di Marketplace

CERDASBELANJA.ID – Saat ini, istilah investasi sudah mulai familiar di kalangan millenial dan kawula muda. Banyaknya instrumen investasi dengan tawaran menarik, mulai menumbuhkan minat investasi di tengah masyarakat.

Namun, masih banyak yang bingung memilih instrumen investasi yang cocok bagi mereka. Terlebih, untuk masyarakat yang masih awam dengan dunia investasi, serta masyarakat yang memiliki modal minim.

Sebagian dari mereka, takut mengambil risiko akan kehilangan uangnya saat berinvestasi dikarenakan kondisi pasar yang fluktuatif. Sebagian lagi, belum bisa berinvestasi secara rutin karena hanya memiliki modal yang minim.

Baca Juga: Ini Untungnya Investasi Emas di Pegadaian Digital Untuk Pemula

Namun, tidak perlu khawatir. Pasalnya, saat ini sudah ada banyak sekali layanan marketplace yang memungkinkan masyarakat untuk berinvestasi mulai dari Rp 10 ribu saja. Markeplace reksa dana adalah sebuah wadah tersedianya produk-produk reksa dana yang diterbikan oleh Manajer Investasi.

Marketplace reksa dana berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang menjual produk reksa dana. Umumnya, marketplace reksa dana terdaftar dan berizin dari OJK.

Beberapa layanan marketplace yang menyediakan produk reksa dana dengan harga minim adalah sebagai berikut.

1. Bukalapak

Bukalapak memiliki sebuah fitur investasi yang menyediakan berbagai macam produk reksa dana bernama BukaReksa.

Di dalam menyediakan fitur BukaReksa ini, pihak Bukapalak bekerja sama dengan marketplace lain, yaitu PT Bareksa Portal Investasi (Bareksa), PT Star Mercato Capitale (Tanamduit), dan PT Buka Investasi Bersama (BIB) selaku APERD yang telah diawasi oleh OJK.

Untuk dapat mengakses BukaReksa, maka pemlanggan harus memiliki akun Bukalapak.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Kakeibo, Sebuah Teknik Menabung Tradisional ala Jepang

Selain itu, pelanggan juga harus memastikan bahwa alamat e-mail dan nomor handphone sudah terverifikasi di sistem Bukalapak dan APERD.

Dana minimum untuk membeli reksa dana di BukaReksa sangat terjangkau. Dimulai dari Rp 10 ribu saja, kamu sudah bisa berinvestasi dengan aman dan murah.

Tidak hanya itu, Proses pembelian reksa dana di BukaReksa juga dapat dilakukan kapan saja tanpa dikenakan biaya transaksi.

2. Tokopedia

Melalui Tokopedia Reksa Dana, kamu juga bisa memulai investasi hanya dengan Rp 10 ribu saja.

Ada dua produk reksa dana yang bisa kamu pilih, yaitu Syailendra Pasar Uang dan Mandiri Syariah. Kamu juga bisa melakukan pembayaran melalui berbagai metode pembayaran yang tersedia.

Tokopedia Reksa Dana, bekerja sama dengan Syailendra Capital sebagai Manajer Investasi (MI) dan Bareksa sebagai APERD yang telah berpengalaman, serta diawasi oleh OJK.

Baca Juga: Tetap Waspada, Ini Tips Belanja Online yang Aman di Masa Pandemi

3. Bibit

PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) merupakan APERD yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Belakangan ini, Bibit mulai popular karena membidik pasar millenial untuk mulai berinvestasi.

Tentu saja kamu bisa mulai berinvestasi hanya dengan dana sebesar Rp 10 ribu. Pihak Bibit juga mengeklaim seluruh pembelian reksa dana di aplikasi Bibit gratis dari biaya komisi.

Selain itu, Bibit juga memiliki salah satu fitur yang menarik, yaitu Robo Advisor. Robo Advisor merupakan fitur yang memberikan rekomendasi investasi berdasarkan profil risiko investor.

4. Bareksa

Bareksa merupakan marketplace finansial dan investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang telah mendapat lisensi resmi APERD dari OJK sejak tahun 2016.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Bareksa di layanan Google Playstore atau App Store.

Selain berperan sebagai platform jual beli reksa dana online, Bareksa juga menyediakan data market yang komprehensif, berita aktual seputar keuangan, analisis mendalam, serta alat investasi seperti Simulator Bareksa dan Kalkulator Investasi.

Baca Juga: Pemula Wajib Tahu, Kenali Proses Investasi dan Berbagai Risikonya

Selain itu, sebagian besar produk reksa dana yang dijual di Bareksa bebas biaya transaksi. Kamu juga dapat membeli produk reksa dana dari beberapa manajer investasi yang berbeda dalam satu akun.

Keunggulan utamanya, tentu saja modal investasi di Bareksa yang cukup terjangkau. Jika kamu memilik produk reksa dana Syariah, kamu bisa mulai berinvestasi dengan modal Rp 10 ribu saja.

Bareksa juga menyediakan instrumen investasi selain reksa dana, yaitu Surat Berharga Negara (SBN). Apabila tertarik, kamu juga bisa berinvestasi di SBN dengan modal minimal Rp 1 juta. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya