Follow Us

Cara Self Check-in di Aplikasi Lion Air, Tidak Perlu Antre Lagi

Wulan - Senin, 03 Juli 2023 | 09:37
check-in di lion air
instagram.com/lionairgroup

check-in di lion air

CERDASBELANJA.ID – Penumpang Lion Air wajib tahu kalau kini kita sudah bisa melakukan self check-in di aplikasi Lion Air.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, dalam mempermudah proses perjalanan udara, Lion Air Group telah menghadirkan dan menyediakan fasilitas terbaru pada perangkat Mobile Apps.

“Salah satunya, untuk menawarkan kemudahan para calon penumpang saat melakukan pelaporan mandiri (self check-in) sebelum keberangkatan,” ujar Danang dalam keterangannya, dikutip Sabtu (23/7).

Layanan self check-in terbaru ini, memiliki beberapa keunggulan dengan nilai lebih. Di antaranya, penumpang tidak perlu repot-repot lagi melakukan check-in di bandar udara, serta mengurangi kontak dengan keramaian atau mengurangi antrean.

“Dengan demikian, bisa menambah pengalaman sebelum terbang (pre flight) yang akan melakukan penerbangan Lion Air Group,” jelas Danang.

Kita sudah bisa mengunduh aplikasi Lion Air, serta dapat digunakan pada platform OS Android di Google Play Store dan iOS melalui aplikasi Apple Store.

Jika ingin mencoba proses check-in lebih cepat, berikut adalah cara self check-in di aplikasi Lion Air.

  • Buka Mobile Apps Lion Air dan pilih menu Online Check-in.
  • Masukkan kode pemesanan (booking reference number/ PNR) pada tiket yang terdiri atas 6 karakter, yaitu 6 huruf kapital dan nama belakang (last name) atas nama tamu yang akan melakukan penerbangan.
  • Pahami tentang barang bawaan yang memenuhi aspek ketentuan keselamatan penerbangan (apakah tergolong barang berbahaya atau tidak).
  • Pilih “lanjut” (continue) untuk proses check-in, dengan memilih penerbangan dan nama tamu sesuai pada tiket yang akan mengikuti penerbangan (klik untuk memberi tanda centang pada kolom).
  • Proses check-in selesai.
Perlu diperhatikan, layanan mobile check-in dan city check-in, tidak tersedia untuk hal berikut.

  • Para tamu dengan jumlah penumpang dalam satu tiket lebih dari 10 orang (group booking)
  • Para tamu yang membutuhkan bantuan khusus di bandar udara. Misalnya, penumpang dalam kondisi hamil, Unaccompanied Minor (UM), atau anak-anak berusia kurang dari 12 tahun yang bepergian sendiri, membutuhkan kursi roda, stretcher case, atau penanganan khusus lainnya.
  • Kategori bayi di bawah 2 tahun yang tidak menempati tempat duduk.
Itulah cara self check-in di aplikasi Lion Air dan ketentuan layanan self check-in yang perlu dipenuhi, selamat mencoba! (*)

Baca Juga: Daftar Kompensasi yang Bisa Didapat Penumpang Ketika Pesawat Delay, Apa Saja?

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest