Follow Us

PPKM Luar Jawa-Bali Masih Diperpanjang, Banyak Daerah Turun ke Level 1

Wulan - Senin, 17 Januari 2022 | 14:00
Ilustrasi PPKM
Pexels

Ilustrasi PPKM

CERDASBELANJA.ID – Untuk mengendalikan laju kasus Covid-19 di Indonesia, pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kali ini, PPKM luar Jawa-Bali kembali diperpanjang mulai 18 Januari sampai 31 Januari 2022 mendatang.

Mengutip dari Kompas.com, menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, ada peningkatan kabupaten/kota yang berstatus PPKM Level 1, yaitu sebanyak 238 yang sebelumnya tercatat 227.

"Dengan komposisi jumlah kabupaten/kota PPKM level 1 menjadi 238 kabupaten/kota meningkat dari yang lalu 227," kata Airlangga dalam konferensi pers secara virtual terkait Evaluasi PPKM, Minggu (16/1/).

Airlangga mengatakan, kabupaten/kota yang berstatus level 2 menurun menjadi 138 karena beberapa daerah bergeser menjadi level 1.

"Dan dengan PPKM, level 3 tinggal 10 kabupaten kota dan di level 4-nya nol kabupaten kota," ujarnya.

Airlangga mengatakan, perpanjangan PPKM di luar Jawa-Bali ini dilakukan berdasarkan penilaian capaian vaksinasi dosis pertama, yang mana daerah dengan cakupan vaksinasi di bawah 50% akan menerapkan PPKM level yang lebih tinggi.

"Capaian vaksinasi yang dosisnya pertama di bawah 50 persen maka dinaikkan satu level," ucapnya.

Lebih lanjut, Airlangga berpesan agar masyarakat bersiap menghadapi gelombang ketiga Covid-19, menyusul meluasnya penularan varian Omicron di Indonesia.

Baca Juga: Banyak Diminati, KAI Commuter Catat Penjualan Lebih dari 2 Juta Kartu KMT

Airlangga juga meminta, agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Karena puncak dari kasus ini diperkirakan masih akan terus berbasis di berbagai negara dalam 40 hari ke depan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul, "PPKM di Luar Jawa-Bali Diperpanjang, Airlangga Sebut 238 Kabupaten/Kota Level Satu." (*)

Source : Kompas.com

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest