Follow Us

10 Barang yang Harus Disiapkan dalam Emergency kit, Awas Bencana Alam

Wulan - Selasa, 07 Desember 2021 | 13:00
Catat barang apa saja yang harus ada dalam emergency kit
pexels.com/@rogerbrown

Catat barang apa saja yang harus ada dalam emergency kit

CERDASBELANJA.ID – Beberapa hari lalu, bencana alam erupsi Gunung Semeru mengejutkan banyak masyarakat.

Sebagaimana diketahui, Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik yang ditunjukkan dengan terjadinya guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12) pukul 15:20 WIB.

Berdasarkan data terbaru, jumlah korban meninggal dunia akibat letusan Gunung Semeru adalah sebanyak 14 orang. Kemudian, untuk korban luka lainnya sejumlah 21 orang, sehingga total keseluruhan korban luka sebanyak 56 orang.

Mengingat ancaman bencana alam yang bisa datang kapan saja, kita perlu menyiapkan emergency kit untuk berjaga-jaga.

Emergency kit, adalah paket berisi peralatan, persediaan, dan obat-obatan dasar yang disiapkan sebagai bantuan untuk bertahan hidup dalam keadaan darurat.

Meski semua barang terasa penting, tetapi ada 10 barang yang wajib disiapkan dalam emergency kit. Berikut adalah perincian benda yang harus disiapkan dalam emergency kit.

Baca Juga: Cara Membuat Emergency Kit Sederhana, Persiapan Untuk Siaga Bencana

1. Air bersih. Saat terjadi bencana alam, kita akan kesulitan menemukan air bersih. Untuk itu, kita perlu menyiapkan beberapa liter air bersih untuk dikonsumsi, atau kebutuhan lainnya. Setidaknya, kita perlu menyiapkan 3L air per orang untuk membantu bertahan selama 3 hari.

2. Makanan. Siapkan makanan kaleng, atau makanan yang tidak mudah busuk. Mengingat, saat terjadi bencana alam tidak semua bantuan makanan akan langsung datang. Kita perlu menyiapkan setidaknya makanan yang cukup untuk bertahan 3 hari.

3. Obat-obatan. Siapkan beberapa obat yang akan membantu kita saat keadaan darurat. Misalnya seperti obat diare, penghilang rasa sakit, vitamin, serta obat-obatan lain yang dibutuhkan jika kita mengidap penyakit tertentu.

4. Paket pertolongan pertama. Di dalam paket ini, kita bisa mengisi barang-barang penting untuk pertolongan pertama. Misalnya seperti pembalut kasa, termometer, perban steril, plester luka, obat merah, alkohol, salep untuk luka bakar, handuk, pembersih tangan dan sebagainya.

5. Alat penunjang. Siapkan beberapa alat yang bisa membantu kita dalam keadaan darurat. Misalnya seperti korek api, lilin, senter, gunting atau pisau lipat, peluit, baterai ekstra, atau radio yang dioperasikan dengan baterai, jas hujan dan sebagainya.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest