Follow Us

Cara Hemat Listrik Saat Pakai AC di Rumah, Cuma 4 Langkah Saja

Wulan - Kamis, 18 Februari 2021 | 14:00
Cara Menghemat Listrik dengan Penggunaan AC di Rumah, Wajib Dicoba
https://www.maxpixel.net/

Cara Menghemat Listrik dengan Penggunaan AC di Rumah, Wajib Dicoba

CERDASBELANJA.ID – Penggunaan pendingin ruangan atau air conditioner (AC) kini sudah banyak digunakan di rumah pribadi.

Di beberapa kota yang memiliki cuaca panas menyengat, penggunaan AC sudah sangat lumrah dilakukan.

Namun tingginya penggunaan AC bisa membuat tagihan listrik jadi jebol. Untuk itu diperlukan langkah khusus untuk bisa tetap hemat listrik meskipun menggunakan AC.

Mengutip dari Shopee, beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghemat tagihan listrik, dengan penggunaan AC di rumah adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 4 Cara Menghemat Listrik agar Tagihan Tak Membengkak, Ini Tipsnya!

1. Gunakan AC Pada Ruangan Tertutup

Cara pertama untuk menghemat tagihan listrik, adalah dengan menyalakan AC di dalam ruangan tertutup. Misalnya di dalam kamar dengan pintu dan jendela tertutup.

Pasalnya, sirkulasi udara pada sebuah ruangan ber-AC akan mempengaruhi kekuatan AC. Apabila AC menyala pada ruangan terbuka, ini akan membuat sensor suhu tidak stabil dan cenderung terus mengeluarkan energi lebih.

Hal ini juga akan mengakibatkan suhu di ruangan tersebut tidak cepat dingin, karena sirkulasi udara terbuang ke ruangan lain sehingga kinerja AC menjadi tidak efisien.

2. Atur Derajat Suhu

Cara selanjutnya, adalah dengan memperhatikan pengaturan suhu. Beberapa jenis AC memiliki minimal suhu pada kisaran 16ºC.

Pengaturan suhu pada angka minimal temperatur, tidak disarankan untuk jangka lama. Ini karena pada pengaturan suhu minimal, kompresor pada AC akan bekerja terus-menerus tanpa henti yang mengakibatkan tagihan listrik semakin membengkak.

Source : Shopee

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest