CERDASBELANJA.ID - Ayam Gepuk Pak Gembus sukses menjadi salah satu bisnis dengan angka penjualan tertinggi di ShopeeFood selama Ramadan 2022.
Berkaca pada kesuksesan kampanyenya saat Ramadan tahun lalu, Ayam Gepuk Pak Gembus membeberkan beberapa strategi jitu untuk membantu pelaku usaha kuliner mempersiapkan bisnis mereka dalam menyambut bulan Ramadan2023.
Sobat Cerdas yang ingin mengikuti jejak Ayam Gepuk Pak Gembus, bisa tangkappeluang bisnis dengan hadirkan menu spesial Ramadan.
Bulan suci Ramadan umumnya identik dengan tradisi buka bersama dengan keluarga maupun kerabat terdekat.
Tradisi Ramadan tersebut bisa menjadi peluang bisnis tersendiri bagi para pelaku usaha kuliner.
“Sambut bulan suci Ramadan dengan menghadirkan menu spesial Ramadan yang berisi paket makanan lengkap untuk dua orang atau lebih. Paket spesial Ramadan bisa menarik minat konsumen untuk melakukan lebih banyak transaksi. Pastikan juga untuk menggunakan foto menu produk yang menarik di aplikasi untuk mendorong minat konsumen melakukan pembelian,” ungkap MariaBarmono, Direktur Operasional Ayam Gepuk Pak Gembus.
Nah, beikut tips jualan saat Ramadan dari Ayam Gepuk Pak Gembus.
1.Hadirkan promo spesial dan manfaatkan media sosial
Maksimalkan strategi penjualan di bulan Ramadan dengan menghadirkan promo.
Lalu, gunakan media sosial untuk menginformasikan seputar promo yang sedang berlangsung di restoran kamu.
Promo juga bisa menjadi salah satu cara untuk membangun loyalitas konsumen.
Baca Juga: Ini Strategi dan Ide Jualan Saat Puasa Ramadan Dari Tokopedia, Bisa Laris Manis
Apabila konsumen merasa puas, tak menutup kemungkinan jika mereka melakukan pemesanan kembali meskipun sedang tidak ada promo.
“Untuk meningkatkan transaksi, Ayam Gepuk Pak Gembus selalu aktif mengikuti kampanye di ShopeeFood, seperti kampanye Tanggal Kembar, Pay Day, Menu Diskon, dan masih banyak lagi. Mengaktifkan promo di ShopeeFood juga sangat mudah, karena pelaku bisnis bisa segera mengatur ketentuan promonya langsung dari aplikasi Shopee Partner. Setelah mengaktifkan promo, kami biasanya akan menginformasikan promo-promo tersebut di media sosial untuk semakin menarik minat pelanggan,” Maria menambahkan.
2.Sesuaikan jam operasional bisnis dengan kebutuhan konsumen
Tak bisa dipungkiri bahwa bulan suci Ramadan turut mengubah jam aktivitas masyarakat, khususnya mereka yang menjalankan ibadah puasa.
Para pelaku bisnis tentunya harus bisa menjadi lebih adaptif dalam menyesuaikan kebutuhan konsumen tersebut.
“Saat Ramadan, jam sibuk restoran tentunya mengalami perubahan. Untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan, kami juga menambah jumlah karyawan cadangan sehingga Ayam Gepuk Pak Gembus bisa tetap buka selama jam sahur,"ungkap Maria.
"Oleh karena itu, kami merasa sangat terbantu dengan fitur perubahan jadwal operasional yang ada di ShopeeFood. Melalui fitur tersebut, kami bisa dengan mudah mengatur jam operasional resto kami, sehingga kami bisa menjaga kualitas layanan kami,” lanjutnya.
Para pelaku UMKM lainnya yang juga ingin mengikuti jejak kesuksesan Ayam Gepuk Pak Gembus juga dapat dengan mudah mendaftar sebagai merchant ShopeeFood dan ShopeePay.
Bisa dilakukan melalui fitur Registrasi Mandiri di aplikasi Shopee Partner hanya dalam satu hingga lima hari kerja.
Melalui aplikasi Shopee Partner, pelaku usaha juga dapat mengakses berbagai fitur untuk mendukung operasional harian usaha mereka, seperti pembaruan transaksi secara instan, pengaturan jam operasional toko, serta mengubah dan menambah menu dengan mudah.
Kamu juga bisa langsung unduh aplikasi Shopee Partner melalui Google Play.
Jadi, itulah tips jualan Ramadan Sukses ala Ayam Gepuk Pak Gembus. (*)