Tokopedia Ungkap Fakta Terkait Pembelian Genteng Senilai Rp28,7 Juta, Apa Saja?

Kamis, 02 Maret 2023 | 05:05
DOK. TOKOPEDIA

Cara mengirim paket besar di Tokopedia.

CERDASBELANJA.ID – Masih ingat kasus pembelian genteng senilai Rp28,7 juta di marketplace? Tokopedia akhirnya mengungkapkan fakta dari hasil investigasi mereka.

Dalam pesan singkat yang diterima cerdasbelanja, Selasa (28/2), Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia mengungkap fakta terkait pembelian genteng senilai Rp28,7 juta.

Jadi, dari perkembangan hasil investigasi yang dilakukan per tanggal 28 Februari 2023 terkait kasus pembelian genteng yang dilakukan Anita Feng di Tokopedia, Ekhel mencoba ungkap faktanya.

“Ibu Anita melakukan pembelian genteng senilai Rp28,7 juta pada 14 Februari 2023 menggunakan pengiriman same-day dengan motor,” kata Ekhel.

Ekhel melanjutkan, bahwa saat itu pesanan Ibu Anita sudah terselesaikan secara otomatis.

Hal ini terjadi karena sampai batas waktu konfirmasi penerimaan pesanan berakhir, yaitu 2x24 jam setelah pesanan diterima, Ibu Anita tidak mengajukan komplain.

Setelah berkoordinasi dengan tim terkait, Tokopedia tidak menemukan adanya kesalahan sistem.

“Dari proses investigasi, ditemukan informasi bahwa penjual akan melakukan pengiriman dengan kurir yang tidak seharusnya, atau kurir yang tidak terhubung dengan sistem Tokopedia,” ungkap Ekhel.

Sementara itu, masih berhubungan dengan kasus ini, Tokopedia juga telah memoderasi atau menonaktifkan toko terkait secara permanen.

Karena dianggap melanggar syarat dan ketentuan, seperti memfasilitasi pengiriman di luar sistem Tokopedia.

“Kami sudah berusaha membuka komunikasi dengan pihak pembeli dan menyarankan untuk melaporkan kasus ini ke polisi, di mana pihak Tokopedia akan kooperatif dan mendukung proses pelaporan tersebut,” tambah Ekhel.

Baca Juga: Halo Seller, Tokopedia Ungkap Cara Memaksimalkan Toko Online dan Kenali Tipe Pengguna E-Commerce: Konsumen Mulai Pintar!

Sayangnya, sampai saat ini, “Ibu Anita belum merespon saran kami dengan baik dan tidak melakukan pelaporan kepada pihak kepolisian.”

Sebelumnya, melalui unggahan di laman LinkedIn, pembeli bernama Anita Feng tak menerima barang berupa genteng yang dibeli di Tokopedia senilai Rp28,7 juta.

Sementara menurut Anita Feng, uang sudah tertransfer ke penjual di Tokopedia.

Dalam kronologi yang ditulis Anita Feng di LinkedIn terkait transaksinya di Tokopedia dengan judul “Uang Rp28.700.000,- HILANG DI TRANSAKSI TOKOPEDIA”.

Menurut Anita, tanggal 14 Februari 2023 dia order 2870 genteng senilai Rp28.700.000.

Tanggal 15 Februari dicheck, status sudah tiba, tapi dia belum terima, hingga akhirnya bikin report complaint barang belum terima.

Tanggal 16 Februari, barang belum tiba, status masih pesanan dicomplaint.

“Tanggal 17 Februari, tiba-tiba statusnya di tanggal 16 Februari jam 7 malam, complaint yang tidak pernah kami lepas, bisa release sendiri, dan uang tertransfer ke penjual,” tulis Anita Feng.

Saat dilihat pada Kamis (23/2), postingan itu sudah mendapat 1.529 respons dan 865 komentar.

Itulah fakta yang diungkap Tokopedia terkait kasus pembelian genteng senilai Rp28,7 juta. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya