Halo Seller, Tokopedia Ungkap Cara Memaksimalkan Toko Online dan Kenali Tipe Pengguna E-Commerce: Konsumen Mulai Pintar!

Minggu, 26 Februari 2023 | 20:26

Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Kabar bagus buat seller toko online nih, karena Tokopedia baru saja mengungkap cara memaksimalkan toko online kita.

Jelang Ramadan 2023, seller rasanya memang perlu tahu cara memaksimalkan toko online, termasuk di Tokopedia.

Tujuannya agar saat momen belanja Ramadan 2023 nanti seller bisa merebut perhatian pengguna dengan cara memaksimalkan toko online-nya.

Saat pemaparan Tren Belanja Ramadan di Bale Nusa, Jakarta, Kamis (23/2), Edwin Chayadi, Vice President of Marketing Solutions Tokopedia menyebut ada 3 hal penting untuk memaksimalkan toko online untuk jualan.

“Sebenarnya tips banyak, tapi dimulai yang paling basic saja dulu, yaitu dengan 3P atau product, price, dan promotion,” kata Edwin kepada cerdasbelanja.

Menurut Edwin, untuk menjajakan produk di toko online, kita harus pintar menampilkannya dengan lebih baik.

Misalnya deskripsi produk harus lengkap, foto produk pun digarap profesional, bukan asal-asalan, sehingga calon pembeli tertarik untuk melihat.

Sementara soal price alias harga, sebagai penjual harus bisa menentukan harga yang tepat dengan melakukan riset terlebih dahulu.

“Soalnya banyak konsumen mulai pintar, mereka compare harga dari satu produk ke produk lain, atau bandingkan brand lain,” ungkap Edwin.

Sedangkan promosi produk juga harus bisa diusahakan menjangkau banyak pengguna, sehingga orang tahu apa yang kita jual.

“Cara menjangkaunya juga pakai cara yang lebih kreatif, menarik, sehingga promonya tampak lebih bagus dari toko lain,” tukas Edwin.

Baca Juga: Jelang Ramadan 2023, Tokopedia Ungkap Tren Belanja Ramadan dan Programnya, Seller Mesti Tahu Nih!

Sementara di sisi lain, berdasarkan data internal Tokopedia, Edwin menyebut beberapa tipe pengguna e-commerce.

Pertama adalah Undecided Customer, adalah pengguna yang saat membuka aplikasi namun belum berniat membeli.

Sedangkan tipe kedua adalah Prospective Customer, adalah pengguna yang sudah bika aplikasi untuk membeli sesuatu, tapi masih punya pertimbangan.

“Biasanya dipengaruhi oleh promosi yang dilihat, merek, dan waktu berbelanja mereka,” kata Edwin.

Lalu tipe pengguna ketiga adalah Loyal Customer, yaitu seorang yang membuka aplikasi dan telah memutuskan bertransaksi.

Dan yang terakhir, Impulsive Customer. Kata Edwin, “Biasanya pengguna seperti ini buka aplikasi e-commerce setelah lihat iklan produknya di media sosial atau platform lain.”

Nah, dengan mengenali tipe pengguna, itu bisa jadi salah satu cara kita memaksimalkan toko online, terutama menjelang Ramadan 2023 ini. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya