Kenalan dengan Bisnis Initial Coffee Roaster, Fokus Dongkrak Belanja Pencinta Specialty Coffee

Minggu, 13 November 2022 | 11:00
Rahma/Cerdas Belanja

Coba belanja Initial Coffee Roaster di Tokopedia, lebih mudah!

CERDASBELANJA.ID – Pencinta belanja kopi wajib tahu kalau kini kita sudah bisa beli produk specialty coffee dengan mudah secara online.

Dengan demikian, kita berkesempatan belanja produk specialty coffee dengan lebih murah dan mudah tanpa perlu keluar rumah.

Jika ingin coba belanja produk specialty coffee, kita bisa membelinya dari salah satu UMKM roastery coffee, yakni Initial Coffee Roaster.

Bagi konsumen yang belum tahu, specialty coffee adalah kopi dengan kualitas yang baik, mulai dari segi kualitas, rasa, sampai aroma. Kualitas ini, dinilai oleh seorang Q Grader bersertifikat dengan standar ukur cupping test.

Pemilik Usaha Initial Coffee Roaster Ivan Hartanto menjelaskan, Initial Coffee Roaster didirikan pada tahun 2014 untuk memenuhi demand atau desire original coffee.

Ivan menjelaskan, pihaknya ingin membuat specialty coffee bisa dinikmati lebih banyak orang, bukan hanya segelintir orang saja.

Berjalan sampai saat ini, Initial Coffee Roaster akhirnya bisa memproses kopi sendiri dengan bekerja sama dan memberdayakan 750-1.000 petani kopi lokal di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh, Jawa, hingga Papua.

“Tantangan industri kopi saat ini bukan hanya dari nasional saja, tetapi juga dari Vietnam, Thailand, Singapura, sampai Malaysia itu sudah masuk ke semua industri kopinya ke Indonesia,” jelas Ivan beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Ivan berkomitmen untuk terus mengembangkan bisnis dan karyawannya agar siap bersaing dengan produk luar negeri. Salah satu cara yang dilakukan Ivan, adalah dengan membuka Coffee Academy.

“Melalui program ini, kami tidak hanya membuka pelatihan bagi masyarakat umum yang ingin belajar tentang kopi, tetapi juga bagi mereka yang ingin menjadi barista. Sejauh ini sudah ada lebih dari 300 orang yang belajar di Premium Coffee Academy kami,” jelas Ivan.

Ivan melanjutkan, salah satu alasan dirinya memilih fokus pada produk specialty coffee, adalah karena harga specialty coffee ini bisa 3x-4x lipat lebih tinggi dari harga komersial kopi.

Baca Juga: Kenali UMKM Initial Coffee Roaster, Permudah Belanja Kopi Online Lewat Tokopedia

Pengembangan produk ini, dilakukan agar Initial Coffee Roaster bisa memberdayakan para petani lokal.

Ivan menambahkan, “Kami juga ada proses cupping, jadi nanti kami coba sendiri dari grading sampai serving coffee. Jadi 80% penghasilan itu kembali lagi ke petani, bahkan dari harga kopi sekarang sejak 2018 sampai 2022 ini sudah naik 3 kali lipat.”

Tentunya mengembangkan bisnis specialty coffee juga dipenuhi dengan tantangan tersendiri. Menurut Ivan, tantangan yang cukup jelas adalah bagaimana cara agar pihaknya bisa membentuk sebuah kolaborasi end-to-end.

Pasalnya, kata Ivan, tanpa transparansi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, industri kopi lokal bisa kalah bersaing dengan industri kopi lainnya.

Untuk itu, saat ini Ivan berfokus untuk mengedukasi lebih banyak orang dan membuat specialty coffee bisa dinikmati lebih banyak orang, kapan dan di mana saja tanpa harus ke coffee shop.

“Injtial coffee sendiri, pada tahun 2020 lalu sudah mengubah tagline jadi ‘Think Outside the Cup.’ Jadi, bagaimana caranya kita tidak perlu lagi berlomba membuat cup yang paling mahal, tetapi bagaimana supaya cup-nya bisa dinikmati semua orang, tentu banyak tantangan di situ,” kata Ivan.

Salah satu upaya yang dilakukan Ivan untuk memperkenalkan produknya ke lebih banyak orang, adalah dengan menjual secara online.

Sejak bergabung ke marketplace, penjualan produk kopi milik Ivan pun meningkat hampir 1,5 kali lipat, dengan produk yang paling banyak dibeli adalah produk home brewer.

Kali ini, Initial Coffee Roaster juga giat berinovasi dengan meluncurkan produk terbarunya, yakni kopi celup.

Kehadiran produk tersebut, berangkat dari keinginan Initial Coffee untuk terus relevan dengan kebutuhan masyarakat, terutama yang ingin menikmati kopi secara lebih praktis atau tidak memerlukan peralatan khusus.

“Kami ingin kopi lokal berkualitas tinggi menjadi produk yang inklusif, bisa dinikmati oleh siapa saja, di mana saja dan kapan saja.” jelas Ivan.

Baca Juga: Cara Membersihkan Noda Kopi di Gelas Keramik, Bersih Seperti Belanja Baru

Rahma Wulan/Cerdas Belanja
Rahma Wulan M. A.

Produk Initial Coffee Roaster

Selain mengembangkan produk baru, Ivan juga menerapkan beberapa cara mengatur keuangan bisnisnya agar tetap stabil.

Hal utama yang dilakukan Ivan, adalah dengan merapikan stok produk sesuai stock keeping unit (SKU).

“Jadi jangan cuma memastikan punya stok kopi sekian banyak. Selain itu, packaging kopi kan ada banyak kriterianya, itu juga benar-benar harus dihitung agar bisa waste, usahakan juga jangan sampai salah printing,” kata Ivan.

Selain memastikan kesejahteraan petani, Ivan juga memastikan kesejahteraan pegawainya agar tetap setara.

Menurutnya, separuh pegawai yang ada di Initial Coffee Roaster adalah perempuan. Untuk terus memberdayakan perempuan, Ivan juga berupaya untuk mencari koperasi petani perempuan.

“Mulai dari barista sampai manajemen ada yang perempuan jadi semuanya setara,” tutup Ivan. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya