CERDASBELANJA.ID – Beberapa waktu lalu, Tokopedia baru saja meresmikan gudang pintar Dilayani Tokopedia Jawa Timur untuk mempermudah pengalaman belanja konsumen.
Lewat gudang pintar Dilayani Tokopedia, konsumen bisa dengan mudah belanja produk UMKM dari seluruh Indonesia dengan biaya lebih murah.
Selain itu, gudang pintar Dilayani Tokopedia juga menawarkan beragam keuntungan yang bisa dirasakan merchant UMKM dan konsumen.
Sebagai informasi, Dilayani Tokopedia adalah gudang pintar penyedia layanan pemenuhan kebutuhan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi.
Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni menjelaskan, ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan merchant saat menitipkan produknya di gudang pintar Dilayani Tokopedia, yakni sebagai berikut.
1. Mempermudah Operasional Bisnis
Gudang pintar Dilayani Tokopedia bisa menjadi solusi bagi operasional bisnis pemilik usaha UMKM.
Pasalnya, Dilayani Tokopedia menawarkan layanan praktis mulai dari penerimaan, pengemasan, dan pengiriman barang akan diatur oleh pihak Tokopedia.
“Tidak hanya itu, Dilayani Tokopedia juga membantu meng-handle komplain pelanggan,” ujar Astri di Surabaya beberapa waktu lalu.
AVP of Fulfillment Business Development Tokopedia Samuel Simanjuntak menambahkan, lewat Dilayani Tokopedia penjual juga tidak perlu bingung memikirkan biaya investasi gudang.
2. Hemat Biaya
Menurut Astri, penjual bisa lebih hemat biaya karena Tokopedia menawarkan biaya layanan gratis selama 30 hari pertama.
Dengan demikian, pemilik usaha bisa mempertimbangkan dulu Apakah pelayanan gudang pintar ini menguntungkan atau tidak.
Jika memutuskan untuk melanjutkan layanan, biayanya akan disesuaikan dengan rasio jenis barang dan jangka waktu penyimpanan.
Baca Juga: Kenali Apa Itu Dilayani Tokopedia, Gudang Pintar untuk Permudah Belanja
Adapun untuk penyimpanan produk fast moving, biasanya dikenakan biaya lebih murah dibandingkan dengan produk yang memang lama perputarannya. Pasalnya, pasti jangka waktu penyewaannya lebih lama.
Penjual juga bebas menitipkan berapa banyak barang dalam periode kontrak. Selama kapasitas gudang masih memadai, maka tidak ada batasan maksimal untuk menitipkan barang.
“Kalau untuk kisaran harganya, biaya penitipannya saja itu Rp750 untuk jangka waktu 60 sampai 90 hari, di atas 90 hari itu Rp2.000,” tutup Astri.
3. Jaminan Kepuasan Pelanggan
Samuel menjelaskan, pelanggan yang berbelanja lewat Dilayani Tokopedia dijamin puas karena pengalaman belanja yang mudah dan menguntungkan.
“Mulai dari order sampai delivery-nya kami pastikan sampai ke tangan pelanggan, sesuai dengan janji. Jadi, penjual tidak perlu pusing atau khawatir kalau produknya tidak sampai ke tangan pelanggan,” jelas Samuel.
Kemudian, Tokopedia juga memberikan banyak promo untuk memperkenalkan layanan Dilayani Tokopedia kepada pelanggan.
Salah satu promo yang disiapkan, adalah ongkos kirim Rp0 dengan waktu maksimal pengantaran 4 jam di dalam kota yang sama, dan maksimal 48 jam di luar kota.
4. Bisa Pantau Penjualan
Samuel menjelaskan, Dilayani Tokopedia menyediakan dashboard dan data penjualan produk yang dititipkan.
Dengan demikian, pemilik usaha bisa melihat produk mana saja yang paling laris, serta daerah mana saja yang paling banyak membeli produk usaha mereka.
“Jadi, potensi UMKM untuk bertumbuh menjadi lebih besar lagi karena bisa mendapatkan eksposur tambahan dari Dilayani Tokopedia,” tutup Samuel. (*)