Viral Kurir Bawa Kabur Paket Pelanggan Tokopedia, Apakah Ada Asuransi Belanja?

Kamis, 13 Oktober 2022 | 14:00
Photo by Norma Mortenson/PEXELS

Viral kurir bawa kabur paket pembeli yang belanja di Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Baru-baru ini viral sebuah twit kurir bawa kabur paket pelanggan dari platform belanja online Tokopedia.

Dalam twit tersebut, diketahui seorang pelanggan mengalami hal sial karena kurir membawa kabur paket belanja miliknya dari Tokopedia.

Kejadian kurir bawa kabur paket pelanggan dari platform belanja online ini memang tengah marak belakangan.

"Kejadian di gua juga total 5 Laptop dibawa kabur sama kurir," tulis pemilik akun @russelhaviz yang merupakan pembeli.

Dilansir dari Kompas.com, yang bersangkutan bisa kehilangan 5 laptop lantaran melakukan pemesanan lebih dari sekali.

Kejadian pertama terjadi pada 1 Agustus 2022, yang saat itu memesan 2 laptop dari Tokopedia.

Kedua laptop itu dibeli dari toko yang sama, namun karena alasan tertentu, pengiriman dipisah.

"Waktu kurir ojek online yang pertama awalnya normal karena dia sempet dateng ke lokasi pengiriman tapi tiba-tina diselesain sama kurirnya dengan penerima yang gajelas bin ngasal," jelasnya.

Pembeli tersebut kemudian langsung ke Tokopedia untuk menjelaskan kronologi yang terjadi.

Tapi sayangnya, kejadian kurang mengenakan itu kembali terulang pada pengiriman untuk laptop keduanya.

Pembeli mengaku sempat mendapatkan identitas pelaku kurir tersebut oleh pihak toko tempatnya membeli laptop.

Baca Juga: Kerja Sama dengan Pemerintah, Ini Upaya Tokopedia Dukung UMKM Lokal

Namun setelah dicek, ternyata salah satu KTP (Kartu Tanda Penduduk) milik kurir tersebut tidak valid.

"Setelah gua cek informasi salah satu kurirnya yaitu KTP kaya gak valid beneran orang tersebut, karena gua cek di sosmed ngga mirip sama foto pelaku," ujarnya.

Selanjutnya, pembeli melakukan proses klaim asuransi sebagaimana yang diinformasikan oleh pihak Tokopedia.

"Estimasi waktunya maksimal 14 hari kerja, tapi sampai saat ini belum ada dana yang kembali.” ujar pembeli tersebut.

Nahasnya, kejadian kurir membawa kabur paket itu kembali menimpa pengunggah pada 6 Oktober 2022.

Kali ini, pembeli harus kehilangan 3 unit laptop yang dibawa kabur oleh kurir saat belanja di e-commerce yang sama.

Pembeli cukup beruntung karena dirinya menggunakan asuransi untuk paket yang dibelinya.

Namun, di saat yang bersamaan, pembeli juga menyayangkan proses klaim dari Tokopedia yang terkesan terbelit-belit.

Terbaru, pada 10 Oktober 2022 lalu, pengunggah mengaku telah mendapat pengembalian limit ke kartu kredit miliknya untuk 3 transaksi tersebut.

"Namun di CC belum kembali (pihak Bank) dan diminta cek berkala maksimal hingga 28 Oktober," ujarnya.

Sementara itu, Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan bahwa pihaknya terus berkoordinasi untuk melakukan investigasi.

Baca Juga: Cara Belanja Pakai Gopaylater di Tokopedia, Bisa Bayar Akhir Bulan

"Kami pun terus berkomunikasi secara transparan dengan pengguna perihal proses maupun hasil investigasi," ujar Ekhel.

Tak hanya itu, Ekhel juga menjamin keamanan berbelanja di Tokopedia dengan memberikan inisiatif berupa sistem rekening bersama dalam bertransaksi.

"Sistem ini (rekening bersama) membuat dana hanya akan diteruskan ke penjual saat pembeli menerima barang sesuai pesanan," jelas Ekhel.

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Viral, Twit Kurir Bawa Kabur Paket Pelanggan, Ini Kata Tokopedia".(*)

Editor : Presi

Baca Lainnya