Tren Belanja di Tokopedia Selama Kuartal III, Produk Apa yang Paling Laku?

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 18:00
Dok. Tokopedia

Catat tren belanja di Tokopedia selama kuartal III

CERDASBELANJA.ID – Sejalan dengan keadaan yang mulai membaik dan pembukaan berbagai aktivitas luar ruangan, tren belanja masyarakat pun turut meningkat.

Adanya peningkatan tren belanja masyarakat ini, terlihat dari data internal di Tokopedia.

“Tokopedia mencatat kategori Rumah Tangga, Makanan dan Minuman (Makmin), serta Kesehatan menjadi beberapa kategori paling dicari masyarakat Indonesia selama kuartal III 2022,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz dalam keterangannya, dikutip Sabtu (1/10).

Pada kategori Rumah Tangga, produk benih/bibit tanaman, keran air, dan pupuk menjadi sejumlah produk yang paling banyak diburu.

Sementara itu, di kategori Makmin, produk mi instan, susu bubuk, serta biskuit dan wafer adalah produk yang paling sering dibeli.

Di kategori Kesehatan, produk masker, obat herbal, dan vitamin menjadi beberapa produk yang paling laris.

Tokopedia juga masih menggencarkan inisiatif dengan pendekatan Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging, untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.

Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga mencatat beberapa tren pada kuartal III 2022 dibanding periode yang sama di 2021, yakni sebagai berikut.

Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi, yakni Banyuasin (Sumatra Selatan), Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat), dan Balikpapan (Kalimantan Timur),

Wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi, adalah Muaro Jambi (Jambi), Jenepoto (Sulawesi Selatan), dan Mappi (Papua Selatan).

Di sisi lain, Tokopedia melalui Tokopedia Salam terus berupaya menghadirkan ekosistem untuk memenuhi kebutuhan market syariah, dengan menghadirkan produk, fitur, dan layanan yang baik dan amanah.

Baca Juga: Rekomendasi Skincare dari Sukin untuk Kulit Kusam, Belanja di Shopee dan Tokopedia

Purworejo (Jawa Tengah), Tulungagung (Jawa Tengah), dan Kotawaringin Barat (Kalimantan Barat) merupakan beberapa daerah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Tokopedia Salam.

Masih berkaitan dengan Tokopedia Salam, pada subkategori Fesyen Muslim, beberapa produk yang paling diburu masyarakat mencakup hijab segi empat, baju koko pria, gamis wanita, manset dan hijab instan.

Sementara itu, di subkategori Perlengkapan Ibadah, produk mukena, tasbih, sajadah, baju ihram dan sarung menjadi sejumlah produk yang paling laku.

“Fitur pembayaran zakat, wakaf dan donasi menjadi beberapa fitur yang paling banyak digunakan masyarakat lewat Tokopedia Salam sepanjang kuartal III 2022,” tutup Rizky Juanita Azuz. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya