5 Keunggulan Bank Digital, Transfer Uang Sampai Belanja Cukup Lewat HP

Sabtu, 24 September 2022 | 20:00
pexels.com/@ivan-samkov

Intip apa saja keunggulan bank digital, bisa belanja lebih hemat.

CERDASBELANJA.ID – Layanan bank digital belakangan ini semakin marak digunakan karena punya banyak keunggulanuntuk mempermudah belanja.

Keunggulan bank digital yang utama adalah transaksinya yang memanfaatkan layanan online, sehingga bisa dengan mudah diakses internet bahkan bisa juga untuk belanja.

Tidak hanya itu, keunggulan bank digital lainnya adalah transaksi perbankan bisa dilakukan dengan cepat, sehingga menghemat waktu dan lebih untung saat belanja.

Namun, sebelum mengetahui keunggulan lain dari bank digital, kita perlu mengenali dulu apa itu bank digital.

Layanan perbankan digital adalah layanan bagi nasabah bank untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, dan melakukan transaksi perbankan melalui media elektronik.

Layanan ini dikembangkan dengan mengoptimalkan pemanfaatan data nasabah, dalam rangka melayani nasabah secara lebih cepat, mudah, dan sesuai dengan kebutuhan (customer experience), serta dapat dilakukan secara mandiri sepenuhnya oleh nasabah dengan memperhatikan aspek pengamanan.

Dengan demikian, bank digital memungkinkan calon nasabah dan/atau nasabah bank melakukan transaksi seperti registrasi, pembukaan rekening, transaksi perbankan (tarik tunai, transfer, dan pembayaran), serta penutupan rekening secara daring.

Selain itu, nasabah juga bisa memperoleh informasi lain dan transaksi di luar produk perbankan. Misalnya seperti nasihat keuangan (financial advisory), investasi, transaksi sistem perdagangan berbasis elektronik (e-commerce), dan kebutuhan lainnya dari nasabah bank.

Jika tertarik menggunakan bank digital, simak beberapa keunggulan bank digital yang bisa dirasakan nasabah.

1. Layanan 24 Jam

Keunggulan bank digital yang pertama, adalah menawarkan layanan 24 jam selama 7 hari penuh, sehingga nasabah bisa dengan mudah berkonsultasi dengan pihak bank jika menemukan kendala.

Kita juga bisa melakukan transaksi perbankan seperti transfer uang, belanja, buka rekening, blokir ATM, deposito, investasi, dan sebagainya hanya melalui aplikasi ponsel.

Meski demikian, kita juga perlu aktif membaca pemberitahuan dari pihak bank terkait gangguan layanan yang memungkinkan aplikasi tidak bisa digunakan. Kita juga perlu menjaga keamanan bank digital agar tidak rentan dibobol orang lain, atau terserang phishing.

Baca Juga: Simak Apa Saja Layanan Bank Digital yang Bisa Diakses Online, Belanja Jadi Praktis

2. Efisien

Layanan bank digital juga lebih efisien karena tidak membutuhkan pertemuan fisik ke cabang bank terdekat.

Semua transaksi bisa dilakukan secara online, sehingga nasabah bisa menghemat waktu ke bank dan tidak perlu antre lama.

Nasabah juga bisa bebas bertanya pada customer service yang sebagian besar hadir selama 24 jam.

3. Bebas Biaya Admin

Meskipun tidak semua bank digital menerapkan hal yang sama, tetapi banyak juga bank digital yang membebaskan biaya administrasi bulanan kepada nasabah.

Dengan demikian, nasabah tidak perlu takut boros karena tidak akan dikenakan biaya transaksi bulanan.

Beberapa bank digital, bahkan menawarkan suku bunga tabungan yang cukup tinggi, sehingga nasabah bisa menabung dengan lebih untung.

4. Banyak Promo

Transaksi lewat bank digital lebih mudah karena ada banyak promo yang ditawarkan kepada nasabah.

Mulai dari potongan harga, cashback, diskon member bank, dan beragam penawaran menarik lainnya yang bisa digunakan untuk belanja.

5. Layanan Lebih Lengkap

Bank digital menawarkan layanan yang lebih lengkap. Akses terhadap fitur atau ragam produk tabungan dan investasi bisa ditemukan dalam satu aplikasi, sehingga memudahkan nasabah dalam memilih produknya.

Lewat bank digital, kita bisa menabung, investasi, memisahkan jenis tabungan, belanja, membuat deposito, semua bisa dilakukan lewat bank digital.

Kita juga bisa melakukan transaksi pembayaran di merchant offline ataupun online yang bisa dilakukan dengan scan QR code atau input kode tertentu untuk transaksi. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya