6 Rekomendasi Bisnis Syariah agar Dapat Uang, Kurangi Belanja Online!

Selasa, 06 September 2022 | 21:00
FREEPIK/TIRACHARDZ

Simak apa saja rekomendasi bisnis syariah yang bisa dicoba, kurangi belanja online

CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini, mulai banyak orang yang mencari rekomendasi bisnis syariah untuk mendulang uang belanja.

Tidak sedikit orang yang mulai mengurangi belanja online, lalu beralih mencari rekomendasi bisnis syariah.

Tentunya rekomendasi bisnis syariah yang banyak dicari ini, sejalan dengan potensi penduduk Indonesia yang suka belanja online.

Selain itu, mayoritas masyarakat Indonesia adalah beragama Islam. Oleh karena itu, bisnis dengan menerapkan sistem syariah tentu memiliki prospek bisnis yang cukup menggiurkan.

Jika dilihat secara kasat mata, hal ini memang bisa mendulang keuntungan bisnis, hingga mendorong berbagai peluang, baik secara online maupun offline.

Jika tertarik untuk menjalankan bisnis syariah, berikut adalah rangkuman dari beberapa rekomendasi bisnis syariah yang bisa dilakukan.

1. Travel Umrah dan Haji

Salah satu rangkaian ibadah umat Islam, yakni menjalankan ibadah haji dan umrah. Melalui populasi umat Muslim yang besar, maka jumlah orang yang akan menjalankan ibadah haji dan umrah di Indonesia tentu akan sangat banyak.

Maka dari itu, bisnis dalam bidang travel umrah dan haji menjadi peluang yang sangat menguntungkan. Ditambah lagi, slot yang diberikan terhadap jemaah haji asal Indonesia juga yang paling besar di dunia.

Sebagai informasi, jumlah jamaah haji yang berangkat dari Indonesia, yakni mencapai 200 ribu lebih jamaah. Untuk itu, penyedia layanan biro perjalanan haji dan umrah sangat dibutuhkan.

2. Wisata Halal ke Luar Negeri

Kebutuhan wisata halal ke luar negeri dari Indonesia, akhir-akhir ini semakin meningkat. Tentu saja hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, hingga kemudahan beribadah bagi umat Islam yang akan melancong ke berbagai negara di seluruh dunia.

Ditambah lagi, banyak negara yang rentan akan konsumsi makanan dan minuman yang tidak dihalalkan dalam syariat Islam. Melalui paket perjalanan wisata halal, semua permasalahan tersebut dapat teratasi dengan baik.

Baca Juga: 3 Cara Mempertahankan Eksistensi Bisnis ala Martabak Pecenongan 78, Yuk Belanja Ilmu!

3. Sekolah Berbasis Islam

Pendidikan Agama Islam, sudah seharusnya dipupuk sejak dini. Salah satu cara untuk merealisasikan hal tersebut, tentu sangat cocok apabila disertakan dalam pendidikan formal.

Oleh karena itu, sekolah berbasis Islam saat ini sangat dibutuhkan oleh para orang tua untuk menyekolahkan buah hati mereka.

Sekolah dengan berbasis Islam, tentu saja memiliki kurikulum khusus untuk menyediakan pendidikan dasar Agama Islam. Misalnya seperti membaca Al-Qur’an, praktik ibadah, mempelajari hadits, dan masih banyak lagi.

4. Bisnis Makanan Halal

Zaman sekarang, sudah terdapat berbagai produk makanan enak yang tersedia di pasaran. Namun, kebanyakan produk makanan enak yang ada di pasaran belum memiliki sertifikat halal, sehingga membuat muslim di Indonesia bimbang untuk mengonsumsinya.

Kita bisa memanfaatkan celah ini untuk menciptakan makanan yang halal. Ingat, makanan yang akan dijual harus lulus uji BPOM dan BPJPH terlebih dahulu agar mendapatkan sertifikasi halal.

5. Hotel Penginapan Syariah

Pada umumnya, ketika melakukan perjalanan jauh, orang-orang akan menyewa penginapan atau hotel untuk beristirahat sejenak. Kini sudah terdapat berbagai hotel dan penginapan dalam konsep syariah.

Hotel dan penginapan yang menganut konsep syariah, biasanya akan menyajikan makanan yang halal.

Bisnis syariah yang satu ini, ideal untuk dibangun di kawasan perkotaan, serta di daerah yang dekat dengan tempat-tempat wisata.

6. Lembaga Filantropi

Kemudian rekomendasi bisnis syariah yang terakhir, adalah membangun lembaga filantropi. Lembaga filantropi ini, adalah Lembaga yang berfokus bergerak di bidang kemanusiaan dan dakwah.

Pada dasarnya, dari sedekah ataupun zakat yang kita salurkan, terdapat hak untuk para Amil Zakat, sehingga bisnis ini memiliki peluang yang cukup tinggi.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah tetap menjunjung tinggi kejujuran dan sisi transparansi terhadap dana umat yang telah dikelolanya.

Saat ini, sudah ada banyak sekali lembaga filantropi yang sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Itulah beberapa rekomendasi bisnis syariah yang bisa dicoba. (FINANSIALKU.COM)

Editor : Presi

Sumber : Finansialku

Baca Lainnya